Sepuluh Tahun Bersama PO Sumber Alam


Sik..sik..

Numpak bis 10 tahun..??

Emang kemana tuh, 10 taun gak nyampe-nyampe..??

Ndhasmuuu... ini bukan naik bis selama 10 tahun.




Jadi awal mula jadi penumpang PO Sumber Alam ini gak disengaja, kalo bisnya sih sudah pernah lihat sebelum jadi pelanggannya.

Kisahnya diawali tahun 2005, saat itu lagi merantau ke Ciujung, dan kebetulan masih kecanduan sepur,kalo mau balik Jogja disempatkan naik motor dulu Ciujung-Jakarta, lalu baru ke Stasiun Pasar Senen.

Ketika suatu akhir pekan,aku tidak pulang,dan berkeliling sekitar kos, ada deretan kios agen bis malam dekat pertigaan Ciujung, salah satunya agen PO Sumber Alam jurusan akhir ke Jogjakarta, langsung puter balik, tanya jam keberangkatan dan harga tiket.

Waktu itu, yang tersedia hanya 2 kelas, Executive Class (di bodinya tertulis begitu) AC seat 2-2 Toilet dan Bisnis RS alias Patas non AC. Untuk yang Executive Class (belakangan ini lebih pantes disebut VIP) Merak/Ciujung - Jogja masih seharga 120ribu dan Bisnis RS (seat 2-2 non AC) rute yang sama seharga 90 ribu, berangkat jam 3 sore..

                                        


Woow... daripada susah payah naik motor nembus kemacetan sepanjang Balaraja-Cikupa-Daan Mogot,mendingan naik ini aja buat pulang Jogja tiap 2 mingguan.

Dan mulailah berteman dengan PO Sumber Alam,dengan suka dukanya.

Hampir 2 tahun hidup di Ciujung,kemudian balik Jakarta, nyari lagi agen bis PO Sumber Alam, dan paling dekat ya di terminal Grogol, dengan pemilik agen Mas Miun, dari sini berangkat jam 6 sore paling akhir.. Cukup mepet waktunya kalo dijangkau dari kantorku yang waktu itu seputar Palmerah.

Untuk arus mudik dan balik lebaran sudah beberapakali aku menggunakan jasa PO Sumber Alam,itu karena kenaikan tarifnya tidak sampai 100%, dibumbui dengan rebutan tempat duduk melawan calo,hingga yang terakhir tahun 2015 ini dapat bus yang ‘sudah tua’ (bisa dibaca di KiPerPon: Prajurit Tua)


                                   

Perjalanan pun berlanjut,kini aku bekerja di sekitar Cengkareng,kebetulan dekat dengan terminal Rawa Buaya, dari sini pun lebih mudah untuk starting point,namun belakangan agen Sumber Alam tidak terlalu niat jual tiketnya,malah nawarin PO lain,ya udah aku pindah ke agen Sumber Alam Cengkareng.


                                   


Untuk keberangkatan dari timur hampir selalu memesan dari agen Gamping dengan Mas Kus sebagai punggawanya, sesekali saja naik dari agen Dongkelan. Sering juga menggunakan Patas Pagi, namun kini Patas Pagi start jam 5 dari Terminal Giwangan, agen Gamping pun males jual tiket patas pagi karena “nek penumpang mung siji loro,aku yo melu tangi isuk,mending ngeloni bojoku..” Hahaha...


                                     


Akhirnya kalo mau naik Patas Pagi, ngalahin ke Pool Sumber Alam Kutoarjo, yah nambah ongkos tapi lebih baik ketimbang ke Giwangan soalnya malah lebih gampang ke Kutoarjo kalo dari rumahku.


                                      


Kesan tentang armada ?

Harus diakui, armada Sumber Alam masih banyak keluaran tahun 2000 ke bawah,mayoritas berkaroseri Laksana. Kini sedikit demi sedikit mulai peremajaan. Namun buatku, hampir setiap musim mudik malah hunting bus yang aneh dan tua, jarang ngelen,karena yang seperti itu cukup langka ditemui di hari biasa.

Kalo ditanya soal mogok mesin? Hehehe... gak Cuma sekali dua kali ngalamin,walau gak sering juga sih..pernah dari Jakarta karena bis mogok dan hanya ada satu bis dibelakangnya,maka harus rela berdiri hingga Ajibarang..


                                        


Uniknya PO Sumber Alam, kalo 1 bis mogok,yang lain juga ikut nemenin, mungkin buat para penumpang yang bisnya tidak mogok akan menggerutu apalagi kalo diburu waktu ya wajarlah penumpang ikut senewen ,tapi buat kru itu penting untuk solidaritas sesama kru Sumber Alam, toh yang namanya storing gak bisa diduga kapan terjadi,dan gak semua bisa ditanganin sendiri.


                                        


PO Sumber Alam pernah dinobatkan sebagai PO Terbaik versi Departemen Perhubungan di tahun 2007, salut deh, paling tidak bisa bilang..”pilihanku ora salah to..”


                                      


Trus tentang rumah makannya,jujur saja aku merasa tidak cocok dengan RM Dodi Jaya,namun sekarang dengan adanya tol Cipali, belum pernah lagi naik Sumber Alam berhenti di situ, berbeda dengan RM Sumber Alam Cikawung Ajibarang, menunya mak nyuss, mbak-mbak pelayannya juga ehm.. aku aja naksir mbak yang mirip Chelsea Islan..duh jadi kangen kesana lagi nih..


                                         


Rumah Makan lainnya yang sering jadi ‘ampiran’ bus Sumber Alam jika arah ke Jakarta adalah RM Pinggir Kali Sumpiuh, RM  Bale Raos (dulu namanya RM Kecila) Kabupaten Banyumas, juga RM Sumber Alam desa Ngandong Kutoarjo (pas arus balik 2015 mampir makan di sini), untuk yang ke arah Jogja yaitu RM Taman Selera Cikamurang, RM Sumber Alam Cikawung Ajibarang, RM Sumber Alam desa Ngandong Kutoarjo

Sepuluh tahun menggunakan jasanya, dengan lebih dari 50 kali perjalanan, 3x BDB (Bebas Dari Biaya) salah satunya BDB saat kunjungan BisMania Community ke pool Sumber Alam Kutoarjo tahun 2008, dan saat ini masih ada puluhan  tiket yang belum aku cairkan menjadi BDB,sungguh pengalaman yang tak terbayar, harus kuakui, karirku ditemani oleh PO Sumber Alam, begitu juga kisah kasih asmara-ku....hayah...


                                     


Lah tenan jeh..dulu (dan sekarang) kalo lagi pulang Jogja Jumat sore diatas bis Sumber Alam,selalu disapa mahluk halus kesayangan via hape.. “hati-hati ya..” “jangan lupa maem”..”take care”..”kalo udah nyampe kabarin aq ya” ..”mmuuaacchh”


                                     


Semoga PO Sumber Alam semakin maju dan semakin memuaskan pelanggannya dan tetap menjadi “Teman Setia Perjalanan mas Hendi”



Amin.

Komentar

  1. Jangan2 yg sms take care bla bla bla itu temannya yg jumbo mas heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek iku biasane kirim psn : "muangap luu"

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Rumah makan sing neng ajibarang khusus go sumber alam tok yo lek??

    BalasHapus
  4. Saya sudah 15 thn bersama sumber alam joss
    Bus yg hebat menurut saya

    BalasHapus
  5. RM Pinggir Kali Sumpiuh, RM Bale Raos (dulu namanya RM Kecila) Kabupaten Banyumas
    Rumah makan nya campur bis lain gak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer