Jajan Sego Abang Semanu




Ini cerita liburan 26 Desember 2015 kemarin..

Saat itu sang adik kepengen jajan sego abang di Semanu Gunung Kidul.

Dan memang kami merencanakan mengunjungi TEMPIK GUNDUL alias Tempat Piknik Gunung Kidul buat mengisi liburan,la TEMPIK GUNDUL kan buanyak..oke deh akhirnya destinasi tak tentu arah ini diputuskan mengunjungi Pantai Sepanjang.

Puas dari Pantai Sepanjang,nerusin niat makan siang sego abang di Semanu.

Kalo di peta, Semanu itu dari arah Wonosari menuju Pracimantoro, tapi kami ogah balik ke arah Pantai Baron baru kemudian menuju kota Wonosari,macet dab..

Jalan yang ditempuh yaitu menyusuri deretan pantai selatan menuju kecamatan Rongkop,memang agak memutar sih.

Alhasil setelah nikung kanan kiri tibalah di jalan utama Praci-Wonosari menuju Semanu.

Cuma ya memang susah kalo turing dadakan gini bareng sama orang yang gak bisa menikmati perjalanan,bawaanya nanyain “masih jauh gak..?”..”masih jauh gak..?” ...

Jreengg...

Akhirnya tibalah kami disebuah jembatan, 8 kilometer dari kota Wonosari, dan warung sego abang ada di samping jembatan ini.

Jujur saja,kami bukan korban share-share di medsos, karena warung sego abang ini sudah kami kenal belasan tahun lalu,karena almarhum bapakku dulu sering berkeliling seputar DIY untuk mencari nasabah bank,jadi beliau hapal destinasi kuliner nan menarik, tak hanya sego abang,tapi juga iwak codot pun beliau tau dimana mencarinya di pelosok Gunung Kidul ini.

Oke back to warung sego abang..

Nah yang baru aku tahu,nama warung ini adalah Pari Gogo, ini mengambil nama dari jenis padi.

Saat itu sudah pukul setengah tiga sore,tapi warung ini masih saja rame,karena kami ber- 2 mobil, maka diputuskan masuk ke dalam saja,dan ada lesehan yang kosong,udah di situ aja..

Nah giliran pesan menunya..

Ada menu paket, paket komplit seharga 290an ribu dan paket 1 seharga 274ribu, bedanya di paket komplit ada tempe garit (tempe goreng),paket ini untuk 5 orang. Ada lagi paket buat 3 orang,gak catet harganya sih..Bisa juga pesan satuan,kalo kira-kira Anda datang cuma berdua sama selingkuhan eh maksudnya sama pacar atau istri atau teman..

Lalu ada menu minuman,standar aja,kayak es teh,es jeruk,es kelapa muda,dsb

Kami ambil menu paket 1,dengan pertimbangan kalo beda tempe garit doang selisih hampir 30ribu itu gak worth it..

Paket 1 ini berisi 1 bakul sego abang,5 potong ayam goreng kampung, sepiring iso babat,sepiring daging empal bacem (daging sapi lembut), sayur daun pepaya,sayur lombok ijo, sepiring wader goreng,sepiring trancam (semacam urap)

                                               paket 1 : cukup buat 5 orang dewasa

Sedangkan menu sampingan yang disajikan ada belalang goreng,kacang mete,dan juga kepompong goreng.. Kata yang jual,kalo yang alergi kepompong goreng bisa biduran alias gatal-gatal..wah extreme food nih..

Saatnya makan..

Sego abang dipadu sayur daun pepaya,tambahkan sayur lombok ijo,dan lauknya itu loh..ayam goreng,iso babat,dan sepotong empal..kalo sampe bilang gak enak berarti ada yang salah dengan lidah Anda hahahaha...

Cuma aku rasan-rasan sama kakak, kalo orang Jakarta apa ya doyan makan sayur daun pepaya nan pahit ini,paling yang dimakan ayam gorengnya...hahahaha...

Lain lagi kesan adikku, tentang sego abang yang terbuat dari beras merah,katanya sih kok beda ya dengan rasa beras merah di warung ini ketika jaman dulu..ya entahlah..namun kata ibuku sih beras merah jaman sekarang sudah digiling halus,jadi ‘las’ – nya sudah tidak ada.. Oohh..

Kalo kesan aku, asal kita masuk kedalam warung,maka nuansa warung jadoel akan menyapa,dinding warung ini masih dari gedhek (anyaman bambu) meski kata ibuku,dulu atapnya gak setinggi ini,jadi sekarang sih udah gak ‘sumuk’, selain itu ada juga pengamen kekunoan dengan siter yang menyanyikan lagu-lagu jawa..cocok banget sama suasananya..

                                                  pengamen dengan siter..kekunoan tapi asiik..

Warung ini cukup luas,meski bangunan utamanya hanya segitu-gitu aja dari dulu,tapi sekarang rumah sebelahnya bisa dijadikan tempat makan juga kok,jadi kalo liburan gini meski yang datang uyuk-uyukan tapi jangan khawatir gak kebagian tempat.

Oke deh,saatnya membayar,saat itu total yang harus dibayar adalah 330ribuan, itu karena kami nambah 1 bakul nasi dan 1 piring sayur lombok ijo.

Soal mahal apa murah, kalo aku bilang ‘awis dab..’ .. ya mungkin warung ini sudah kayak selebritis,didatangi orang dari penjuru bumi,namun secara rasa racikan masakannya aku puas!!

                                                                foto: google

Setelah selesai,kami lanjut pulang ke Jogja, sori gak lewat Gading-Patuk, itu kan rute turis lokal yang GPS-nya terlalu textbook ,silahkan uyuk-uyukan kalo lewat situ, nah kalo tadi kami berangkat via Parangtritis-Panggang-Baron,maka pulangnya via Wonosari-Playen-Dlingo-Imogiri..pergi pulang bebas macet hihihii...

Oke,yang pengen ditemenin kesini bisa kontak aku, tapi aku ditraktir pake uangmu ya hehehe...

Semoga banyak yang kepengen...



-sekian-

Komentar

Postingan Populer