KULINER : Dul, bakul bakmi yang suka naik bis malam




Dul..

Begitu pelanggan memanggilnya..(meski aku tau itu bukan nama aslinya..)

Pedagang mie goreng/rebus,nasi goreng,kwetiaw,bihun goreng/rebus,ini tiap malam mangkal di samping lapangan tenis perumahan Puri Indah Kembangan.Kira-kira mulai jam setengah enam sore sampe jam 9 malam,kalo dagangan belum habis paling telat jam 21.30 dia pasti keluar perumahan.

                                                             Dul in action..

Aliran masakannya,bukan ala nasi goreng tek-tek,bukan pula ala bakmi jawa khas Gunung Kidul,tapi semacam mie Surabaya dengan modif sedikit,cirinya bawang putihnya digepuk,kalo aliran bakmi jawa Gunung Kidul kan bawang putihnya sudah cair. Kadang dari wajan penggorengan keluar api..wusss..itulah yang bikin ada rasa sangit-sangitnya..

Pelanggannya dari sopir,pembantu rumah tangga centil dengan logat medok,mahasiswa,sampe kalangan bos-bos bermobil mewah.Bisa kalian terka sendiri rasa masakannya kalo level juragan aja mau jajan di sini.

Harganya.. 12 ribu.. kadang 11 ribu kalo yang beli PRT dimakan sendiri bukan pesenan juragannya

Aku sudah lama gak makan nasi gorengnya,bukan tidak enak tapi porsinya itu loh bikin perut buncit..

Kalo perut makin buncit kan malu ketemu Chelsea,mosok belum nikah kok perutnya buncit hihihi...

Dul ini asli Kabupaten Sukoharjo,bis malam adalah salah satu topik yang sering kami perbincangkan,beliau ini kalo pulang kampung naik Aneka Jaya dari Palmerah,kalo ke Jakarta naik Sindoro Satria Mas, besok tanggal 23 Desember dan entah sampai kapan dia mau liburan akhir tahun, naik Agra Mas dari agen jembatan gantung Daan Mogot.. Woow..bakul bakmi aja piknik naik Agra Mas, koe numpak opo?

“biasane Aneka to Pak..?” tanyaku

“njajal mas..jare jam 12 wengi wis tekan Sukoharjo..iki we taripe mundhak 10 ewu,biasane 170 dadi 180,gak entuk dipesen,kudu bayar langsung..”

Bakul bakmi penikmat bis malam, dia salah satunya, di samping RS Siloam Kebon Jeruk ada juga Mas Jono masih kerabat jauh Dul, sama-sama bakul bakmi, namun mas Jono ini fanatik Tunggal Dara.

Aku gak bisa membayangkan apa reaksi mereka kalo menikmati servis makan bis malam yang rasanya campur aduk itu ,sedangkan mereka adalah pengolah cita rasa bakmi dan kawan-kawan...hahaha

Balik ke Dul lagi, kalo dia libur,bisa 3 minggu sampe 1 bulan gak dagang, karena istri dan anaknya kan di kampung. Nah kalo udah gini biasanya pelanggannya kelimpungan.

Lah piye jal, meski menurutku tidak istimewa banget rasanya,tapi nagih,bukan nagih utang,tapi nagih suasananya itu loh..


Ojo suwe-suwe prei ne Pak..pelangganmu pada kangen...

Komentar

Postingan Populer