KIPERPON : Kencan Malem Minggu Bareng Supertop 2

Kencan Malem Minggu Bareng Supertop 2

Sebuah Catatan Perjalanan

Jakarta, 12 Desember 2015

Sabtu ini terasa pendek..

Setidaknya itulah yang aku rasakan..

Tiba-tiba saja di tengah minggu si bos mengutusku untuk pergi ke Jawa Timur,dan Senin pagi harus sudah sampe sana..

Sudah pengalaman,kalo ke Jatim berangkat Senin subuh dan terbang pagi itu juga,sampe tujuan malah klenger,theklak thekluk..

Opsi pertama, Jumat sore langsung estafet via Jogja, tapi opsi ini langsung gugur,urusan kerjaan di hari Jumat masih buanyak soale hari rabu kemarin kan libur bareng,ditambah lagi udah janjian Sabtu siang nemenin temen wanitaku belanja di Mangdu..

Oke,opsi kedua, berangkat Sabtu malam aja deh,mumpung malem minggu gak buru-buru,pilihan utama adalah naik Raya Supertop !!

Kalo kalian sering baca KiperPon di milis bismania,ada cerita melas kala aku ketinggalan Raya Supertop Lebak Bulus gara-gara macet di Pondok Indah,padahal sudah spare waktu 2 jam dari seputar Kebon Jeruk dan berujung gagalnya Supertop main di Liga Super Eksekutif kala itu plus dibully temen seperjalanan gara-gara gak dapat makan di RM Markoni dan cuma dapat snack..

Inilah saatnya membalas...hihihi

Sabtu pagi,sudah kukantongi tiket Raya Supertop dengan nomer seat 10,alias tempat duduk single,kalo pemain bola berkostum nomor 10 itu biasanya ‘sang jendral lapangan’ contohnya Messi, nah kalo aku dapat no 10 itu artinya apa?embuuh...

Duaratus Sembilanpuluh Ribu rupiah,bukan uang yang sedikit buat menikmati Raya Supertop lagi,semoga nanti tidak ketinggalan bis lagi.

Dan sore itu, 16.54 aku baru tiba di kos daerah Kebon Jeruk, jam mepet vroh..

Mana belum packing,belum setrika,belum mandi,oke deh setrika bajunya besok di Jogja aja,mandi kilat tak lupa nyabun,kelar nyabun eh mandi udah jam 17.15.. walah,tambah panik aja nih,secara hitungan waktu aku harus punya spare waktu 2 jam untuk menempuh Kebon Jeruk hingga pool bis Raya di depan PTC (Pulogadung Trade Center)

Order GoJek dulu, namun janji sama hati, jika 15 menit belum ada respon,mending naik motor aja nitip di Rawamangun..

Bejoku... 5 menit kemudian dapat telpon dari rider GoJek,dan 17.40 aku sudah cabut dari kos menuju kawasan Pulogadung.

Wusss..GoJek melaju cepat,dengan tarif 15ribu sejarak 20 kilometer rasanya sih terlalu murah,apalagi ini motor matik...bayaran pira??

18.20 Aku sudah tiba di pool bis Raya, sementara yang siap diberangkatkan adalah Seri R alias Executive 28

Aku lihat untuk yang Supertop masih anteng parkir di belakang.

18.30 seri R berangkat, kemudian parkirannya digantikan oleh Supertop 2 , AD 1439 DG inilah bis yang akan membawaku ke kota Solo Berseri kayak senyuman sang mantan yang berseri..halah opo meneh iki..

Aku naik ke dalam bus yang tangga naiknya subur soalnya ada rumputnya, ini mau naik bis apa futsal sih hihihi...

Dapet deh nomer 10, dan ternyata ranselku cukup besar,wah kudu berbagi di leg rest deh..yo wis gak popo,sementara tasku berisi laptop aku taruh di pojokan.

Sambil menunggu berangkat ngobrol dulu dengan bapak pengemudi, hal pertama yang ingin kutanyakan adalah apakah bapak lagi butuh mantu ..hussss...bukan itu ding...kami ngobrol aja mengalir seperti lelaki dan bapak mertuanya ..halaahh salah ketik... kami ngobrolin dari Supertop yang sempat ‘merumput’ di Rawa Buaya hingga GoJek  yang membawaku menuju pool bis ini.

19.25 bapak pengemudi pamit bentar mau ke toilet, sementara aku bersiap naik ke dalam bis,karena akan segera diberangkatkan.

19.35 Raya Supertop 2 diberangkatkan.. sosok all new Legacy ini dengan gagah meninggalkan pool-nya.

Dua perjalanan sebelumnya dengan Supertop,kala itu masih dibalut bodi old school ala karoseri Laksana,kali ini memang sudah mbois dengan baju all new Legacy-nya dan tentu saja klakson kekinian..tolelet... (padahal sih suka sama klakson Mercy lawas yang bunyinya khas..)

Kesan nyaman masih didapat,jok lebar ex jok pesawat DC-10 pun masih dilestarikan, leg rest model baki slerekan pun masih seperti dulu, yang beda jelas interiornya,ada bagasinya dan ada penutupnya seperti bagasi dalam kabin pesawat, sementara entertainment audio video tetep ditiadakan.

Snack mulai dibagikan, isinya masih minimalis seperti dulu,hanya tisu khasnya saja yang aku masih simpan sampe sekarang.

20.35 sudah tiba di gerbang tol Cikampek, malem Minggu,jalanan lancar,padahal kalo jam kerja dari Tomang sampe Karawang Timur saja bisa 3 jam.

Aku belum tidur,masih menikmati pantura yang perlahan mulai sepi ditinggalkan bis malam.
Melewati Patokbeusi,di deretan kafe-kafe suasana tampak biasa saja,ya biasanya aku lewat ya kayak gitu kok..wkwkw..

21.40 masuk RM Markoni, sebuah rumah makan penuh kenangan, karena disinilah jatah makan supertop diganti snack..!!

Namun malam ini, aku berhasil membalikkan keadaan.. ikut servis makan supertop hihihi...
Dapat nomer 2 antrian, kulihat menunya..hmmm.. kok tidak lebih istimewa daripada servis makan bus Sugeng Rahayu di RM Utama ya..?

Ya udah makan aja,ambil secukupnya saja..plus minuman teh yang gulanya silakan ditakar sendiri..

makan secukupnya saja..

Hmm..ini to yang bikin aku jadi dibully... tidak istimewa banget sih,namun yang penting sudah pernah makan di Markoni dengan servis makan supertop,meski ini juga bukan yang pertama ,dulu saat naik Ramayana E3 juga makan di sini tapi beda gedungnya.

Hampir empatpuluh menit di sini,akhirnya Supertop 2 siap diberangkatkan, saat bus akan diberangkatkan,pintu rumah makan langsung ditutup,lampu dimatikan,pertanda tidak ada bus malam yang akan mampir makan di sini lagi malam ini.. Kejadian ini mengingatkanku saat di RM Pantes,saat melakoni Liga Super Executive,juga sebagai tamu terakhir di RM Pantes,dan langsung ditutup pintunya.

Namun di bangunan sebelahnya masih ada bus Gunung Mulia yang beristirahat, kalo di ruang makan yang itu kondang servis makan ‘ndhog kecap-nya’ hihihi...

Supertop 2 melaju di pantura,smooth saja.. malah diblong bus paket Rosalia Indah..beberapa penumpang sudah merebahkan jok ex DC-10 ini buat bobo, sedangkan aku belum ngantuk,sekalian juga reuni pantura soale udah lama gak lewat sini..

Tapi lama kelamaan,mending bobo aja,sementara raungan mesin Mercedes Benz ini mendengung merdu,tanpa batuk-batuk,tanpa gigi netral,batin saya cakep nih perawatan mesinnya,bis lawas masih bisa diajak lari, kalo di PO lain dengan mesin sejenis biasanya ada ritual bersih-bersih filter dulu...ya tiap PO memang beda sih cara perawatannya.

Ternyata aku benar-benar tertidur,kusadari saat Supertop 2 ini sudah masuk wilayah Brebes..

Turu maning..tau-tau udah nembus Pekalongan..siap-siap gak lama lagi berhenti istirahat kedua yang katanya sekarang sudah gak di RM Gerbang Elok, tapi di RM Gemar Ikan

Tidur lagi,dan bus jalan terus, di daerah Kendal berhenti sebentar ganti driver..loh gak jadi istirahat kedua di RM Gemar Ikan ya..? Padahal ya cuma pengen ngopi aja sih...

Bablas terus lewat tol Krapyak, bobo lagi..

Masuk wilayah Salatiga sudah lepas subuh

Masuk terminal Boyolali 05.30.. duh gak jadi tiba di Solo masih gelap nih..

Finally..

Masuk terminal Tirtonadi jam 06.05, artinya datangnya lebih awal dari kereta Senja Utama Solo relasi Pasar Senen – Solo Balapan yang berangkat dari Pasar Senen pukul 22.00

Kurang dari sebelas jam, Pulogadung (PTC) ke Tirtonadi menurutku cukup cepat apalagi tidak lewat tol Cipali

Aku turun di terminal ini tak lupa ucapkan matur nuwun kepada bapak sopir yang ramah ini..
Kemudian aku menuju ruang tunggu pemberangkatan ke arah Jogja,menunggu bis ATB dari Surabaya.

Supertop, masih menawarkan kenyamanan maksimal, buat yang baru pertama merasakan tentu akan sedikit butuh waktu untuk menentukan PW alias Posisi Wuueanakk..niscaya kalo sudah PW pasti bobo pulas seperti aku..

So, maaf kalo ceritanya banyak tidurnya karena Supertop ini memang ‘Need For Sleep’

-sekian-

PO RAYA Supertop 2 :

Total 20 Seat (konfigurasi seat 2-1) , AC, Recloning Seat,Toilet, Non Audio/Video

Pulogadung (pool/garasi)  – Solo Tirtonadi Rp 290.000,- incl snack+servis makan gratis