Berburu AGRA Mas SHD

KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : Super High Deck (SHD)

“ Berburu AGRA Mas SHD ”


Sebuah Catatan Perjalanan



Kalo kamu suka bis..

Pasti tau apa yang happening saat ini..

Apa mas?

Blong-blongan? ..bukan lah..itu hot topic hampir 1 dekade lalu..

Hmm..nganu mas.. lampu kolong..?? hihihi...jaman aku ABG udah banyak dipake mobil tuh..

OO pasti ini....klakson tolelet ya..?? hus ngawur banget koe..itu mah kekunoan..

La terus opo jal..??

eS Ha Dhe..

Yupz.. SHD alias Super High Deck..

                              
                                               SHD..MOST WANTED bismania

Model ini pengembangan dari versi HD atau High Deck, model SHD membuat tampilan bus lebih eye catching nyaris seperti Double Decker atau bus tumpuk atau bus tingkat dan asiknya model SHD tidak lahir di jaman pilar B melengkung yang (buatku) sangat membosankan..

Dan kisah ini bermula dari perburuan SHD punya’e Agra Mas Mercedes Benz O500R/ OH 1836, sasis ini bukanlah barang baru di dunia bismania karena kemunculannya sekitar 2 tahun lalu.

Dimulai dari tanyaku kepada Iwan heuheu..namun dia mengarahkan agar tanya masbro Adil Hani yang memantau pergerakan Agra Mas SHD ini..*duwe GPS kih arek’e kok iso memantau pergerakan Agra Mas SHD .. :D

Namun beliau juga tidak bisa memastikan kalo keberangkatan dari Jakarta,dari titik mana keberangkatan Agra Mas SHD tsb..

FYI, ada 2 armada SHD Agra Mas yaitu kode BM 055 dan BM 056,kebetulan masbro Adil Hani pernah jajal yang keberangkatan dari Ciledug dengan kode bodi BM 056. Namun karena cuma ada 2 unit SHD dan jalan kres maka cukup sulit menangkap SHD merah ini di seputar Jakarta,apalagi aku pernah melihatnya melintas di Jelambar..nah loh apa gak pusing..disanggong di Ciledug,ee jebul berangkat dari Poris..dicegat di Cengkareng..eeh berangkat dari Bogor..

Perburuan SHD merah ini makin bersemangat setelah Ko Jumbo juga ingin naik SHD dalam rangka estafetan pulang kampung ke Mojoagung..

Namun diutak-atik,bukannya malah gampang,tapi malah susah,karena Ko Jumbo balik ngetan hari Kamis,sedangkan aku di hari Jumat sore aja bisanya pulang tenggo..ya gak nyambung..

Akhirnya disepakati, nyegat SHD yang dari timur.. setelah sibuk stalking di fesbuk,maka teridentifikasi jika Agra Mas SHD berangkat dari kota kecil Purwantoro nun jauh di sono..Cek di googlemaps, Purwantoro ini masih sejam perjalanan dari kota Wonogiri...wah nyerah deh...udah pasti start dari Purwantoro pagi-pagi,dan masalah utamanya mau berangkat dari Jogja jam berapa??

Suasana ‘tambah gayeng’..setelah mas Didik Edhi dan mas Adit Soejono ‘ngeksis’ di fesbuk dengan background Gunung Harta juga dengan model SHD rute Bogor-Jakarta-Surabaya-Malang..

Namun perburuan Agra Mas SHD malah nyaris ‘case closed’.. Karena Ko Jumbo belum pasti apakah akan ke Jakarta hari Minggu sore.

“tak kabarin besok Sabtu ya,aku tanya bosku dulu..” ujarnya

Dan Jumat sore ,aku melakukan perjalanan pulang ke Yogyakarta dengan bus Sumber Alam “Kamuliyan” ekonomi class. Sementara nun jauh disana koalisi antara pujangga Rembang dan papahnya Jevon sedang berasyik masyuk diatas Gunung Harta SHD..

Di atas bus Sumber Alam ekonomi class,aku menelpon temanku mas Triyanto yang tinggal dekat terminal Krisak/Giri Adipura. Saat aku kepengen naik Tunggal Dara Executive lebih setahun silam aku juga mengontak mas Triyanto ini.

Bla..bla...

“mas,besok Minggu aku mau balik ke Jakarta naik Agra Mas SHD..” kataku

Bla..bla..


Sabtu 23 Januari 2016,

Sebuah notifikasi BBM masuk di hape cungkuo-ku..

Sebuah foto tiket bis malam Agra Mas atas namaku dan kode 055,aku cengegesan saja sambil aku forward ke Ko Jumbo..tentu dia pasti heran siapa mas Triyanto ini kok bisa-bisanya dapat tiket SHD,hot seat pula,ediyaan to.. eh bukan mas Triyanto yang edan tapi semangatnya itu loh..hihihi...memang namanya kadang muncul dalam pembicaraan ngalor ngidul,dan Ko Jumbo belum pernah bertemu muka.

                                                           hot seat Dab..!!!

Agak siang, keikutsertaan Ko Jumbo masih negatif..

“bojoku lara..” ujarnya sedih (lara::sakit,bukan loro = 2,enak men nek bojone 2)

Get well soon ya Ci..

Namun feelingku, Ko Jumbo pasti berangkat ke Jakarta esok di hari Minggu sore

“kalo jadi, kumpul jam 11 di pool Agra, kita ketemu di Tirtonadi jam 7 pagi..” pesanku agak siang


Minggu 24 Januari 2016,

Jam 04.10 sebuah notifikasi WA dari Ko Jumbo masuk di hapeku..

“aku wis numpak bis,mengko oper Madiun”

Wah,rayuan apa lagi yang kau umbar sehingga sepagi ini bisa lolos ‘lepas rante’ berburu SHD merah??

Entahlah..

Aku tidur lagi..

Jam 05.30 aku bangun...Daammnn..kesiangan...

Buru-buru mandi,dan langsung meluncur ke warung gudeg Yu Narni di Kebondalem, untuk membeli 2 bungkus nasi gudeg sebagai bekal perjalanan nanti. Ko Jumbo request lauk ayam suwir..Oke deh bungkus. Kemudian aku meluncur ke Pasar Serangan,beli bubur kacang ijo dulu untuk sarapan..hihihi..udah kesiangan masih aja mampir-mapir..

Dan jam 06.25 aku sudah menunggu bus menuju terminal,jam segini sudah tidak ada bus bumel Semarang-Jogja yang masuk kota,bahkan bus Gading Indah jurusan Borobudur-Jogja sudah lewat saat aku pulang dari pasar.

Untunglah tak lama muncul bus ‘tuyul’ alias bus engkel seat 2-1 jurusan Tempel-Jogja yang membawaku meunuju terminal Giwangan.

Tiba di terminal Giwangan jam 06.50,menuju tem-teman bus jurusan Surabaya,disitu tersedia bus patas EKA dan ATB Mira, aku sih tidak tertarik Mira,namun pengen naik Sumber Selamat di belakangnya..

“EKA jam 7 berangkat..” kata mandoran EKA

Aku pun batal naik ATB.

Meski ini hari libur,namun ternyata jalanan tidak sesepi yang kuduga.Berkali-kali pengemudi EKA S7255US ini membunyikan klakson ‘mengusir’ motor yang jalannya terlalu ke tengah namun terlalu pelan.

EKA menggunakan jok merk Aldilla, ini buktinya..


                                                         Aldilla.. (fokus yaa..)


Jam 08.25 EKA S7255US tiba di terminal Tirtonadi Solo.

Aku menuju ruang tunggu,dan ternyata mas Triyanto sudah menungguku di sana, coba kontak Ko Jumbo..

“sik..nembe nyebrang rel meh tekan..” katanya

Selang 10 menit,muncullah lelaki perawakan jumbo,dialah Ko Jumbo alias Ko Jumbo alias Ko Jumbo alias Ko Jumbo alias Ko Jumbo..nama panjangnya sih Jumboooo ...hihihi...

Sebelum menuju Wonogiri, aku menodai WC terminal yang bersih ini. Ko Jumbo pun sepertinya sudah kebelet namun karena jam mepet dia tidak mandi di sini.

Bertiga,aku,mas Triyanto,dan Ko Jumbo menuju tem-teman bis jurusan Wonogiri,disitu tersedia bus new ISMO Mercedes OF jurusan Solo-Batu,seat 2-2 ekonomi ala patas non AC,kami pun naik..

                                new ISMO, Solo-Wonogiri-Batu ,bumel seat 2-2 


Tak lama bus berangkat,namun tak disangka dari kanan muncul bus Tunas Merapi OF8000,dan langsung mengasapi Ismo ini.

“wah..sabar dhiluk,mau numpak Tunas..” kata mas Triyanto yang kali ini jadi tour leader alias pawang bus Wonogiren.

Aku dan Ko Jumbo hanya terpana...soalnya tadi yang kelihatan cuma new ISMO,lah Tunas Merapi itu mak bedunduk langsung budhal.

Bus new Ismo dengan napas tuanya pelan-pelan menyusuri tepian kota Solo..

                                          awas nyundhul..!!                                              
                                                    
Sepagi ini kota ini masih segar..sesegar ingatanku pada sosok mahluk halus berwajah semi oriental dan tutur kata dengan logat njawani yang pernah mencintaiku di kota ini. Teriring seutas janji untuk hidup bersama selamanya tapi ternyata takdir berkata lain..Andai dulu aku dan dia bersatu di kota ini,tentulah Ko Jumbo kubiarkan naik SHD sendirian,kurelakan tiketku untuk mas Triyanto saja,aku sih trimo di rumah saja walau SHD itu indah...

Mulai ngelantur...uhuukk..


Karena di depan tadi sudah ada Tunas Merapi,new Ismo jaga jarak agar bisa meraup penumpang lebih banyak. Waktu sudah menunjukan pukul 09.30,sedangkan estimasi perjalanan hingga sampe rumah mas Triyanto sekitar satu jam,sedangkan jam kumpul di pool Agra adalah jam sebelas..jadi ini jam mepet..!!

Sementara itu Ko Jumbo sibuk mengumpulkan memorinya,karena dulu dia juga pernah menyusuri sudut kota ini menuju kawasan Solo Baru menggunakan bus ¾ bersama papahnya, dan mas Triyanto juga panjang lebar bercerita tentang Agra Mas yang masih ngandang di polsek karena ditabrak avanza mabuk,sampe menunjukkan letak garasi bus Gunung Mulia dan bus Raya.

Menjelang terminal Sukoharjo,bus new Ismo mendadak pecicilan.

“koh,ini pasti belakangnya nempel”, kataku

Benar saja,saat keluar dari terminal Sukoharjo,terlihat di belakang new Ismo nempel 2 bus, Timbul Jaya eks Tunggal Dara Putra dan Al Amin.

Wah bakal blong-blongan nih..

Di sebuah ‘bangjo’ Timbul Jaya sukses ngeblong antrian,dan new ISMO coba mengejar namun udah terlalu jauh.

“itu ngejar penumpang Purwantoro mas” kata mas Triyanto

Di depan pasar Nguter,sejumlah penumpang dikeruk Timbul Jaya..huh pait..pait..salahmu dhewe ngopo alon-alon hihihi...


10.30 Kami bertiga turun di depan patung macan,menuju rumah mas Triyanto. 

                                                               new ISMO

Di rumah mas Triyanto yang eksotis ini,hanya mampir sebentar,Ko Jumbo malah sempat mandi.

10.45 kami sudah berada lagi di depan patung macan untuk menuju garasi Agra di dekat terminal lama.

Tak lama muncul bus Al Amin,mengangkut kami menuju pool Agra Mas
Duabelas ribu rupiah adalah tarip untuk bertiga. Bus dalam kondisi sepi karena ini hari libur,kenek pun terkantuk-kantuk di jok belakang.

11.00 tibalah di pool Agra Mas, lapor dulu ke bagian penjualan tiket.

“setengah dua belas mas” kata mas di agen menginformasikan jam kedatangan BM055

Masih cukup waktu,makan dulu di warung sebelah kantor agen, ternyata pada lapar,aku juga lapar hehehe..

Menu andalan di sini adalah soto ayam dan garang asem, lainnya berupa lauk semacam sate telur,gorengan dan semacamnya.

Selesai makan, BM 055 yang ditunggu belum datang. Ko Jumbo dan mas Triyanto keluyuran ke halaman depan,aku sih duduk-duduk saja.

Tak lama bus malam Agra Mas mulai berdatangan. Oper-operan penumpang terjadi di sini,kadang hanya menurunkan saja di tepi jalan tidak perlu masuk garasi. Suasana tenang mendadak berubah ramai,karena penumpang mulai banyak.

11.50 Agra Mas BM055 masuk garasi, namun sepertinya dia tidak jadi artis di sini, penumpang awam pun mengacuhkannya.

Kami sempatkan dulu berfoto dulu,biar kekinian.

                                                      copy paste style..

12.10 Agra Mas BM055 meninggalkan kantor agen Wonogiri. Mas Triyanto ikut bersama kami nunut sampai patung macan. Wajahnya tegang,sepertinya hatinya bimbang memilih antara turun di patung macan atau bablas Jakarta hihihi..

Agra Mas SHD BM055 menyusuri tepian kota Wonogiri,menuju terminal baru Giri Adipura, Krisak, pas  masuk terminal lambaian tangan para bismania cilik menyambut,tak lupa mereka membawa kamera,sungguh virus bismania sudah menjalar hingga ke kota kecil ini.

Agak berbeda yang kulihat lebih setahun silam,ternyata deretan agen sudah berpindah ke bagian belakang. BM055 hanya melintas saja kemudian kembali ke jalan yang benar eh jalan raya.

Mendekati patung macan,mas Triyanto pamit turun duluan,wah kok cepet banget perjumpaan ini..,kuucapkan banyak terimakasih atas bantuannya. Kapan-kapan main kesitu lagi agak lama biar bisa menghirup suasana pedesaan yang asri..matur nuwun mas..

                                               matur nuwun mas Triyanto

Agra Mas BM055 kemudian menuju Sukoharjo,masuk terminal Sukoharjo,seorang mahluk halus duduk di seat 1 B, oo jadi mas Triyanto berubah jadi mahluk halus ini ..hahaha...

Ko Jumbo langsung kasak-kusuk, kompor meledug,kamsudnya biar aku kenalan...wah lagi gak mood,lagi terkesima koalisi SHD sama O500R jeh...

                                            melintasi sungai Bengawan Solo

Setelah menyeberang sungai Bengawan Solo, melintas di Solo Baru kemudian langsung Purwosari-Kerten tanpa masuk terminal Tirtonadi.

Agra Mas SHD BM055, fullseat untuk hari Minggu ini, 34seat terjual, eh bener ya 34seat? Baris kiri 8 baris plus samping toilet kanan 1 baris,baris kanan 8 baris.

Namun ada 1 seat sisa di depan toilet, yaitu 9B,sepertinya sih buat kru, dan kandang macan di belakang toilet yang cukup besar. Sementara di area pengemudi dan penumpang dipisah sekat, area pengemudi ini cukuplah dijejali 4 orang dewasa dan kali ini semua berseragam Agra Mas.

Masuk terminal Boyolali,melintas saja..


Jam 14.16 BM055 masuk terminal Salatiga juga melintas saja. Menuju arah Bawen,lalu lintas lancar. Hanya saja sedikit aneh karena perjalanan ini masih ‘agak siang’ jadi nuansa bis malam belum terlihat.

                                                          snack+minum

Kutawarkan sego gudeg buat penumpang sebelahku,bukan kepada mahluk halus tapi kepada Ko Jumbo..

“isih wareg,mengko ae..” jawabnya

 Jam 15.30 masuk tol Bawen, aku tidur sebentar..

                                                            tol Bawen

Terbangun sudah Krapyak..sementara Ko Jumbo masih melek..

Menuju arah Kendal,jalanan ramai lancar.

Jam 16.15 Agra Mas BM055 masuk RM Raos Eco Gringsing. Aku sih belum pernah makan di sini.

                                                    masuk RM Raos Eco

Kami berdua turun,bekal nasi gudeg dibawa sekalian.

Kelar dari toilet langsung menuju meja saji..

Pilihannya ndog kecap atau ayam semur ? pilih ayam.. menu lainnya adalah bihun..ambil dikit aja karena gak terlalu berselera.

Setelah makan gratisan habis,lanjut ronde ke-2 yaitu sego gudeg..Nyam..nyam... wareg wes..

Setelah makan, foto-foto di samping bus sebentar.

                                                      AGRA Mas BM055





                                                  partner koalisi,Ko Jumbo

Jam 16.45 Agra Mas BM 055 diberangkatkan, sempat ngeliat armada terbaru Hino RN kode bodi BM 050 dan BM 051 bodi new setra..Ooooh ini yang terbaru, nopol pun 01.21 ..gress tenan..

Tanjakan Plelen disantap dengan mudah,maklum ini kan 360HP, torsinya melimpah,beda kalo naik Mercy generasi King/Cooler, kudu ancang-ancang dulu.



Meliuk-liuk di alas Roban menuju Tulis, asik aja,apalagi hari mulai senja,pemandangan khas bus malam sudah tiba..

                                      'topi dan sekatnya' mengganggu view

Nyetik tipis-tipis diantara kerumunan truk,bikin ser..ser..karena moncong kaca spion yang menjulur itu loh..pengemudi harus ‘titis’ jangan sampai spion nyangkut di bak truk.

Tak terasa sudah melewati kota Batang, dari arah berlawanan sudah kres beberapa armada Agra Mas entah jurusan mana.

Masuk Pekalongan jam 17.55,depan terminal melintas saja. Diblong Agra Mas BM050, namun BM055 memilih jalan tengah kota Pekalongan. Kecegat sepur sebentar lalu lanjut masuk tengah kota.

Jam segini lawannya hanya truk dan mobil pribadi,belum ada bus malam .

Masuk kota Tegal jam 19.25, sempat liat depan Pacific Mall di agen eksekutif Sinar Jaya masih terparkir 1 bus disitu,mungkin angkatan malam kali ya?

Hmm..ngantuk...

ZZzzz...

Jam 20.08 Pertigaan Tanjung belok kiri,menuju pintu masuk tol dari Pejagan. Sebelum mulai mengarungi jalan tol, Agra Mas BM055 ini berhenti,beberapa bus Agra Mas juga berhenti sejenak disini,mungkin mengendurkan urat syaraf dulu karena tol ini panjang hingga Jakarta.

Rupanya jok empuk tjap Aldilla ini masih terlalu nyaman bagiku,jadi malas beranjak dari bangku..Akhirnya tidur lagi hihihi...

Tidur-tidur ayam.. la kok tau-tau sudah sampe gerbang tol Cikarang Utama.. padahal kalo hari biasa sih jam segini belum tidur ...

Agra Mas BM055 exit tol menuju Bekasi Timur, menyusuri Bekasi Barat kemudian masuk lagi tol dan keluar di terminal Pinang Ranti, sempat kepikiran turun di sini oper Tran Jakarta,tapi ternyata kok sepi nyenyet,gak jadi deh..

Dari Pinang Ranti menuju kawasan pasar Induk Kramat Jati,menurunkan banyak penumpang di sini.

Akhirnya ,jam 00.45 aku dan Ko Jumbo turun sebelum fly over Pasar Rebo, beruntung hujan sudah reda..Sampai di sini tolah toleh mau naik apa.

“mas Pasar rebo sebelah sana” kata kru Agra Mas.. Sebetulnya bukan bingung,cuma nyari taksi aja hihihi...

Agra Mas SHD BM055 meninggalkan kami..


                                                             see you ..

Aku dan Ko Jumbo lanjut dengan taksi ke Lebak Bulus, sampai di Lebak Bulus sebuah Tran Jakarta Amari (angkutan Malam Hari) bodi Genesia membawa kami menuju kawasan Kebon Jeruk. Tiba di Kebon Jeruk disambut hujan gerimis.

Kami berjalan kaki sejauh 200 meter menuju kos,sebelum sampai kos,kami mampir dulu di warung kopi, ngengetin badan kemudian baru beranjak pulang..

Hampir jam 2 pagi saat kami tiba di kos..Wuiihh..nyampe juga nih,kalo ditotal perjalanan sih nyaris 24 jam,kalo Ko Jumbo mungkin sudah 24 jam.. tapi tak terdengar dia sambat..

namun umpatan “muangap lu Pon” tetap terucap sebelum aku  tidur bentar sebelum fajar menjelang.

ZZzz..ZZzz..


-sekian-

Agra Mas SHD BM055 Executive Class Purwantoro-Wonogiri- Bekasi - Jakarta Pinang Ranti – Pasar Rebo – Bogor : Rp 180.000,- (include makan + snack)

Agen Wonogiri : HP 0852 277 92142

salam dari Jogja Istimewa


Komentar

  1. Wah, aku numpak BM60 iki.. SHD

    BalasHapus
  2. Sangat di sayang kan kalau agramas ,,nggk enak nya pake skat depan,, jadi nggk asik kalau di hotset,,ketika nge ong

    BalasHapus
  3. Sangat di sayang kan kalau agramas ,,nggk enak nya pake skat depan,, jadi nggk asik kalau di hotset,,ketika ngeblong,, dan harga 180 label exekutive tapi tanpa fotres ,,padahal bus tetangga jd line wonogiri saya sering naik yg baru primer class sudah serasa super,,

    BalasHapus
  4. Saya punya sonic 150 lampu depan pecah pengen ganti sama sonic lama bisa gakk ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer