Pengalaman kena 'cegatan' di kota CIREBON dan sekitarnya



Beberapa minggu ini jadi viral di dunia maya membahas sebuah kota.

CIREBON

Tapi bukan membahas kuliner nasi jamblang-nya,namun membahas seringnya cegatan (jawa:razia) dan tilang yang dilakukan oleh polisi di kota ini.

Dari beberapa kisah yang di share, umumnya tilang ini sebetulnya tidak perlu terjadi,namun mayoritas biker yang ditilang tidak merasa mereka melakukan pelanggaran lalu lintas.

Oke lah kalo gak punya STNK, atau melanggar rambu,ya memang kena tilang. La kalo melihat beberapa cerita,mereka ditilang dengan kesalahan yang mengada-ada dan terkesan biker jadi goblok..

Misalnya, lampu utama LED pada Honda new CB150,ditilang karena menyilaukan,padahal ini bawaan pabrik,dan sudah didaftarkan ke pihak yang terkait.

Ada lagi cerita Yamaha Byson pasang sokbreker upside down,ditilang karena posisi sokbreker kebalik,la emang ada pasalnya? La piye besok Yamaha xabre yang sudah dari sononya pake suspensi upside down??


Dan yang bikin keki,yang dicegat adalah kendaraan non plat E alias kendaraan dari arah Jawa Tengah yang melintas kota Cirebon,untuk mobil non plat E jarang yang masuk kota karena bisa lewat jalan tol.

Sebagai pengguna kendaraan non plat E tentu tahu maksudnya,singkatnya jika kita ditilang kita kan kalo mau ikut sidang tilang di Cirebon harus keluar ongkos,maka mesti mengalah,walau begitu jika kena tilang di hari kerja mintalah surat tilang warna biru,kamu bisa bayar di bank BRI,sudah jelas dan uang masuk ke negara bukan ke saku petugas !!!

Dan yang perlu kalian tahu, cegatan polisi ini bukan karena sekarang ada tol Cipali,jauh sebelum tol Cipali dibangun ,aku pun pernah merasakan ditilang di Cirebon.

Pengalaman sendiri nih, Awal Januari 2009..

Asli ini pengalaman sendiri,bukan cuma 'katanya'  atau share cerita orang..

Usai libur panjang tahun baru, solo turing dengan Satria FU 2004, pede aja dari Jogja pake knalpot racing branded..

Nah melintas kota Cirebon tidak ketemu cegatan,namun menjelang Palimanan di sebuah tikungan yang sampingnya ada pasar,mendadak dihentikan petugas. Setelah memeriksa surat-surat,si petugas mengelilingi motorku.

“ini knalpotnya gak standar,pake knalpot racing,sana ke pos..”

Masuklah saya ke pos

Disitu ada petugas,lalu aku tanya “pak,emang saya salah pake knalpot racing?, kena pasal berapa pak?”

Si petugas hanya diam,lalu dia bilang “ke komandan saya aja,tuh di warung”

Aku berjalan ke warung

“kamu ini ngebut,ada pasar kok malah kenceng,knalpotmu gak standar”

“pak saya kan orang luar kota,di sana juga gak ada rambu peringatan di depan ada pasar, mana tau di sini ada pasar, dan saya enggak ngebut ”, jawabku seadanya

“knalpotmu itu gak standar,berisik”

“pak,ada pasal mana knalpot tidak standar melanggar ? Lalu kalo berisik ,berisiknya itu berapa desibel? Bapak ada alat ukurnya?”

“apa itu desibel..? kamu gak usah ngeyel” jawabnya keras. Loh gak tau to desibel itu apa..?

“loh saya tidak ngeyel, saya pake motor ini sudah lewat 4 Polda, Banten,DKI,Jabar,Jateng,DIY, dan cuma di pos sini saya ditilang..!!” aku mulai gerah..

“harusnya kan aturan itu kan sama pak,ini Indonesia pak,negara Republik,bukan negara federal yang aturan beda-beda tiap negara bagian”,tambahku

“kamu ngeyel saja..”

“ya udah,saya ditilang aja,berapa?SAYA BAYARRR ...”
“tapi saya minta bukti tilangnya..!!” ujarku tak mau kalah

“gak bisa..!!”

“ya udah berapa?? Saya habis waktu di sini debat sama bapak..”

“125 ribu”

Aku keluar dari warung tsb,tanya ke anak buahnya yang menunggu di luar

“ATM di mana Pak..?

“Dua pos dari sini mas,arah Cirebon” katanya

Sementara sambil menuju motor aku mampir ke pos polisi,di situ satu petugas masih jaga di situ..

“Pak,sampean gak bantu saya”

“wah maaf mas,sudah sampai komandan sih..”

Yo wis,aku melaju menuju ATM. Istilah 2 pos adalah 2 lampu merah,dan aku ambil ATM,hampir setengah jam kemudian aku lalu balik ke tempat tadi.

“ini pak uangnya,mana STNK sama SIM saya..??”

Keluar dari situ,aku menstarter motor.....Blaaarrr..blaarrr...

Aku pun melaju sampai Jakarta,tiba di Jakarta beriringan dengan polisi jalan raya dengan motor besarnya,jalan jejer dan TIDAK DICEGAT..!!

Itu salah satu kisahku.
okelah itu kisah pahit bermotor melintas di Cirebon..sebetulnya sih udah males mengingat-ingat lagi dan wes tak iklasno kejadian itu..toh duit segitu gak bikin jadi kere kok.. hehehe...

Ada kisah lain..

15 Agustus 2015..
Kembali aku solo riding dari Jogja ke Jakarta namun aku menginap semalam dulu di Purwokerto,barulah esok hari dari Purwokerto menuju Jakarta,berangkat lebih pagi,lebih segar,karena kalo dari Jogja langsung Jakarta lebih capek 4 jam buat menempuh Jogja-Buntu..

Sebelum masuk kota Cirebon,aku beristirahat dulu di Indomaret Pejagan,minum dulu bentar,menjelang kota Cirebon,harus konsentrasi dan gak boleh kebawa emosi,dan karena ini sudah masuk jam razia,aku pun siap menghadapi cegatan  di tengah kota.

Kondisi motorku saat itu,lampu sein depan belakang sudah ganti variasi branded,jadi walau bentuk lebih mungil tapi tetap kelihatan jelas,sementara spion aku pake punyae Minerva.


                                               
                                    bukti otentik melintas Cirebon naik CBR K45


Melajulah dari Pejagan menuju Cirebon.

Losari lancar malah di fly over sempat sekilas melihat Laut Jawa..indah banget..

Kanci lancar.

Masuk tengah kota Cirebon,beberapa spot cegatan tampak sepi.

“tumben nih gak kena cegatan..” kataku.

Aku udah belasan kali solo riding Jogja-Jakarta PP, soal cegatan ini sudah bukan hal baru. Spotnya pun sudah hapal di mana saja,salah satunya ya di tikungan pasar dekat Palimanan tadi.

Namun hingga Palimanan tak ada cegatan. Tumben beneerr...apa masih pagi ya..

Melaju terus ke wilayah kabupaten Indramayu.

Melaju di jalan pantura yang makin sepi karena mobil, truk, bus pada memilih lewat tol Cipali.

Melewati jalan yang kiri kanannya berupa persawahan,jauh dari kampung orang,gak ada warung,pokoknya kiri kanan sawah semua. Seingatku kalo solo riding lewat sini tengah malam pasti gas pol,la wong gelap gulita jeh..

Kulihat di depan ada kerumunan..

“wah opo kae..cegatan yo..” batinku

Dan aku pun akhirnya ditanya surat-surat, kusodorkan..lengkap

LOLOS...dan seharusnya memang tidak ditilang la wong aku tertib owk..

Aku minum dan melanjutkan perjalanan. Dari arah Jakarta juga ada cegatan. Dan petugas berjalan kaki menuju arah Cirebon dikawal mobil petugas.

Itu kisah terkini.

Sebetulnya ada lagi pengalaman kena cegatan lagi di seputar perjalanan Jakarta-Jogja, misal cegatan di jalan alternatif Sindang Laut – Ketanggungan di siang hari di tengah perkebunan, sempat dikasi lampu dim dari pengendara Tiger dari arah berlawanan,ternyata itu info ada cegatan, saat itu beruntung walau pake knalpot racing tapi tidak ditilang..

Yang lebih ‘konyol’ pernah kena cegatan dinihari jam 01.30 di ruas jalan antara Ketanggungan – Prupuk alias Songgom pas di pinggir kali tengah sawah..!!

Tak ada tanda cegatan,petugas cuma pake senter..

“malam mas,surat-suratnya..”

Lalu petugas menyenter surat-surat saya..

“mau kemana nih..”

“Jogja pak”

“masih jauh,,hati-hati ya..”

Disampingku pengendara Byson,sepasang cowok cewek, juga ditanya petugas..

“habis kencan ya..”

“hehehe..” si rider Byson ketawa

“kencan di pantura maksudnya..” kata petugas berkelakar..

Lalu melintas motor penduduk sekitar membawa hasi bumi bawang merah,tanpa helm,cuma klakson saja tidak di cegat.

Okelah, dari cerita dia atas aku tidak menyalahkan cegatan, cegatan perlu juga karena gak sedikit pengendara gak punya SIM,malah ada motor tanpa surat-surat, atau ada maling motor,dan silahkan yang melanggar ditilang, tapi kalo mencari kesalahan yang gak masuk akal itu yang bikin masyarakat pengguna jalan kecewa.

Berikut tips agar tidak ditilang saat cegatan di Cirebon dan sekitarnya :

1.    Surat-surat wajib lengkap (surat cinta dari pacar tidak berlaku)

2.    Lengkapi kendaraan Anda dengan perangkat standar pabrik (spion harus 2 ori/KW, lampu sein,tutup pentil,ban jangan gundul,lampu nyalakan kalo motor sport  2 headlamp maka nyalakankah semuanya,knalpot standar,knalpot standar  jangan dibedah/broong,dan gak usah bawa box/magic jar wkwkw...)

3.    Pembonceng juga harus pake helm,jangan pake blangkon

4.    Jangan membawa barang terlalu banyak (kalo banyak mending dipaketin aja)

5.    Jaga kecepatan kendaraan Anda saat melintas di dalam kota Cirebon (40-50km/jam)

6.    Jangan tolah-toleh di lampu merah,ntar kena tilang mengganggu konsentrasi .

7. Kalo pun ditilang,minta surat tilang biru jangan yang merah,lalu bayar ke bank,tidak ke petugas,namun kalo kena tilang di hari libur maka bank juga libur ,mintalah sidang,meski harus keluar ongkos PP Jakarta-Cirebon. (mayoritas pasrah milih ditilang surat merah nih)

8. Nah kalo masih takut ditilang di kota Cirebon,maka gak usah naik motor,mending motor dipaketin aja 300an ribu atine tentrem, dan lakukan perjalanan naik kendaraan umum,misal kereta api, bis malam. Memang keluar ongkos agak banyak tapi tentram di hati.

Begitulah sharingku,mantan ‘korban cegatan’ di kota Cirebon.

Salam dari kota gudeg

Hendi

Komentar

Postingan Populer