Maju Lancar di Akhir Tahun

KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : Long Week End akhir tahun 2015

“ Maju Lancar di akhir tahun”

Sebuah Catatan Perjalanan





Siang yang terik..

Kuarahkan broompit menuju Kreo Ciledug

Hari ini, Minggu 20 Desember 2015, adalah waktu yang mepet untuk mencari tiket ke Wonosari,karena aku akan berangkat tanggal 23 Desember 2015

Aku mencari agen bis Maju Lancar sekitar Kreo, kususuri jalan raya yang makin sempit karena proyek pembangunan fly over.

Hingga tibalah di sebuah kerumunan orang-orang, dan disitulah agen bis Maju Lancar. Aku terpesona Maju Lancar seri W yang beberapa bulan lalu kukencani semalam suntuk,namun tiba-tiba kuurungkan karena di situ terparkir Maju Lancar seri A, setengah putus asa akhirnya aku tak jadi membeli dari agen tersebut, timbangane getun ngidam seri W malah naik seri A.

Senin, 21 Desember 2015, kualihkan ruteku,tak jadi menuju Wonosari,tapi menuju Wonogiri, dan agen bis Agra Mas Cengkareng memberiku satu lembar tiket untuk besok tanggal 22 Desember setelah aku menyerahkan DP 100ribu dari tiket seharga 180ribu tsb.

Tak berlangsung lama setelah aku meninggalkan agen,baru kuingat kalo besok tanggal 22 Desember masih masuk kerja..Daammnn..!!

Sorenya aku balik lagi ke agen..

“mas,aku batalin tiketnya, tukar hari Rabu bisa..?” ucapku setelah mengaku dosa salah pilih tanggal keberangkatan
“ada mas,tapi armada tambahan cuma sampe Solo,bukan Agra Mas..”
“bis apa mas..?”
“MS Shantika..mau?”
“mas,aku batalin aja deh,sampean potong berapa deh terserah..” kataku sudah ikhlas

DP 100 ribu pun kembali setengahnya..


Aku kembali memutar perempatan Cengkareng, kali ini agen Maju Lancar depan halte busway Jembatan Baru aku samperin

“Maju Lancar tanggal 23 Desember,masih ada mas?”
“masih,tinggal 1,kemana?”
“Wonosari”
“200 ribu ya..”
“oke” , meski setauku harga normal tak sampe segitu, dan pasti bukan sekelas seri W..

Gak papa lah, Jakarta-Wonosari bali Jogja siap kutempuh lusa.


23 Desember 2015,

Aku meluncur dengan jasa gojek,maklum ongkos bis malam sudah mahal,jadi biar hemat gak pake jasa ojek pengkolan,cukup 15 ribu dari Kebon Jeruk sampe agen bis malam.

                                      penumpang melimpah di agen jembatan baru Cengkareng

Limabelas menit sebelum jam tiga datanglah bis Maju Lancar seri I, AB 7632 CD, bodi Trisakti model Prestige, sasis Hino,saat aku masuk kedalamnya,kok seperti armada senja yang pernah aku naikin beberapa tahun lalu dari Jombor,Sleman.

Seat nomer 31 aku sewa sampe Wonosari esok hari,ya semoga esok hari sebelum matahari terbit aku sudah bisa sampe kota Wonosari.

                                                   200 ewu ora masalah..

Interior bis ini sih sederhana saja,tidak kekinian,tapi itu gak masalah,justru masalahnya kok jarak antar seatnya terasa sempit,beruntunglah reclining seat dari jok bermerek ora cetho ini berfungsi baik,bisa nyari pewe alias posisi weenak..

                                                 10 deret kiri terasa sempit

Bus meluncur di lalu lintas yang padat,dan prediksiku akan makin padat lagi nanti sore karena esok hari akan mulai libur nasional berurutan hingga pasti terjadi libur panjang yang pasti berdampak macet arah luar kota Jakarta.

Di sebuah agen jalan Daan Mogot bus berhenti mengambil penumpang dan berhenti lagi di terminal Grogol. Setelah dari terminal Grogol mampir ke agen Mampang. Di agen Mampang sedikit kekacauan karena ada 1 seat berpenumpang dobel,setelah dirunut ternyata kesalahan agen,la wong tiket sudah habis kok njual tiket dengan nomer duduk yang sama,akhirnya 1 penumpang mengalah setelah dibujuk agen akan diganti naik bus Handoyo.

Dari agen Mampang sudah sudah full seat tapi kata kru nanti akan mampir agen Purwakarta ambil 1 penumpang lagi.

Kru mulai ‘mengabsen’ penumpang

“masnya turun mana..?” tanyanya
“bunderan Siyono mas..” jawabku ringan menyebut lokasi yang hanya sepelemparan batu dari garasi bus ini.

Sik..sik..ojo kaget...dari bunderan Siyono kan cuma 2 kilometer sudah tiba di rumah...hihii...ngawur..yang bener dari bunderan Siyono pengen lanjut naik Djangkar Bumi atau Birowo atau Bakmi Jawa bali Jogja meneh ..hehee...

Bus meluncur di tol dalam kota,keluar di Bekasi Timur,ini ritual bus Maju Lancar harus masuk agen Bekasi Timur.

Berhenti sekitar 20 menit,kusempatkan membeli minum.

                                                wajib mampir agen Bekasi Timur

Seorang calon penumpang,sempat bertanya kru untuk ikut seri I ini,tapi udah full seat, tinggal 2 seat saja untuk penumpang yang naik dari Purwakarta.

Hampir maghrib saat Maju Lancar seri I ini meninggalkan agen Bekasi Timur,bersamaan dengan bus malam angkatan siang hari dari Jakarta seperti Harapan Jaya,Agra Mas,dll

Masuk tol Jakarta-Cikampek sangat padat,meski ambil bahu jalan juga tidak menolong.

Sumber kemacetan pertama, rest area KM 19, hari biasa aja biasa penuh apalagi malem long weekend kayak gini..

Sumber kemacetan kedua adalah rest area KM 39..wee la dalaah...

Berharap setelah lewat KM 39 lancar,eh masih macet lagi, pasti ini gerbang tol Cikopo alias pintu masuk tol Cipali yang jadi biang kerok..

Dan betul saja,saat masuk tol Padaleunyi,malah lancar jaya,joss gandos kotos-kotos..wus..wus..Hino RKT ini menunjukkan kesombongannya.

Jam 19.30 Maju Lancar seri I exit tol Purwakarta, ambil 1 penumpang dekat SPBU,kemudian kembali masuk tol Padaleunyi.

Mendekati ujung tol Padaleunyi,macet lagi antrian jelang gerbang tol Cileunyi..

Lepas keluar tol jalanan juga padat,campursari mobil,motor,bis AKAP,bis malam,bis pariwisata,tapi kondisi lalin masih lancar.

Di kawasan Nagrek,terlihat antrian kendaraan pribadi di jalanan menurun,Maju Lancar lantas goyang kanan,ngeblong kanan cukup cepat,dan sempat was-was kalo angin gak ngisi maka rem blong dan ..aauuooo...ah jangan deh..

Ces..ces..mobil pribadi hanya tolah-toleh nunggu antrian,terlihat mereka tidak pengalaman melewati kawasan Nagrek,goyang kanan meski di tikungan,sebetulnya triknya sederhana,cukup pantau cahaya lampu dari arah berlawanan,kalo tidak ada cahaya lampu berarti aman goyang kanan,jadi cukup main dim saja walau menyalip di tikungan,cuma kalo siang ya gak bisa pake trik ini...

Dengan trik ini mungkin sudah puluhan mobil kecil yang diblong..Sayangnya pas lewat  disini tidak bareng dengan teman sepermainan seperti Budiman dan Primajasa atau Gapuraning Rahayu atau Doa Ibu.

Hari sudah berganti,jam 01.05 Maju Lancar masuk RM SR kawasan Ciamis.

Sudah lama banget gak mampir sini,yang pasti menu makanan di sini enak,hangat,dan toiletnya bersih. Maka tak heran deretan bis pariwisata malam ini eh dini hari ini banyak yang istirahat di sini.

Aku turun dan menuju ruang utama, di situ tersaji berbagai makanan menggiurkan,disajikan prasmanan ala rumah makan Sunda..walau ini jam setengah dua pagi tapi daripada masuk angin mending makan dulu..

“mau sop buntut, Ak?..” tawar si neng penjaga menu

Aku cuma tersenyum,kemudian memilih menu sendiri,kemudian minta digorengkan bakwan,karena beberapa menu disajikan setengah matang dan bisa digoreng lagi dan tidak ada tambahan biaya lagi..mana ada rumah makan perhentian bis malam di seputar pantura dengan pelayanan seperti ini..?? Ora ono..

Dua puluh lima ribu rupiah kubayar dengan menu bihun, telur, bakwan,dan segelas teh hangat ukuran jumbo,tidak terasa mahal menurutku,secara rasa juga masih handal tidak mengecewakan.

                                                       menu tengah malam

Oiya, murah atau mahal di sini tergantung menu apa yang kalian pilih, seorang pengunjung di depanku bahkan bisa habis sampai 50 ribu rupiah dengan menu ‘urakan’ ..yah katakan saja “mungkin dia sangat lapar” ..

Selesai makan,aku berjalan menuju toilet, ternyata di bangunan belakang juga menyediakan menu paket hemat alias mie cup instan..Oh enggak deh,kapok kalo jajan mie cup instan,bikin mencret saja hehehe..

By the way, tarif resmi toilet di sini adalah 3ribu perak,jadi biar gak merasa rugi sebaiknya jangan cuma pipis aja atau masuknya berdua atau bertiga kan lebih hemat..hihihii...

Oke,aku kembali ke parkiran bus,yang bercampur dengan parkir bis pariwisata.. Cukup berisik dengan teriakan ABG-ABG yang silih berganti memanggil temannya..sepertinya kok mereka ini jarang piknik,sekali piknik langsung heboh..wkwkw..

                                       kalo gak musim libur gak serame ini



Jam 01.45 Maju Lancar diberangkatkan kembali, jos langsung masuk kota Ciamis..dan aku tertidur..
Hari sudah beranjak pagi kira-kira jam setengah enam lewat dikit ,berhenti sebentar di RM Jakarta, Kebumen. Wah joss juga ternyata...

Di sini bertemu dengan bus Maju Lancar lain yang via Cipali-Bumiayu kalo mereka jam segini baru sampe sini berarti kesiangan. Kemudian lanjut lagi menuju Wonosari. Karena tujuan akhir Wonosari,maka sepanjang Kebumen-Purworejo belum ada yang turun.

Matahari mulai bersinar terang, dan dengan setengah hati dan rasa dingin yang menusuk tulang serta mata berkaca-kaca akhirnya kuputuskan cintaku eh kamsudnya kuputuskan untuk tak jadi naik sampai kota Wonosari.

Limabelas menit lewat dari jam sembilan pagi aku turun di perempatan Dongkelan, dan rupanya meninggalkan rasa penasaran,sebetulnya dalam kondisi lalu lintas normal,jam berapakah bus ini tiba di Wonosari..kapan-kapan aku akan mencobanya kembali.

Aku oper ke bis ‘tuyul’ alias engkel seat 2-1 jurusan Tempel .. 5ribu cukuplah sampai ke rumah,daripada turun di terminal Giwangan naik Tran Jogja muter-muter dulu..turun halte,oper jalur lain,pernah aku hitung waktu dari terminal Giwangan menuju halte depan rumah lebih dari sejam perjalanan karena kelamaan menunggu di halte...bener-bener kesuwen dab.... 



Selain bis ‘tuyul’, bisa juga naik bis Prayogo ¾ jurusan Godean,tarifnya juga sama,cuma kali ini yang nongol bis ‘tuyul’ duluan.

Oke..libur panjang akhir tahun pun dimulai...

-sekian-

Maju Lancar seri I (VIP) : Rp 200.000 (tarif liburan+mark up agen), non servis makan

Salam,
Ponirin Hendi

Komentar

  1. Cerita serial kiperpon emang sip... aku terakhir touring iseng naik ML naik seri W seat CD,oya saya mau regis jadi anggota bismania gak bisa mas,add pin bbm saya ya kali aja suatu saat bisa touring brg 5B99C7C1 regards~

    BalasHapus
  2. Mas......aku ngefans Karo report report sampeyan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer