Kuliner : Warung Wader Bu Tin @ Trowulan..

Artikel Kuliner lagi...

Ini lanjutan dari kuliner Taman Bungkul njajal rawon ‘kalkulator’,

saat itu liburan setengah hari di Mojoagung,di rumah temen yang berbodi jumbo alias dobel XXXL..mumet ta,piye iku mbayanginnya...

Sudah lama request,pokoknya kalo kesana harus jajan wader Mojopahit..

Bukan tanpa alasan, kulineran wader ini ditemukan tak sengaja di sebuah buku, kebetulan aku doyan iwak kali , dan wader ini sudah susah ditemukan di kali-kali di kota besar,di Jogja aja susah nyari wader..Jogja loh ya bukan Sleman atau Bantul.. apalagi di Jakarta..

Tapi di beberapa warung makan kelas menengah ke atas di seputar Jogja masih menyediakan menu wader.

Dan pagi menjelang siang meluncurlah ke daerah yang diyakini bekas situs Kerajaan Majapahit. Kalo yang pernah sekolah pasti tahu Majapahit, ini adalah salah satu kerajaan terbesar di nusantara,dan pusat situsnya ada di daerah Trowulan,Mojokerto. 

Lokasinya sekitar 2 kilometer dari jalan propinsi, kalo pengen jelas arahnya kemana liat google maps aja..hihihihi....

Nah , warung wader yang aku tuju ada di depan kolam Segaran. Sedikit tentang kolam Segaran,ini juga situs peninggalan kerajaan Majapahit, dan saat ini pun masih ada, konon dulu di kolam Segaran ini banyak ikan wader,namun sekarang sepertinya sudah jauh berkurang.

Oke,aku dan  temanku langsung parkir didepan warung,tampilannya persis seperti yang aku lihat di buku kartun. Memang tepi jalan sepanjang lokasi wisata situs Majapahit ini banyak warung menyediakan menu wader dan masakan khas Jawa Timur,namun yang aku tuju adalah warung Bu Tin yang memang hanya jual wader

Seorang bapak agak sepuh menyambut kami..

“monggo..”

Lalu kami pun pesan ,

“wader 2 porsi”
“eh aku ora mangan iwak,kolestrolku dhuwur..nganu pak, menu ayam wonten pak?” sahut temenku
“wah mboten mas..” kata si bapak
“ya wis,wader 1 porsi saja”

Ah ,sial lu,aku ajak kesini masih nyari ayam aja ternyata gak doyan wader, ternyata masih ‘ndeso’ saya masio hidup di ibukota hihihii...

Gak pake lama,seporsi wader handal pun dihidangkan..



Cobain 1 ekor..hmm gurih..ya beginilah seharusnya rasa wader, namun disini dengan bumbu ala penyet,maklum Jawa Timuran.

Dihidangkan dengan nasi putih hangat,dan menu ndeso ini pun ludes dalam waktu yang sesingkat-singkatnya..



Untuk menu minum,pilih yang unik, sebotol Cofee Beer,membuatku penasaran dan glek..glek...rasanya ada moca-mocanya gitu..


Kata temen,pabriknya ada di Ngoro,kalo dulu ada 2 merek,tapi satunya sudah tutup. Minuman ini lebih mirip limun, kalo jaman SD dulu ada penjual limun depan sekolah, memang seger kalo diminum siang hari nan panas,tapi jangan banyak-banyak ..eling ginjalmu..

Saatnya membayar..eh malah dibayarin temen,sebelumnya aku pesan 1 bungkus dan bawa 2 botol limun buat sangu pulang ke Jakarta nanti sore naik KA Gumarang, jadi aku gak tau harga seporsi berapa.

Next time deh kalo pas dolan ke Mojoagung lagi,bakalan mampir lagi,memang kuliner ndeso itu enak dan murah.






-semoga kepengen-

Komentar

Postingan Populer