Jejak-Jejak Jumbo


KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : SHD

“Jejak – Jejak Jumbo”

Sebuah catatan perjalanan


“peno balik kapan..?” tanyaku
“sik..durung pasti nek ora kemis yo jumat..” jawabnya
“jumat ae ya..tak cuti ben iso bareng peno”

Sebaris dua baris chat dengan mas Harry Budi Wijaya alias Ko Hari alias Ko Jumbo alias Bakoel Wedang di siang itu menjadi jejak awal kisah ini.

Yuppzz..Ko Jumbo segera akan mengakhiri  tugasnya di Jakarta, ini kali kedua dia bertugas agak lama di Jakarta. Karena pada saat tugas terdahulu aku belum sempat turing ngetan bersama,maka inilah saatnya.

As u know, kalo short trip sih kami sering melakukannya,naik dari timur ke Jakarta juga sudah kelakon bareng naik bis gaul Agra Mas BM055, justru yang long trip bareng ke timur aku belum pernah melakukannya. Dulu sih pernah beriringan dengan bus RAYA,namun beda kasta eh beda bus,aku naik supertop,dia naik executive.

Dan akhirnya, sengaja aku datang ke kotamu..haiiss malah nyanyi..sengaja aku cuti di hari Jumat,demi bisa long trip ke timur bareng Ko Jumbo sekalian kepo ngapain aja saja dia kalo perjalanan jauh.

Sebuah bus Gunung Harta SHD , tiba-tiba diajukan sebagai target utama. Seri H Executive Jurusan Bogor-Ponorogo yang baru akan di launching perdana ini belum banyak yang tau. Kebetulan Gunung Harta SHD jurusan Bogor-Surabaya-Malang sudah pernah dinaikin mas Edhi dan mas Adit, dan menurut ko Jumbo ongkos pulang akan lebih hemat jika naik yang jurusan Ponorogo,toh sama-sama Mercedes Benz O500R bukan?

Minggu siang 31 Januari 2016, aku meluncur ke agen Gunung Harta Pasar Rebo,belum pernah kesana sih,tapi lokasinya tak jauh dari tem-teman Primajasa.

Tiba di sana langsung ke loket, pesen jurusan Ponorogo Executive untuk 2 orang

“Ponorogo adanya VIP mas..” kata mbaknya
Loh belum tau ya ada executive,maklum hari ini jalan perdana dari Madiun
“seri H mbak..” kataku

Trus mbaknya nelpon entah kemana,baru tau dia ada jurusan Ponorogo Executive Class.

“seat 3A-B ya mas..totalnya 440ribu ..” katanya
“ok..saya bayar 300ribu dulu”

Cekreek.. foto tiket langsung aku kirim via chat dengan Ko Jumbo,namun dia berkata kalo kemungkinan setelah Imlek kembali lagi ke Jakarta,artinya belum akan bawa barang banyak.


                                                        tiket

Satu hari sebelum keberangkatan, ternyata ada teman kami di BisMania Community yang kemungkinan besar akan satu bus dengan kami,yaitu om Rully yang akan mudik ke Ponorogo naik Gunung Harta..wah kejutan aja deh,gak usah ngasih tau dulu hehehe..


5 Februari 2016

Dan hari Jumat pagi aku menikmati cuti,malah mati gaya pagi-pagi gak ada kerjaan. Setelah kelar packing aku tiduran sebentar.

Jam 11.30 aku meninggalkan kos sekitar jalan Panjang menuju Pasar Rebo,ogah naik Tran Jakarta karena kudu muter-muter,mending naik bus Merak-Kampung Rambutan sepuluh ribu perak.

“pon udah sampe mana..?” tanya Ko Jumbo via chat
“hoaamm..tangi turu koh..jam piro iki..?” jawabku iseng

Langsung dia misuh-misuh karena kami janjian jam 11 udah start dari tempat masing-masing,padahal saat itu aku udah di dalam bus Armada Jaya Perkasa seat 2-2 AC.

Sekali-kali ngerjain temen lah biar seru hihihi...

Waktu menunjukkan jam 12 siang..

“numpak  gojek ae..”
Rupanya dia khawatir aku gak nguber waktu ,karena penumpang Gunung Harta seri H wajib kumpul di pool jam 13.30

Jam 13.20 aku sudah tiba di Kampung Rambutan,lanjut naik ojek ke agen Gunung Harta

“Pon..nangdi we..”
“macet nang Semanggi nih,gak bisa turun nyari ojek” , padahal aku sudah otewe ojek ke agen Gunung Harta hihihi...
“buruan napa seh..” jawabnya rada  P4N1C hihihi..

Baru setelah aku menampakkan muka di agen, Ko Jumbo cengengesan..

“Pon,bosku mendadak nelpon,aku suruh balik Surabaya dulu,ini aku bawa koper gede ..”

OoooOOohh..ternyata bener dia jadi di embargo balik Jawa Timur ..

Memang bener ini dari awal aku kasi judul Jejak-Jejak Jumbo,anggap saja aku ini nginthil apa yang akan dikerjakan Ko Jumbo sehari semalam ini,dan cerita dia mendadak diembargo cukup menarik ternyata hahaha...la wong ora siap mulih ..

                                                 suasana pool Pasar Rebo

“ayo golek Sinar Garut sik” ajaknya

Memang dia ngidam es Sinar Garut, es campur bikinan orang Garut yang dijual di Jakarta membuatnya ketagihan dan kuliner ini belum sempat dia cicipi lagi sedjak dia tiba di Jakarta sampe siang ini menjelang pulang ke Jawa Timur. Sampean yang sering hunting lampu dim di sekitar sini pasti paham mana ada es Sinar Garut di sekitar Pasar Rebo,kalo bus jurusan Garut sih banyak yang lewat..

Dan sia-sialah kami mencari Sinar Garut siang itu.

Kami pun akhirnya menikmati es kelapa muda saja di depan agen,sembari membungkus  batagor untuk bekal perjalanan. Sementara om Rully dan keluarganya belum nampak di agen.

 Mendekati jam 2 siang ,kami duduk duduk di agen..dan Om Rully njedul,kagetlah beliau karena kami ada di situ.

“seat nomer berapa..?”
“3C-D “ jawabnya
“wah jejer Rull...”

Memang sih arek-arek BisMania Community ada di mana-mana,apalagi kalo hari Jumat tidak jarang ketemu di perjalanan,ndilalah om Rully satu deret denganku meski kami tak janjian dulu.

“Rull, Imlek tahun kapan bareng sama lu,besoknya rumah gw kebanjiran,sekarang hampir Imlek bareng lagi..” kata Ko Jumbo.

Ternyata hadir juga di situ bro Enda Darata juga om Wisnu Wibowo, jadilah kopdar kecil-kecilan di agen,ditambah lagi om Wandoyo yang mau ke Malang,karena waktu mepet beliau janjian nanti ketemu di RM Tamansari.

Oh ya tentang RM Tamansari Cipali,aku belum pernah mampir,dan kali ini saatnya menikmati menu makan dan suasana di sana.

Jam 14.35 datanglah yang ditunggu, Gunung Harta SHD Mercedes Benz O500R, dengan bodi Adiputro,mirip sama Agra Mas BM055 tempo hari yang aku naikin,namun Gunung Harta ini meniadakan sekat antara pengemudi dengan penumpang dan dilengkapi smoking area single seat di belakang.



Dan karena kami bukan penumpang biasane ,foto-foto dulu dengan busnya.

                                           kopdar mini dadakan

Juga baru tau,bagasi SHD ini muat mengangkut sepeda motor,kebetulan ada penumpang membawa motor dimasukkan bagasi bawah,pada bis ‘model konvensional’ ,kalo angkut motor harus dinaikin di kabin dan diikat ke kursi, namun apakah di SHD ini tetap harus mengkosongkan bensin,aku gak tahu,logikanya sih ya tangki bensin harus kosong,meminimalisir resiko.





Hampir jam 3 sore bus diberangkatkan. Jalan mulai padat menjelang simpang Cikunir. Lalu exit tol Bekasi Timur, nah di sekitar sini pasti banyak yang hunting bus,tiap kali ada ‘maniak’ yang motret pake kamera kami berdua dadah-dadah hihihii..

Di agen Bulak Kapal beberapa penumpang naik,sebentar saja di sini lalu masuk tol kembali.

                                                        agen Bulak Kapal

Dan Ko Jumbo mulai lapar,diambillah snack servisan dari Gunung Harta,masih kurang kemudian dibukanya roti pemberian om Rully.. *kata Ko Jumbo sih kalo om Rully naik bismalam suka bawa roti banyak banget,dan terbukti nih,sampe penumpang sebelah juga dibagiin ..matur nuwun om..

                                                     snack

di rest area KM 19,berhenti nyolar dulu..



Menjelang gerbang tol Cikopo,hujan mulai turun, turun terus hujannya sampe masuk rest area dimana tempat tersebut terdapat Rumah Makan Tamansari (duh tertib banget bahasanya).. wah becek-becek’an nih..

Kru memberitahukan penumpang,bahwa bus akan beristirahat dan penumpang dipersilahkan menikmati servis makan.

Muter sebentar nyari tempat parkir,di sini sudah rame bus malam parkir, Harapan Jaya,Maju Lancar,Tunggal Dara,Gunung Harta wes pokoknya keramaian Tamansari pantura sudah pindah kesini.

Aku dan Ko Jumbo menuju bangunan utama RM Tamansari..arsitekturnya lumayan buat ukuran penumpang bus malam..setelah tolah-toleh akhirnya ketemu juga meja saji untuk penumpang bus Gunung Harta..dan di ujung terdapat ayam goreng tanpa penjaga,kelar ambil nasi sama temannya mau ambil ayam..Aku tau Ko Jumbo mau ambil ayam 2 potong atau lebih,pas dia sampe depan tempat ayam disajikan,datanglah petugas...Aaaarrghhh... gagal deh ambil ayam 2 potong

“asssyyeeemmm...” katanya
“hahaha..telat koe Koh..”

Menu servis makan RM Taman Sari ini standar saja,dan rasanya pun biasa saja, dengan bihun,dan ayam goreng ukuran sedang serta segelas teh hangat. Dan menu sayur+bihun+ayam goreng ini banyak disajikan untuk penumpang bus malam dari berbagai rumah makan,kalo dibilang bosen sih iya,kebetulan aku makannya tak terlalu banyak juga sih,beda dengan partner turing koalisi kali ini,secara ‘ukuran tangki’ juga beda hahahaha...

                                                  menu standar ajah..

Kami ambil posisi tidak terlalu ke pinggir,yang penting cukuplah view ke jalan tol dan beberapa busmalam yang telah diberangkatkan pun terlihat jelas,salah satunya adalah Maju Lancar seri W yang belum sempat aku kencani kali kedua.

Menu pertama selesai,aku sambung dengan batagor..lah kenyang binggo gara-gara batagor ini.Sementara Ko Jumbo hanya makan sedikit batagor,sisanya buat nanti malam di perjalanan.Nah terbukti memang dia lebih boros solarnya hahaha...

                                            suasana RM Taman Sari Cipali

Selesai makan nyamperin om Rully dan keluarganya,yang juga sudah selesai makan. 
Setelah dari toilet aku kembali ke dalam bus karena sudah ada panggilan kembali untuk diberangkatkan.

Kebetulan saat itu gerimis makin ‘rengket’ , juga parkiran yang penuh bis,gagal deh motret view RM Taman Sari Cipali ini..

Bus kembali dijalankan. Hari sudah beranjak dari senja menuju malam,sementara gerimis berubah menjadi hujan deras,sesekali terdengar guntur dari langit. Namun gak usah khawatir kedinginan,karena di bus ini tersedia selimut,cukuplah untuk menghangatkan badan dari semburan AC,kalo masih kurang hangat ya peluk aja penumpang sebelahmu hahahaaha sori bukan itu maksudnya,kalo masih kedinginan ya besok lagi ga usah naik bus pake AC hahhaha...


Dan seperti biasa kalo turing bareng Ko Jumbo,gojek kere selalu jadi menu standar...yah semacam gajul-gajulan di atas bis hihihii...

Masuk tol Palikanci hujan  tambah deras.

Meski tak leluasa memandang ke depan karena aku di baris ketiga,tapi kalo dipaksain masih bisa lihat jalan di depan,berbeda dengan AGRA Mas SHD BM055 dengan model yang sama,lebih susah melihat ke depan walau di hotseat karena ada sekat antara pengemudi dengan penumpang.

Sebelum keluar tol aku sudah tidur..

Bangun lagi sudah di wilayah Brebes..

Masih di belakang Gunung Harta SHD jurusan Surabaya-Malang

Melintas kota Tegal masih beriringan dengan kembarannya.

Terkantuk-kantuk terbuai air suspension bawaan O500R .. dan bawaan driver yang halus tapi tidak pelan kayak keong, kalo soal speed, masih kencengan ini dikit deh ketimbang AGRA Mas SHD BM055 (KiPerPon : Berburu AGRA Mas SHD),meski juga tidak sekencang bis Cirebonan ataupun Muriaan.,ga masalah karena saya suka karakter begini yang klenyer-klenyer,kalo mau ngebut sono tuh ikut F1 ..hihihihi...

ZZzz..tidur

Hari hampir berganti saat masuk RM Sari Rasa, tengah malam gini rame juga,waktunya bis malam arah Jawa Timur berdatangan. Aku turun,membangunkan Ko Hari yang masih terkantuk-kantuk.  Beli kopi secangkir,yang jual lumayan cakep,tapi walau cakep jangan coba-coba beli tanpa bayar yah,kasian mbaknya ntar nombok gak bisa beli make up..wkwkw..

Dan kini hari sudah berganti Sabtu 6 Februari 2016

                                        istirahat di RM Sari Rasa Gringsing

Lewat tengah malam, Gunung Harta diberangkatkan kembali,waktu sekitar jam 00.15

Tak lama aku pun melanjutkan tidur,perjalanan masih jauh, memang aku membeli tiket jurusan Ponorogo seharga 220ribu perak, namun tergantung situasi apakah akan turun di terminal Tirtonadi Solo ataukah di Madiun,masih belum pasti.

Masuk tol Krapyak,hanya melirik sebentar,masih terlalu pagi di sini. Gunung Harta jos tol langsung menuju Bawen kemudian lanjut ke Salatiga.

Jam 02.30 sudah tiba di Kartosuro,beberapa penumpang turun dekat bundaran tugu Kartosuro.

Terlihat sepeda motor yang di bagasi juga diturunkan di sini,malahada juga penumpang bertujuan Jogja yang mau oper bis bumelan dari sini.

“jam nanggung koh..” kataku kepada Ko Hari.

Memang kalo jam 02.30 tiba di Jogja masih jam 04 -04.30 , namun untuk melanjutkan ke timur juga nanggung juga karena bakal baliknya ke barat kesiangan...piye jal...

Akhirnya aku pilih bablas ke timur entah sampai Madiun atau enggak.

Masuk terminal Tirtonadi belum jam 3 pagi,bablas ngetan...tidur lagi..

Menjelang Ngawi,ko Hari mulai kasak-kusuk, dia akan oper EKA saja,melanjutkan ke Mojoagung.

“nek ana EKA nang DUTA aku tak mudhun..” katanya
“peno mudhun Ngawi Lama ae,mbalik Solo..” sambungnya

Wah la piye ki..bikin cerita Jejak-Jejak Jumbo malah kehilangan jejak hahaha...

Dan bener,Ko Hari pamitan mau turun di DUTA kulon,mau lanjut naik EKA,koper sudah bergeser maju,dan sudah siap turun.

“Pak,aku mudhun DUTA..” katanya kepada kru..

Oke deh sampai jumpa next trip..sementara Om Rully masih bobo nyenyak,kalo beliau sih masih jauh,turun Ponorogo.

Eh ndilalah di DUTA kulon tak ada EKA yang beristirahat...Dan Ko Hari batal turun

“gak ono EKA..mudhun Madiun ae lah..” katanya

Berdasarkan pertimbangan hari Senin adalah hari libur Imlek dan ini tanggal muda,maka aku tidak bisa mengantar hingga tujuan akhir Ko  Hari, maklum kalo long weekend atau weekend tanggal muda,bis dari Surabaya tujuan Jogja pasti full seat,dari sono udah royokan..

“Aku mudhun Ngawi Lama ae Koh..” kataku..

Dan tak sampai 15 menit aku berpamitan kepada Ko Hari dan Om Rully

Hujan baru saja reda menyisakan jejak air di aspal saat aku turun  di (terminal) Ngawi Lama, waktu menunjukkan pukul 05.10

Gunung Harta SHD langsung belok kanan meninggalkan kenangan cerita Jejak-Jejak Jumbo..

Sekumpulan ojek dan tukang becak menghampiriku..

“ojek mas..”
“becak mas..”
“Mboten Pak, badhe teng Solo..” jawabku sopan
“Wooooo...kebablasan toooo...???? “ teriak mereka

Hihihi...biarin aja dikira ketiduran apa kebabalasan,la wong sengaja turun sini balik Solo lagi.

                                                   pagi di Ngawi lama

Aku menyeberang jalan menunggu bus ATB atau Patas ke Jogja,berharap Sugeng Rahayu Patas bisa membawaku kembali ke Solo lanjut Jogja.

Namun EKA lah yang pertama datang tak berhenti...

Kemudian MIRA ATB datang,aku cuekin..

Limabelas menit jelang pukul 6 pagi,muncullah Sumber Selamat ATB,aku naik..

Saat diatas..alamak...la kok malah upacara... huuuhhh...

Bener juga dugaanku, fullseat dari wetan, kenikmatan seat Aldilla ber-air suspensionlangsung anti klimaks..

Ternyata ‘penderitaan’ ku tak lama, setelah RM DUTA aku berhasil mengeksekusi 1 tempat duduk..

Tidur pun dilanjutkan...

Bla..bla...

Tiba di Jogja jam 10 siang..matahari sudah terik...

Aku masih menunggu operan Tran Jogja jalur 2B di halte Ngabean

“aku wes sampe omah” sebuah pesan dari Ko Jumbo

Loh malah duluan dia sampe omah...hahahaha

Jelang jam 11 siang aku sudah sampe rumah..

Usai sudah Jejak-Jejak Jumbo kali ini..

Puas rasanya setelah rasa ‘kepo’ terjawab..

Jejak-Jejak Jumbo.. kalo ada waktu pas lagi boleh deh dibikin sekuelnya...


-sekian-

Gunung Harta seri H  executive class : Bogor-Jakarta (Pasar Rebo)- Ponorogo
tarif jurusan Jawa Tengah : Rp 200.000,-
tarif jurusan Jawa Timur : Rp 220.000,-
(include snack+servis makan 1x)


Salam,


Ponirin Hendi

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer