Head To Head : Sonic 150 R 2015 vs Nova Sonic 125 RS Super 2001

Dulu nama Sonic atau lebih tepatnya Honda Nova Sonic, hanya dikenal oleh anak muda generasi tahun 2000-an awal, jangan tanya pada alay eh anak muda jaman sekarang, Nova Sonic 125 RS Super biasa salah disebut Satria F atau lebih parah lagi “ini mocin ya Kak..??”


Oke, singkat cerita ,Agustus tahun 2015 ini pihak Astra Honda Motor merilis Honda Sonic 150R, berbeda dengan Nova Sonic yang masih 125cc 2 katup,karburator Keihin 26mm,radiator, kali ini Sonic 150R dibekali mesin 150 CC DOHC 4 katup ,radiator dan fuel injection. Bagi orang yang tidak sempat menikmati masa keemasan motor CBU di rentang akhir 90-an hingga 2000-an awal akan langsung menge-judge..”ini niru Satria..” hahaha....

Dan siang itu, aku mengambil motor Sonic 150R dari dealer,ditunggangi sendiri dari dealer (baca: Sonic 150 R...Debut!!!) sampe Om Hari juragan dealer nanya,

“udah pernah tes ride belum?”
“belum Om,ya baru kali ini naiknya..”
“loh pas di Mandala Krida gak ikutan?”
“enggak Om..”

Aku  gak suka tes ride, lebih enak merawanin motor sendiri daripada tes ride motor yang udah diperwananin orang lain hihihihi...

Dan siang itu,ditemani Nova Sonic 125 RS merah punyaku juga yang dalam status mejeng di OLX (sekarang sih udah laku-red) ,yang dikendarai teman bernama sebut saja Penyol, kami pulang membawa 1 unit Honda Sonic 150R..hmm baru kali ini ambil motor dari dealer langsung dinaikin,lalu isi pertamax dulu di SPBU Tungkak,lalu weeeng...

Nova Sonic 125 RS mengawal Sonic 150R.. adik dikawal kakak.

Sampe di rumah temen,langsung disandingkan antara Sonic 150R vs Nova Sonic 125 RS. Kebetulan aku punya 2 Nova Sonic 125 RS Super, satu versi 2001 (old Sonic) warna merah yang sekarang ada di Jogja, dan satu lagi New Nova Sonic 125 RS Super 2004 (New Sonic) yang digunakan khusus malem minggu kalo lagi di Jakarta. Jadi kali ini aku bandingin dengan old Sonic merah dulu..

Sonic dibandingin dengan Sonic bukan Sonic dibandingin Satria, itu udah beda ‘keturunan’ tidak satu keluarga. Mayoritas sih ngebandingin Sonic 150R dengan Satria FU,soalnya berdasarkan kapasitas mesin yang sama dan yang lebih utama: jarang yang melihara klan Sonic.

                                     

Oke dimulai...

Terlihat dari segi bodi, sang adik lebih jangkung dan nungging dari sang kakak. Tapi baik Sonic 150R maupun Nova Sonic 125 RS ,posisi kaki gampang menapak aspal/tanah,gak jinjit.

Lalu dengan shroud samping dan leg shield, punya Sonic 150R lebih lebar, bandingkan dengan Nova Sonic 150R yang lebih ramping, ya pantes aja bobot Sonic 150R tembus 114kg, kalo Nova Sonic 125RS ‘hanya’ 105kg saja.




Desain pelek, untuk Sonic 150R menganut palang 10 model Y seperti Daytona GP Wheel atau model Marchesini, sedangkan Nova Sonic 125 RS menganut palang 6 ala Honda NSR,namun untuk motor ku yang ini sudah diganti pelek palang 5 bawaan Honda Blade 110

Panel pun mengisyaratkan teknologi update pada jamannya masing-masing, Sonic 150R full digital, ada tachometer model bar,meter bensin model bar,spidometer digital,hingga indikator suhu yang akan menyala saat ‘overheat’,serta lampu check engine karena sudah ada ECM (Electronic Control Module),sehingga jika berkedip akan muncul kode tertentu dan langsung diketahui sensor mana yang menginput adanya ‘trouble’.




Sedangkan Nova Sonic 125RS , panel meter masih full analog, sesuai jaman 90-an akhir dan 2000an awal,mayoritas panel sepeda motor cc kecil jaman itu memang masih analog,dan panel Nova Sonic 125 RS Super seperti ini sudah sangat lengkap !!

Yang aku suka dari Nova Sonic 125 RS salah satunya adalah indikator suhu,di mana masih memakai jarum,sehingga dapat diketahui level panas mesin antara C (Cold) dan H(Hot) yang berarti jika jarum menyentuh ‘bar’ H mesin sudah overheat, untuk versi digitalnya aku lebih suka model indikator suhu ala CBR 150 K45, kalo kayak Sonic 150 agak kurang marem.

Lalu utiliti di balik jok, Sonic 150R terasa ‘sumpek’ karena disitulah intake udara berada,sehingga posisi tangki bahan bakat digeser mundur, sedangkan di Nova Sonic 125 RS, posisi tangki berada bawah jok bagian depan,bagian belakang ada tempat aki dan sedikit ruang untuk menyimpan kunci.

Headlamp, semua udah tau, Sonic 150R pake model LED, kecuali lampu sein, sedangkan Nova Sonic 125 RS masih model bulb dan 1 bohlam saja, untuk versi 2004-2010, Nova Sonic 125 RS sudah pake 2 bulb headlamp tapi posisi di atas dan bawah (tumpuk).

Lampu belakang , meski tidak jelek,namun secara penampilan lampu belakang Sonic 150 R kalah ‘nyeni’ ketimbang lampu belakang Nova Sonic 125 RS baik generasi 2001-2003 maupun generasi 2004-2010.

Ukuran ban dan pelek, Sonic 150R menggunakan pelk merk PAKO, untuk depan ukuran 1,85 x 17 dengan ban IRC 70/90-17 sedangkan belakang pelek PAKO ukuran 2,15 x 17 dengan ban ukuran 80/90-17.

Nova Sonic 125 RS menggunakan pelek depan ‘Honda’ namun yakin ini bikinan ENKEI palang 6 dengan ukuran 1,40 x 17 ,ban ukuran 60/100-17 (bawaan pabriknya,kecil ya..) tapi untuk motor ini menggunakan IRC 70/90-17 karena ban 60/100-17 susah  didapatkan di sini,sedangkan kalo pake ban 60/90-17 dikira ‘alay’.. ban cacing...padahal 60/90-17 bisa dikatakan setara 2,25 x 17 loh.. Untuk pelek belakang belakang menggunakan pelek ENKEI /Honda palang 6 ukuran 1,85 x 17 dengan ban ukuran 80/90-17.

Handling ? Nova Sonic 125 RS terasa lebih pendek, tapi tetep stabil,untuk Sonic 150 R, meski lebih tinggi tapi enak aja buat belak belok,lincah

Saklar-saklar.. Nova Sonic 125 R, saklar kiri berupa sein,tombol klakson,saklar lampu on/off, dan saklar lampu jauh/dekat,dan tuas cuk dibagian bawah,bisa dikatakan ini mirip saklar Honda Nice 110 S yang dulu sempat jadi penghuni garasi rumah, di Sonic 150 R sudah AHO,maka saklar sebelah kiri minus saklar lampu on/off, minus tuas cuk (karena sudah fuel injection),di sebelah kanan sama-sama saklar electric starter.

Knalpot? Nova Sonic 125 RS, model silincer dah header terpisah dengan 3 baut, silincer ini bisa tukar pakai dengan milik Satria F ,Honda Nice 110 S dan Honda Supra X  125 karburator (tapi posisi pegangan baut silincer ke footstep tidak sama), sedangkan Sonic 150R dari header hingga silincer menjadi satu.. aku  lebih suka model Nova Sonic 125 RS

Disc Brake, baik Nova Sonic 125RS maupun Sonic 150 RS dilengkapi dengan dobel disc brake..Untuk rem depan Nova Sonic 125 RS masih menggunakan piringan yang sama dengan Supra X 100cc (baut 5) ,hanya beda jumlah lubang pendingin di cakramnya , kalo versi 2004-1010 menggunakan piringan yang mirip dipake Karisma/Supra X 125 karburator/Supra Fit New (baut 4). Sonic 150R, piringan cakram depan lebar lebih 290mm ,sementara yang belakang mirip bawaan Nova Sonic 125 RS merek SunStar, piringan cakram belakang Sonic 150R bisa tukar pakai dengan milik Blade 110/125 dan Supra 125 series double discbrake.

Slebor depan, Nova Sonic 125 RS terdapat lubang angin kecil di sisi kiri kanan, sedangkan Sonic 150 R polos aja,hanya sebagian menutupi sok depan. Hmm.. buat ku keren slebor depan Nova Sonic 125 RS. Slebor belakang,tak terlalu beda jauh lah.

Sok belakang, sama-sama monosok, bawaan Nova Sonic 125 RS warna merah,sedangkan Sonic 150 R warna hitam.

Sasis utama : sama-sama menggunakan sasis twinspar kotak, hanya karena letaknya di bawah leg shield jadi gak terekspos,  sebelum Sonic 150 R rilis dan masih desas desus di jagat blogsphere, sempat berharap Sonic 150R menggunakan sasis seperti Honda Nova Dash 125.

Warna tutup mesin, Nova Sonic 125 RS warna emas,sedangkan Sonic 150 R warna hitam dof,kecuali yang versi livery Repsol berwarna emas..

Topspeed on speedo.. dalam kondisi mesin sehat dan standar, Nova Sonic 125 RS baik versi 2001 maupun versi 2004 bisa dipacu hingga 130 km/jam, ini belum pake knalpot racing, sedangkan Sonic 150R saat inreyen 200 kilometer pertama saat aku jajal sanggup 137 km/jam mirip hasil tes tabloid OTOMOTIF,di mana hasil Racelogic menurut mereka 119km/jam  (bobot ku 63kg/167cm). Kencang mana ? belum pernah dijajal bareng sih, hanya soal performa rpm bawah-tengah Nova Sonic 125 RS agak loyo tapi menengah ke atas joss bener khas mesin over bore (58 x 47,2 mm),ini juga pengaruh dari durasi kemnya, sedangkan Sonic 150 R powernya merata di seluruh rpm.



Udah segini aja, head to head Honda Nova Sonic 125 RS Super vs Honda Sonic 150R. 

Semoga berguna.


Salam dari Jogja Istimewa

Komentar

  1. Duh, sonic nya kang pon yg 125 jan mulus tenan...
    kalo tahu mo dijual pasti dah tak ambil nich, sayang inponya telat

    BalasHapus
  2. oh iya kang pon, gimana soal kualitas material body ?
    lebih tebel yg thailand apa cawang?

    BalasHapus
  3. Bang klo sonic rs sama rs super bagus mana y? Masalah model ama mesin apakah sama atau beda?
    Truss klo harga nya brp?

    BalasHapus
  4. Rangka sonic 125 sama 150 sama ya

    BalasHapus
  5. seharusnya di conpare sama new nova sonic 125 rs super tahun 2004 akhir gen ke2 sama new sonic 150r ini. bukan di compare sama old nova sonic 125 yg memang udh jadul abis desainnya.

    BalasHapus
  6. Bang mohon di jawab,,sasis/swing arm sonic 125 kalau di pasangkan ke Sonic 150 bakalan PNP ndk bang??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer