KULINER : Jajal Sop Buntut Khas RM Gayatri Wonosobo


KULINER : Jajal Sop Buntut Khas RM Gayatri Wonosobo

Jalur Wonosobo – Magelang via Kertek – Kledung menyimpan panorama menawan. Diapit 2 gunung, Sumbing dan Sindoro akan memanjakan mata bagi yang jarang lewat kesana. Kalo yang sering lewat mungkin sudah terbiasa.

Di daerah sekitar Kledung Pass, beberapa rumah makan menawarkan menu istimewa dengan harga terjangkau, juga ada sebuah rest area ,bener-bener rest area bukan SPBU yang merangkap rest area, menawarkan pemandangan menawan.

Oke, kali ini saya akan mengulas satu menu rumah makan yang berada di sekitar Kledung, yaitu sop buntut khas Rumah Makan Gayatri.

Sudah beberapa tahun lalu,saya tahu, RM Gayatri adalah tempat perhentian bus patas Nusantara jurusan Purwokerto – Semarang PP.

Dan katanya lagi,salah satu yang jadi bahan perbincangan adalah menu sop buntutnya cukup istimewa.

Dan ..’katanya’ ini berlangsung bertahun-tahun tanpa sekalipun aku membuktikannya,la wong  naik patas Nusantara lewat situ aja gak pernah,kalo lagi solo touring lewat situ juga jarang mampir.

Dan baru hari Minggu 13 Maret 2016 kemarin berkesempatan naik bus Patas Nusantara dari terminal Terboyo Semarang tujuan ke Purwokerto, berangkat dari terminal Terboyo jam 07.00

Siang itu jam 10, sudah tiba di RM Gayatri.

Rumah Makan Gayatri terletak di sebelah kiri jalan jika kita datang dari arah Magelang/Temanggung, kira-kira 5 menit saja dari Kledung Pass menggunakan kendaraan pribadi.

Bus Patas Nusantara tidak menyediakan servis makan gratis,jadi yang mau makan ya bayar sendiri.

Aku menuju kasir dan menanyakan apakah sop buntut sudah tersedia

“Ada mas..”
“satu porsi berapa?”
“Duapuluh Lima ribu”
“oke pesan 2”

Partner turingku memang agak sensitif soal harga,meski dia juga sudah bertahun-tahun ngidam sop buntut RM Gayatri. Malah dia bilang kalo seporsi 30 ribu gak jadi beli padahal sop buntut idaman dia sudah di depan lidah eh mata...

Wah kalo saya mumpung sampe sini mau 25 ribu ,30 ribu , 35 ribu tetep tak beli..kan jarang mampir ke RM Gayatri ketimbang penasaran hehehe...

Oya jika Anda pengen menikmati menu sop buntut di RM Gayatri kala menggunakan jasa bus patas PO Nusantara,maka sebaiknya pilih jam keberangkatan yang kedua, karena jika ikut yang jam pemberangkatan pertama dari Purwokerto atau dari Semarang kemungkinan ketika tiba di RM Gayatri maka menu sop buntut belum masak.

 Hal ini pernah dialami partner turingku ketika turing bersama pacarnya naik bus Nusantara, gagal jajal sop buntut karena datang kepagian hehehe..

Back to resto, kami duduk di sebuah meja bundar di pojok ruangan,sayang di sini view-nya tak seindah di RM Kledung Pass yang juga jadi RM favorit saya,di situ bisa menikmati lereng gunung Sumbing.

Kemudian kami mengambil nasi putih,secara prasmanan,ambil secukupnya saja.

Tak lama seorang ibu mengantarkan pesanan kami, 2 porsi sop buntut dan secawan sambal kecap.

“Bu,tolong difotoin sebentar” kata partner turingku

..Cekreek...

Sebuah bukti otentik telah tercipta.. No pict hoax kata netizen kekinian



Saatnya menikmati menu sop buntut..

Diluar ekspetasi kami,ternyata porsinya cukup banyak, tiga potong daging dalam satu mangkuk,artinya kami tadi terlalu sedikit mengambil nasi hehehe..

Dalam satu wadah,terdapat juga irisan kentang dan wortel,taburan bawang goreng dan seledri.

                                                                 ini diaaa...

Oke deh..pertama dicicipi kuahnya.. hmmm...segerr.. enak pemirsa..cocok deh dengan suasana pegunungan yang sejuk ini.

Cobain dengan sedikit sambal kecap (karena aslinya aku gak seneng pedes hehe..).. hmm..masih moderat kok,maksudnya gak pedes banget sih, tapi  kalo yang makan pacar saya tentunya kurang pedas bagi dia..

Sekarang giliran menikmati isi yang sebenarnya..potongan daging yang masih melekat di tulang, diiris pun tidak alot,dikunyah juga tidak alot...enak pemirsa...

Sebetulnya saya bukan mania sop buntut,tapi merasakan sop buntut ini sudah cukup puas bagi lidah saya.. pokok’nya enak pemirsa... hihihi...

Sebentar saja, sudah habis,tiga potong daging sudah ludes..kurang ya? Pas sih...dan rasanya memang nagih..

Tak heran kalo di luar sana pada bilang “sop buntutnya Gayatri katanya enak”

Dan saya buktikan bukan ‘katanya’ lagi..sop buntut RM Gayatri pancen enak pemirsa...!!

Semoga Kepengen..

-          - Sekian  -

::perhatian : jika setelah membaca artikel ini,kemudian Anda ngiler,penasaran,ngidam sop buntut RM Gayatri sampe kebawa mimpi,jelas bukan tanggung jawab penulis...

Tarif :
-Sop Buntut komplit nasi putih + teh manis hangat : Rp 25.000,-
- bus Patas Nusantara Semarang-Purwokerto : Rp 65.000,-



Salam dari Jogja Istimewa

Komentar

Postingan Populer