Ramayana - Nusantara , Sebuah Cinta Antar Kota Antar Propinsi

 


Sudah kesekian kalinya,enggak tak terhitung aku menginjakkan kaki di terminal Jombor,sub terminal kecil yang berkembang pesat sejak semua bus AKAP tujuan Jogja-Semarang PP diwajibkan masuk sini,apalagi setelah ramai oleh agen bus malam, hampir tiap sore suasana selalu meriah..

Seperti juga hari ini, sekedar iseng mengisi waktu,kuarahkan broompitku ke Terminal Jombor..

Aku melihat dari kejauhan sebuah ruang tunggu penumpang,dan kutengok tempat itu,sedetik kemudian anganku melambung ke masa beberapa tahun silam yang masih segar dalam ingatan..…

Flashback

Sebuah cerita di akhir 2007,

Sore itu..

“tlg beliin tiket buat pul,yg stlh jam 1”begitu sms dari si non di hapeku.

Langsung kuberanjak menuju terminal Jombor,sampe sana gentian aku tanya

“mau Nusantara ato Ramayana?”tanyaku via telpon..dijawab diseberang sana “Nusantara”

Oke deh..karena esoknya aku juga mau berangkat ke Jakarta naik Ramayana dari Jombor,maka sengaja aku pilih patas Nusantara dengan jam keberangkatan jam 15.

Ini adalah pengalaman pertama naik Ramayana ke Jakarta,karena belum lama dipindah ke kantor pusat setelah selama 1.5 tahun bertugas di tanah Banten,Ciujung..

Si Non emang maunya naik Nusantara,apapun kondisinya selalu kembali ke Semarang naik Nusantara,padahal kalo rebutan seat di Giwangan gak tega ngeliatnya,harus berdesakan,sehingga akulah yang naik duluan buat ngebook seat,baru si Non nyusul naik setelah saat-saat chaos rebutan seat bus terlewati hehe..,kalo naik dari Jombor harus nambah ongkos taksi,tapi jaminan 90% dapat tiket, pernah ketika peak season gak dapet tiket,akhirnya terpaksa naik bumel yang sejujurnya dia terlalu cantik untuk berdesakan di bumel..anyway,saat itu aku belum tau yang namanya bismania,tak peduli apakah harus naik HINO ato Mercedes,harus naik bikinan Laksana ato terpaksa dengan Adi Putro

 

Keesokan harinya,

Kami berdua berangkat dari rumahku,sampai di Jombor ternyata 2 bis yang kami tunggu belum datang,sementara si non dapat jatah patas jam 16..

Lama menunggu,wajahnya berubah murung..

 

Putri..jangan menangis

Hapus air mata, di wajah cantikmu..

Putri,kepergianku tak akan lama..

Tahan rindumu

Putri,seandainya saja kubisa menghentikan waktu..

kuhentikan waktu..

(Jikustik,Pandangi Langit Malam Ini)

 

“aku cuma sehari di Jakarta,Non… begitu nyampe Jakarta,sorenya balik Jogja lagi trus cuti panjang ampe tahun baru”kataku menghiburnya..

Si non masih terdiam,entah apa yang dia pikirkan sore itu..

“haus ya?”tanyaku,dia menggeleng,tak lama aku dapatkan sebotol air minum 600ml,rasanya cukup buat melepas dahagaku siang itu,tapi..uppss..si non langsung nyerobot...ceguk-ceguk..weleh-weleh separuh dihabiskan..

 

Waktu bergulir..

15.30

15.45..

Akhirnya kulihat bus malam Ramayana AC masuk ke terminal Jombor,aku bersiap untuk segera menuju agen..

Kulihat si non masih aja diam seribu bahasa..

“aku berangkat dulu ya..”ucapku sambil mengelus rambut panjangnya..

“ya ati-ati..”pesannya..

Aku masih aja berdiri di depannya,menatap wajah cantiknya,

“..udah sana,ntar ketinggalan bis”katanya lembut

“..hmm..besok sore aku udah balik Jogja lagi..ntar aku ke Semarang aja”sekali lagi aku mencoba menghiburnya..

Aku pun bergegas ke agen Ramayana,dapat bangku baris kanan (maap nopol bus,karoseri,tipe mesin Mercedes gak aku catet, 2007 lum masuk BMC jadi enggak bisa detil kayak Ko Harry),kulihat dari kejauhan si non masih menunggu patas sendirian di ruang tunggu.Kemudian masuklah Patas Nusantara,kayaknya ini bis yang dia tunggu..dan benar si non langsung naik..

Ramayana berangkat meninggalkan Jombor,siap menyusuri jalan raya menuju Magelang.

Sampai depan kantor Ramayana Muntilan,bisku berhenti sebentar,sementara Nusantara si non terlihat melintas..

Memasuki wilayah Secang,sore itu hujan deras membasahi bumi,hari sudah mulai senja beranjak ke malam,lampu-lampu kendaraan pun sudah menyala..

Belum selesai membelah duren ..eitts..maksudnya membelah bukit Secang – Ambarawa ,tiba-tiba jalanan macet,huh apalagi nih..??

Lama tak bergerak..

Aku pun tertidur..ZZzzzZz..

Begitu bangun,masih posisi yang sama!!..Lama sekali tertahan di situ..sialan umpatku,alamat telat ngantor niyh..

19.38 dapat sms dari si non..”Nyampe mana?pk 19.30 br nyampe smrg hicks..”

“masih kena macet niyh”jawabku

19.55 masuk sms lagi bernada komplain..”jgn lupa maem..Udah bis kosong suruh nunggu bis kloter berikutnya..eh di ambarawa macet 1 jam ada tanah yg longsor”

Hwuaaduhh…pantes dari tadi gak bergerak..putus asa,pisuhan mulai keluar,kesal juga kenapa sopir gak puter lewat temanggung,tapi ya gimana,kan bus ini harus ambil penumpang di Ambarawa…huuhh...hatiku kesal...membayangkan sampe Jakarta siang hari,padahal besok cuma 12 jam aja di Jakarta..beruntung,si non terus menghiburku via sms..(thanks ya Non,kamu adalah salah satu mahluk halus terindah yang selalu mencoba mengerti diriku)

 

Pantura tepi pantai, 05.30 wib

Yup,udah sampai pantura..tapi kok slowly gini sih..piye to iki..Rama..Rama..apa panahmu bujel hingga tak sanggup menembus hati Shinta hingga akhirnya kamu letoy seperti ini….

 

Tol dalam kota 8.30wib

Aku bersiap untuk turun di pintu tol Kebon Jeruk,memasuki ruas tol Tomang-Kebon Jeruk,aku minta turun di pintu tol Kebon Jeruk aja..

Jawaban sopir mengejutkan..”mas,saya gak berani,nanti kena tilang” kata sopir

“Loh,itu kan halte pak,masuk aja,bayar tol cuma 1000 kok..”kataku berargumen

“gak berani mas,nanti,turun di Tangerang aja”kata driver

Hwuaaalaahh..jireh..aku pun kembali duduk bercampur jengkel..akhirnya aku turun di Cikokol,naksi balik ke Kebon Jeruk..

(Note : hingga kali ini tak pernah sekalipun naik Ramayana seri apapun ke Jakarta lagi,bukan dendam,tapi semata karena gak ada yang lewat dekat kosan.)

 

26 Desember 2007, pk 9.45 wib

Aku udah masuk kantor,ketemu sama temen-temen,aku bilang ntar sore pulang Jogja lagi,soale besok mau cuti sampai tahun baru.

 

Dan jawaban mereka mengejutkan..

“..,tau gitu kamu gak usah datang,dah titip absent aja ma kita daripada capek bolak balik gitu..”kata temenku..

Gubraaakk..

 

2008..

 

Sebuah hari di bulan Oktober 2008,

Lagi enak-enaknya bobo siang,tiba-tiba hape berdering..

“udah baca smsku??” tanya si Non..

“belum,baru banun tidur..”

“aku minta beliin tiket buat besok pagi” katanya..

Mak jenggirat,sekarang udah jam 16.30,waduh keburu gak yak ke Jombor??

Langsung cuci muka ganti baju,ku gaspol motorku menuju Jombor..

Sampai di agen patas Nusantara,untung masih buka,kupesan 1 tiket buat besok pagi..

Kelar pesen tiket,nyantai dulu di depan agen Lestari,sambil liat-liat bis yang tersisa sore itu..

 Belum puas liat bis,Sebuah sms masuk..

“mau maen ke rumah gak?Kl gak aku pergi sendiri.” Sms bernada kesal dari si Non membuat aku deg-degan..

Hwuaduuhh.lupakan bus-bus ini dan aku.bergegas balik ke rumah,untuk segera menjemput si Non dari rumahnya di kawasan kampung turis,Prawirotaman

 

 

 

And at present..

2021,

 

Waktu berlalu,tahun berganti..

Dan si Non pun telah pergi dari lingkaran hidupku,tak ada lagi romansa KKN (=Kisah Kasih Nyata)  dengan penggemar fanatik bus patas  Nusantara itu lagi, meski begitu  di relung hati tak mudah melupakan dirinya, tak mudah melupakan canda tawanya, tak mudah melupakan hangat kecupan dan pelukannya tatkala kami  bertemu melepas rindu ..

 

Yang tersisa

Rinai tawamu

Di sudut benakku..

Seperti kau,masih di sini

Larut di pelukku...

Engkau adalah yang terindah sepanjang hidupku

Duka meruak, kau tak pernah kembali....

 

 

 

 

Dan tiket Patas  Nusantara tanggal 4 Oktober 2008 itu adalah kenangan terakhirku memesan tiket buat si Non..

Ibarat bus jam terakhir,kali terakhir itulah aku melepasnya naik Nusantara…

Selama setahun lebih,alasan perpisahan ini harus menjadi misteri bagiku karena memang aku merasa tidak ada masalah yang pantas dijadikan sebuah alasan hingga menghancurkan semua mimpi indah kami,hingga akhirnya di hari terakhir tahun 2009 aku menemukan jawabannya kenapa dia keukeuh harus mengakhiri hubungan kami ini..

Maaf ya Non,kalo aku belum bisa membuatmu bahagia,sehingga asa kita harus terhenti sampai di sini…hicks..hicks…

Sungguh,sekali lagi rasa pedih ini menguak..sayaaaang sekali,kenapa kami harus berpisah ketika tinggal selangkah lagi ikatan cinta itu akan abadi..hicks..hicks…

Kutarik napas dalam,mencoba menepis semua kisah lama,semakin lama kuberusaha justru luka itu semakin lebar..

Aku masih sayang kamu Non..andai kita masih bisa bersama,masih ada waktu untuk memperbaiki semuanya,bilang sama ibu kalo aku mau melamarmu..kira-kira begitulah sebait rayuan di saat-saat terakhir aku bertemu dengannya di rumah tanteku di Tlogosari,Semarang ,setelah sebelumnya kutunjukkan  sms bernada setengah khawatir dari ibunda si Non,

“mas,segera hadap ke Romo aja,bilang mau nikah” begitu saran ibundanya agar kami segera datang ke kantor Paroki Gereja Hati Kudus Yesus , Pugeran , untuk membahas pernikahan kami.

Meski lampu hijau tanda boleh ngeblong (=bc:merid) sudah diberikan oleh kedua orang tua kami namun sayang pernikahan kami enggak bakal terwujud….Ambyaaarr…

 

 

Pintaku..Jangan dulu berpisah

Kenanglah saat cinta merekah..

Harapku..Jangan dulu menyerah

Sebelum sesal nanti terlambat sudah

Berbisik Nurani.. 

(Prahara,by KLa Project album Klasik,2005)

 

 

 

 

Dan sore ini, kurasakan hembusan lembut angin  menerpa  wajahku, sepoinya sedikit bercampur dengan bau solar..

Nanar kupandang ruang tunggu terminal Jombor itu,rasa sesak kehilangan si Non masih ada,apalagi per bagian episode kisah kami tak mudah untuk menghapusnya dari memori,meski tak sesedih dulu lagi karena semua ini ada hikmahnya untuk menjalani hidup lebih baik lagi..meski tanpa dirinya lagi

Kutahan agar aku tak terlalu terbawa perasaan sedih,

 kutahan agar mataku tak berkaca..

 

berjalan hidupku tanpamu

hidupku tanpamu..

di bait pertama..

(Sheila On 7, Bait Pertama, 2011)

 

 

Tiba-tiba hapeku berbunyi..

suara lembut seorang mahluk halus yang sangat aku kenal menyapaku yang sedang tertegun beberapa detik memandang ruang tunggu di sudut terminal Jombor ini

“mas,kamu lagi dimana”

”mas..” sapanya terulang

”iya..” jawabku...

Lalu kami pun sejenak tenggelam dalam obrolan diselingi deru bis malam yang mulai masuk ke Jombor

Kini dialah yang kini mengisi sebuah relung di hatiku dengan sebentuk cinta, menggantikan si Non yang telah pergi entah kemana.

Tak lama aku pun segera bergegas pulang... meninggalkan sebuah lembaran lama kisah di ruang tunggu samping halte TranJogja di Jombor, aku menoleh ke ruang tunggu,dan terbayang senyuman si Non yang dulu, dengan wajah cantik orientalnya dan rambut lurus nan panjang tersenyum padaku….good bye my (past)love,semoga engkau bahagia dengan pilihan hidupmu..

 

And her would be always be there

Would be always be there…(Sheila on 7, Ibu Linda, album Menentukan Arah 2008)

 

(TAMAT)

Komentar

  1. 😭saya terharu baca nya🙄
    Udh 2021 anak saya sudah 3,tp uncle pon masih blm nikah juga 😁

    BalasHapus
  2. mantap mas kiperpon.. salah satu legenda milis bismania yahoogroups
    semoga selalu diberi kesehatan dan tetap menulis mas hehehe

    BalasHapus
  3. AYOPOKER | Situs Judi Poker Online Terbaik | Agen Judi Terbesar, Terlengkap Dan Terpercaya

    Bingung cari Bandar judi yang Terpecaya ?
    Bingung cari Situs Judi dengan Persentase kemenangan terbaik ?

    Daftar sekarang di AYOPOKER
    Agen Judi Terbesar, Terlengkap Dan Terpercaya
    Agen dengan penarikan uang kemenangan terbaik
    Situs Judi dengan Persentase kemenangan terbaik ?

    menang berapapun pasti di bayar !!!
    Proses Depo / WD Hitungan menit , Terbaik dan Tercepat .

    Bonus Turn over mingguan 0.5%
    BONUS REFFERAL 0.3%

    Tersedia game

    ~ IDNPOKER
    ~ DOMINOQQ
    ~ CEME
    ~ CEME KELILING
    ~ CAPSA SUSUN
    ~ SUPER 10
    ~ OMAHA
    ~ BLACKJACK
    ~ SUPERBULL
    ~ QQ-SPIRIT

    Tersedia deposit Via Bank
    ~ BRI ~ BNI ~ DANAMON ~ BCA ~ MANDIRI

    Contact Us :
    WA : +6281394884257

    Link Alternatif AYOPOKER
    https://167.99.151.141/

    BalasHapus
  4. Piye Kabare Lek? Stay nang ndi saiki?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer