Tek Tok Banyumasan

KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : Tek Tok

“ Tek-Tok Banyumasan”

Sebuah Catatan Perjalanan




Terminal Bulupitu Purwokerto, Januari 2016

Sore itu, jam 15.30, aku dan Ko Jumbo tiba di terminal Bulupitu Purwokerto,setelah menempuh perjalanan dari Lebak Bulus sepanjang pagi tadi dengan Sinar Jaya 40RA.

Rencana, kami akan menuju Cilacap untuk kembali ke Jakarta naik DAMRI merah 1626 Ultima. Sudah sepanjang jalan tadi kami terus membahas ‘montor abang’ itu, dari yang katanya Ko Jumbo di Surabaya tidak ada bus begituan,sampe kemungkinan zonk dikasih montor abang tapi yang cooler dicat merah..

Namun karena ini sudah di Purwokerto maka tak lengkap kalo gak jajan tempe mendoan. Sambil menuju warung,Ko Hari menangkap penampakan Sinar Jaya Hino RN kode  bodi 09RC, lalu iseng tanya ke agen Sinar Jaya, bus itu jurusan mana..

“belum tau mas,tapi biasanya berangkat jam setengah enam” kata mas agen

Okelah, kami makan dulu di warung SEDERHANA langgananku,tepatnya di depan tem-teman bus jurusan Cilacap via Rawalo. Pesan makan,sayangnya mendoan tinggal satu.

Pesen 2 porsi sroto khas Sokaraja...nyam..nyam...

Kelar makan,maka aku menodai toilet depan parkiran Lorena sekalian mandi.

Segerr...

Waktu menunjukkan pukul empat sore kurang lima menit,namun bus jurusan Cilacap ‘langka’ kata orang situ, alias tidak ada. Estimasi perjalanan Purwokerto ke Cilacap menggunakan bus ¾ adalah 2 jam,karena Purwokerto ke Wangon saja makan waktu 1 jam,sedangkan Wangon ke Cilacap 45menit, karena aku sudah pernah menjalaninya Purwokerto ke Wangon maupun dari Wangon ke Cilacap. 

Andai lewat Buntu pun kurang lebih sama saja waktu tempuhnya.

Jam 16.15 barulah nongol bus tujuan ke Cilacap, tapi karena DAMRI dari Cilacap berangkat sekitar jam 6 sore,maka pupus sudah rencana ke Cilacap.

Plan B dijalankan..

Oke deh, coba naik Sinar Jaya 09RC saja deh...

Sampai di parkiran bus,ternyata 09RC sudah tidak ada di tempat...loh kemana nih..

Gambling saja..

“koh,jajal ke Purbalingga, sapatau ada di sana..” ajakku

                                             nunggu bus ke Purbalingga

Melajulah kami menggunakan bus Cebong Jaya jurusan Purwokerto-Wonosobo. Limabelas ribu rupiah untuk tujuan Purbalingga berdua.

Tiba di terminal Purbalingga jam 16.50.

Di agen Sinar Jaya sudah ramai penumpang,karena bus mulai diberangkatkan jam 5 sore.

                                      terminal Purbalingga kala sore..


Ko Hari seperti biasa,ninggalin jejak dulu di toilet terminal,sementara aku menelpon kakakku,ngasi tau kalo aku lagi di Purbalingga.

Sementara satu persatu bus Sinar Jaya datang dan pergi mengangkut penumpang,diikuti bus Murni Jaya dengan kawanan Nissan CB-nya.

Kami belum berniat mau naik apa kembali ke Jakarta, kalo Sinar Jaya sepertinya sudah pupus karena belum ada Hino RN yang nampak,sementara penumpang sudah pada siap,apa bisa kami langsung beranjak beli tiket saat melihat Hino RN datang?

Termasuk saat Hino RN “Gajah Putih” masuk terminal pun kami hanya terpana, karena hanya berhenti sebentar kemudian jalan lagi..

Plan C.....Belum disusun..!!!

Aku kasih gambaran kepada Ko Jumbo, setelah Sinar Jaya dan Murni Jaya maka dibelakangnya ada Pahala Kencana,lalu DAMRI ex bandara, lalu Rosalia Indah, sementara jam terakhir keberangkatan adalah jam 7 malam, yaitu Sumber Alam diikuti Dieng Indah. 

Kok tau sih.. ya tau la wong sudah pernah berangkat dari sini owk...wkwkwkw...

Pahala Kencana dicoret, DAMRI gak minat, Sumber Alam..hmm ko Jumbo emoh nanti jadi obat nyamuk kalo aku ketemu Chelsea di Ajibarang..huhh.. trus Dieng Indah gak minat...

“Rosalia ae po..” tawarku

“sembarang..” jawabnya.. Sembarang  tapi gak mau naik Sumber Alam,gak ngrumangsani kalo aku kangen sama Chelsea kie..

“aku durung pernah numpaki Rosalia seko kene,rumah makan nang endi yo gak paham..” terusku

Aku menuju ke agen Rosalia Indah.

As u know, Sinar Jaya masih jadi favorit penumpang disini, menurutku sih kalo ada yang mau mengais rezeki di sini seharusnya membuka kelas yang tidak dipunyai Sinar Jaya,kalo buka kelas yang setara Sinar Jaya maka hanya akan jadi pilihan kedua. Andai tetep ngotot membuka kelas yang sama dengan Sinar Jaya maka minimal harga tiket harus sama dengan Sinar Jaya.

Dan Rosalia Indah melayani kelas eksekutif,dengan tarif 120 ribu hingga ke Jakarta. Beda harga lumayan dengan Sinar Jaya AC seat 2-2 namun Rosalia Indah menawarkan makan malam gratis jadi sebetulnya hanya lebih mahal 5 ribuan sudah mendapat 1 kelas diatasnya...!!

“nomer 1 A-B mas..nomer bisnya 160” kata mas agen
“matur nuwun” kataku

Tanpa kongkalingkong dengan manianya,sore ini hotseat Rosalia Indah sudah kami pegang tiketnya..apa gak wooww pake banget...penumpang tek-tok go show-nan loh ini hihihii...

                                    Ko Jumbo,first time di terminal Purbalingga

Saat yang sama kakakku sudah datang,ngobrol ngalor ngidul sembari menunggu bus datang.

Jam 18.10 datanglah Rosalia Indah nomer lambung 178 bukan 160

“ikut ini dulu mas,nanti di Purwokerto ganti 160” kata masnya agen

                                               bukan copy paste

Oke..

Begitu masuk bus..lah kok gak mak nyess.. apa-apaan ini...

Tibak’e AC mati ..!! Daammnn..!!!

                                                      gobyosss.. !!!

Berarti ini sudah kesekian kalinya aku apes naik Rosalia Indah walau kali ini hanya penumpang langsiran.

Sementara di dalam bus,sudah ada beberapa penumpang yang naik dari Wonosobo..Kekecewaan pun terdengar dari mulut penumpang..

“celeeengg...kenapa gak ada bus pengganti dari Purwokerto..panas kiyee...!!” kata seorang penumpang yang emosinya sudah meledak njebluk..

Sementara Ko Jumbo beranjak pindah ke kursi terdepan,aku tetap di baris belakang.

Dalam hati aku bertanya-tanya juga,kalo AC trouble dari Wonosobo kenapa tidak ada bus bantuan dari Purwokerto? Ini masalah kenyamanan penumpang, dan bisa jadi kekecewaan ini akan getok tular, imbasnya pasar yang sudah dirintis akan sia-sia karena penumpang emoh naik bus ini lagi, pikir mereka mending naik yang abu-abu livery pelangi ita-itu. Entah apakah yang mengurusi hal ini mikir sampe segitu apa enggak?

Pengemudi sepertinya juga panas kupingnya mendengar penumpang marah-marah,laiyo wajar misuh-misuh,bus AC dengan kaca tertutup tapi mati AC nya..

Saking kesalnya begitu berangkat dari agen terminal Purbalingga langsung gas pol...wuuuusss...

Keluar terminal pun melaju dengan kencang, tak wajar bus malam yang masih di dalam kota begini kencang.

“Koh,sopire nesu iku...” chat-ku kepada ko Hari yang duduk di depan

Memang sih,ini lebih sumuk ketimbang Cebong Jaya yang memang tanpa AC dan berkaca geser karena masih banyak ruang untuk udara masuk.. Rosalia Indah 178 ini?? 

Sumuuukkk...!!

Meski jarak Purbalingga ke Purwokerto hanya 10 kilometer,namun terasa lama. Apalagi senja ini konvoi bus malam sudah dimulai.

Masuk kota Sokaraja nempel bus Sinar Jaya, sepertinya pengemudi Rosalia Indah 178 masih terbakar emosinya,maksudnya mau ngeblongi Sinar Jaya didepannya,ternyata bus di depan tak mau kalah,dan justru  178 ngos-ngosan mengejarnya. Hingga bunderan Berkoh belum sanggup ngeblong duo Sinar Jaya di depan,sampai masuk terminal Bulupitu Purwokerto tetep diasapi duo Sinar Jaya.

“yang Surabaya,oper sini”  kata kru.. Ternyata ada juga penumpang jurusan Surabaya,berganti Rosalia Indah tujuan Surabaya.

Kemudian Rosalia Indah 178 parkir tepat di depan warung SEDERHANA..Loh sampe sini lagi hihihi...

Semua penumpang turun,dan menunggu bus pengganti.

“kae mau RN, makane 178 mau keponthal-ponthal ora iso ngeblong” kata Ko Hari. Hmm pantes deh..

Tak lama muncullah Rosalia indah nomer lambung 160, nah ini dia..kan memang seharusnya busnya 160 bukan 178.

Secara penampilan luar sih mirip-mirip,namun mata bismania pasti tahu,bodi antara 178 dan 160 ini sebetulnya beda. Satu NamPuluh ada strobonya...kamsudnya lampu senja diantara headlamp bisa kedip-kedip segenit kedipan wanita di gang Sadar eh...

Kami naik ke dalam Rosalia 160...mak nyesss... kali ini adem..anyes..kayak nyewa villa di Baturaden aja...wkwkw...

Rosalia Indah 8 deret kiri ,nomer lambung 160 model jetbus ini ternyata rombakan dari bodi Laksana model Sprinter lampu smile. Terlihat dari dashboardnya, Laksana banget,juga pintu pengemudi.

                                                 Laksana di modif

Kalo bodinya Sprinter lampu smile,mungkin ini Hino RK8 keluaran pertama nih,secara Laksana model Sprinter tanpa punuk di kaca samping berlampu smile itu lahir tahun 2008.

Jam 19.05 Rosalia Indah 160 meninggalkan terminal Bulupitu Purwokerto, kalem saja kali ini,tak seperti 178 tadi yang pecicilan.

Suasana malam minggu di pinggiran kota Purwokerto tak terlalu ramai,namun memang sekarang lebih ramai ketimbang jaman dulu saat aku pacaran sama mahluk halus logat ngapak-ngapak di kota ini.

                                        malem minggu dadi kelingan mantan..

Kalem saja bus ini menuju arah Cilongok sebagai jalur bus AKAP, beberapa truk menjadi handicap perjalanan ini.

Late braking menjadi andalan bahkan di Ajibarang nyaris saja mencium mobil dan truk di depannya.

Di Ajibarang,satu penumpang tujuan Lampung diturunkan di agen untuk pindah ke bus jurusan Lampung. Melaju kembali di belakang Sumber Alam,yang menurutku ini cukup cepat jam 8 malam segini sudah sampai Cikawung.

                                            blong tipis ala Sumber Alam

Rosalia Indah 160 dipacu di jalanan yang sepi. Di lingkar Bumiayu bertemu dengan banyak bus Sinar Jaya, satu persatu diblong,memang sih Sinar Jaya lebih kalem larinya ketimbang Rosalia Indah 160 ini,jadi ngeblongin Sinar Jaya ya biasa aja laaghh...(kalo yang naik manianya pasti udah sorak-sorak bergembira)

                                                gerombolan Sinar Jaya

Melewati RM Panorama Prupuk,sudah banyak banget bus Sinar Jaya yang parkir, Ko Hari masih ngidam ayam goreng yang katanya ukurannya besar-besar di situ.

Melintas Songgom..tidur...ZZzzz..

Terbangun di Pejagan,tidak masuk tol karena akan servis makan di RM Kedungroso. Menurut Ko Jumbo,sate di situ enak,tapi emang ada ya servis makan lauknya sate..??

Dan masuklah Rosalia Indah 160 ini di RM Kedungroso sekitar jam 22.15 ,aku belum pernah masuk sini,dan RM ini makin laris setelah adanya tol Cipali karena  sekelas Ramayana pun meninggalkan RM Markoni karena via tol Cipali dan servis makan di sini. PO yang malam ini parkir di sini diantaranya Bejeu,dan Sindoro Satria Mas pun juga masuk sini sekedar kontrol.

                                          jiaann urakan..!! (bukan aku ya..)

Selesai makan,ngobrol dulu di area parkiran,melihat-lihat deretan bus malam.

                                        satu nampuluh di RM Kedung Roso

Lebih setengah jam kemudian kira-kira jam 22.50,Rosalia Indah 160 diberangkatkan. Ruas jalan menuju Kanci terlihat sepi,hanya terlihat Ramayana di depan kami,tiba-tiba sebuah Haryanto menyalip dan juga mengeksekusi Ramayana..wuuusss bablasss...

Masuk tol Palikanci tidur...

Tidur terusss...tol memang mboseni..

Samar-samar sudah masuk Bekasi Timur..

Kembali ke tol Cikunir arah Lebak Bulus..

Aku sudah bangun,Ko Jumbo juga sama..

Jam 02.15 kami berdua turun di depan bekas terminal Lebak Bulus..

Tolah-toleh karena masih pagi banget..

Jalan kaki menuju halte TranJakarta,ikut AMARI berbodi Genesia Hino RG,membawa kami ke area Kebon Jeruk.

Hmm..Purwokerto-Jakarta terlalu singkat setelah ada tol Cipali,jujur aku lebih suka melewati jalan lama Pantura andai tidak diburu waktu.

-sekian-

Rosalia Indah Purbalingga – Jakarta :: Executive Class Rp 120.000,- (include 1x servis makan malam)



Salam,

Ponirin Hendi

Komentar

  1. Jadi inget pertama kali SE yg saya naikin ya Rosin,iseng touring ke magetan waktu itu dpt jatah Rosin 410 jetbus morodadi prima,skrang 410 jd jatah SE jogja kalo gak salah..tp awaknya tetap ngelen ke magetan,madiun pake jetbus AP

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer