KiPerPon : Prajurit Tua di Arus Balik

KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : Arus Balik 2015

“Prajurit Tua di Arus Balik”

Sebuah Catatan Perjalanan



Libur lebaran tak terasa sudah hampir habis..

Saatnya kembali untuk kembali ke ibukota

Masih terpengaruh euforia “prajurit tua” ,beberapa hari sebelum keberangkatan aku sudah pesan tiket ke agen Sumber Alam di wilayah Gamping.

Namun kalo dari Jogja tak bisa seperti di Pondok Ungu, wait n see.. dari sini bejo-bejoan deh kalo dapat  yang montor lawas.

Seperti rumus matematika yang sudah hafal di luar kepala, kalo berburu ‘prajurit tua’-nya Sumber Alam, pilihan utamanya tentu kelas Patas non AC,kemudian Ekonomi,karena dua kelas tersebut masih bertebaran angkatan dibawah 1990, meski begitu aku akan merasa gagal kalo besok yang datang adalah patas bersasis Hino RK8 bodi Discovery ..

Sampai di agen, mas Kus menunjukkan untuk jurusan Poris,dia dapat jatah bangku tengah,kalo mau duduk depan adanya jurusan Cibinong/Bogor, atau kalo mau tetap jurusan Poris duduk depan kudu pesan di agen Dongkelan..wah..wah..

Akhirnya gambling aja,pilih jurusan Cibinong sembari berharap nanti jalurnya akan lewat Pasar Rebo sehingga aku bisa nyambung naik bus jurusan Merak.

Seat nomer 3 sudah kupesan atas namaku,moga-moga saja di kaca depan nanti tidak ada sunscreen

Aku DP 100ribu perak dari tiket Patas hari Raya seharga 195ribu rupiah

“nek ora kenal apik,ora entuk DP loh,kudu bayar lunas..” kata mas Kus


Senin, 20 Juli 2015

Jam 13.10 Aku sudah tiba di agen,karena dijadwalkan kumpul di agen jam 1 siang


                                                                      agen Gamping by Mas Kus


Aku menukarkan tiket sembari membayar kekurangannya..

“sak durunge aku njaluk ngapura,aku salah tulis,sampean tak tulis tanggal 22, jebul tanggal 21,dadi pindah nomer 7 ya..” kata mas Kus
“gak popo mas,ketimbang ora budhal “ jawabku

Setelah menerima tiket nomer 7, baru mikir, kok bisa ya dia lupa,hmm dimodusin nih sama mas Kus..hahahasyeemmm..

Sebagai bismania,aku sudah paham,mungkin ada penumpang lain yang menggeserku,biasanya kalo geser menggeser gini ya ada 2 penumpang yang mau duduk jejer,jadi liat aja deh nanti kalo seat 3-4 itu ‘keluarga’ berarti aku digeser..

Dan aku sedikit nyesel,harusnya waktu pesen tiket langsung aku bayar lunas..

Lama menunggu,akhirnya jam 15.25 datanglah bus AA 1530 FC ,ternyata sebuah Mercedes Benz OH tahun 1984 alias OH1113 dengan bodi Panorama 3 yang juga dikenal sebagai Laksana Clurit di kalangan bismania, namun menurut Ko Hari Jumbo dari data Samsat ini adalah sasis OF1113. Oh,jadi ini bus mesin depan dimodifikasi jadi mesin belakang? Jadi ingat kata mbak Nina,kalo cuma mindah mesin depan jadi mesin belakang , itu hal yang mudah bagi Sumber Alam..weew..

Sembilan penumpang naik dari agen,belum terdeteksi penumpang nomer 3-4 apakah 1 keluarga atau bukan..time will answer...

Seat nomer 1 adalah mahluk halus usia 25an,nomer 2 lelaki yang bukan cowoknya,nomer 3-4 adalah 2 pemuda umur kisaran 20an,sedangkan aku di seat nomer 7, umur 23..dilarang ngeyel ya..

Bus mulai melaju di kepadatan jalan raya Jogja-Wates

Baru sampai agen Pedes  Sedayu, bus dihentikan agen,katanya ada 4 penumpang ketinggalan di agen,jadi nunggu bus belakangnya dulu..

Limabelas menit kemudian,penumpang yang tertinggal naik ke dalam bus..dan bus kembali berjalan

Pengemudi kali ini rajin bener membunyikan klakson, kalo hari biasa ,seringnya klakson dibunyikan itu sebagai tanda ada penumpang bertangan jahil ikut masuk di bus, tapi apa ya kali ini begitu ,entahlah..

Jogja-Wates lancar, kemacetan dimulai sejak lepas jembatan Bogowonto,antrian panjang lampu merah Pendowo mengular lebih 1 kilometer. Dua bus Laju Prima yang gak sabar langsung blong kanan,kendaraan kecil mulai sruntulan tak jelas,seolah kota Jakarta tinggal 200 meter di depan..huuh..

Tabiat pengemudi mulai keliatan,dia gak sabaran,kalo ada motor yang mendadak motong jalan langsung dipisuhi..”curuut..!!”

Tapi pisuhannya kok tidak khas Jawa,semisal hewan berkaki empat atau sebutan penarik gerobak..

Dari logatnya juga bukan logat jawa,tapi bisa ngomong jawa, pengemudi ini berpotongan ala tentara,dan beberapakali menyebut bus ini adalah ‘montor perang’.

Dari sini aku mulai mendeteksi,kalo beliau bukan sopir reguler Sumber Alam,dan bus ini adalah bus tambahan.

“sing nyerempet montorku bakalan tetanus..” guyonnya..

Dan mulailah beliau bercerita kepada rekannya,ternyata dia lama di bus Sumateraan,terakhir dia pegang Sinar Jaya 3xRC Wonosobo-an,status beliau saat ini lagi diistirahatkan 3 bulan karena terlibat laka dengan geng motor di tepi kali Serayu,katanya geng motor itu gak mau minggir,nah daripada kena,banting setir ..lanjutannya gak tau deh.
.
Trus beliau juga cerita waktu arus mudik kemarin 1x PP bisa bawa pulang duit 1,3juta ..dapat sangu 2,5 juta,beli solar dan ongkos lain-lain 900ribu,buat kernet 300ribu, sisa 1,3juta..mungkin karena arus mudik kemarin tidak terlalu macet.

BTT..Back To Tanktop eh Topic..

Di perempatan (atau proliman ya?) Pendowo,2 LaJu Prima yang tadi ngeblong berhenti ambil penumpang, di simpang ini memang spot agen bus malam,dan calon penumpang sore ini melimpah di semua agen bus malam..panen nih..

Masuk wilayah Purworejo,keluar ringroad sudah antre,mau masuk terminal saja terhambat antrian mobil kecil..

17.50 Di terminal Purworejo, ada sekitar 30 bus pariwisata yang perpal di sini, bus-bus ini biasanya disewa agen untuk tambahan pemasukan. Kira-kira 3—4 tahun lalu sempat berpikir untuk ikut ‘bermain’ di arus balik,tapi tarif sewa bis pariwisata dari Jogja ngedrop penumpang ke Jakarta tembus 10juta,dihitung-hitung ternyata berat juga nyari 40an penumpang,salah prediksi puncak arus balik ya rugi hehehe...

Kembali ke aspal, keluar terminal Purworejo jalanan macet total. Purworejo-Kutoarjo yang hanya 10 kilometer ditempuh dalam waktu 1 jam.

18.50 masuk pool Sumber Alam, situasi masih agak ramai,karena beberapa penumpang masih menunggu bus dari timur.








                                                                     Panorama 3 nan menggoda


Dalam waktu tunggu,aku dapat sms dari pujangga Rembang,yang ternyata malam ini bermalam di Jogja, wah sepurane mas gak bisa nemenin, saya sudah otewe Jakarta hehehe...

19.30 keluar pool

19.45 masuk rumah makan ‘Sumber Alam’ desa Ngandong, pilihan yang tepat karena di depan macet total,dan bisa jadi masuk rumah makan di Ajibarang esok pagi.

Di sini,bertemu dengan calon manten anyar,mas Iwan, nemenin makan,tak tawari makan gak mau,katanya udah kenyang heuheuheu...

20.15 berangkat dari rumah makan, jalanan padat banget,sesekali blong kanan mendahului mobil kecil yang bergerak lamban, mungkin reaksi para pengemudinya sudah berkurang,karena kondisi stop and go kayak gini sangat menguras energi.

23.00 masuk lingkar Kebumen,masih aja deretan mobil pribadi bikin antrean panjang,entah ada apa di sana.

23.15 bus goyang kanan,meg-overtake puluhan mobil pribadi,hingga di depan ada perempatan kecil,sialnya mau kembali ke jalan yang benar malah ketutup mobil,sialnya lagi petugas di depan menyuruh bus ini untuk berhenti..


Dan berhentilah ‘prajurit tua’ ini di bahu jalan sebelah kanan, sopir diminta turun dan ..

“sopir karo kenek goblok kabeh..gara-gara kamu jadi ngunci nih jalanan..!!” teriak petugas..

Ealah pak, dari tadi sudah macet keleeuss...

Sopir dibawa ke posko lebaran, cukup lama kok gak keluar-keluar,akhirnya kasak kusuk para penumpang,sepakat melobi petugas.


                                                                             ga ditilang sih..


Dua penumpang menghampiri posko,dan bla..bla..gak pake nyogok,akhirnya sopir disuruh balik ke busnya..

Bruum...

“ayo naik..naik..” ajak kenek..

Sumber Alam 284104 segera melaju kembali,sementara di depan masih aja macet dan kadang ‘ngunci’ kalo kata bapak petugas tadi sih ini gara-gara Sumber Alam ngeblong kanan..

As embuh..

Menuju arah Karanganyar,setelah jembatan kecil,mobil di depan bus berhenti, ternyata ada motor dari arah berlawanan mau nyebrang masuk kampung,sementara dari sebelah kiri ada motor pemudik plat AD,melaju tidak terlalu kencang,mungkin dia kurang pengalaman riding di luar kota,ada mobil di depan berhenti tapi tetap aja nyalip dari kiri..ciluba..jedheer..motor yang nyebrang langsung disikat motor pemudik..ndlosor kabeh dan semua terjungkal sodara-sodara...warga yang lagi nongkrong langsung berhamburan menolong.. duh..duh..mesakno..karepe ngirit malah tombok ndandani motor,babak belur pisan...

Jalan di depan masih aja macet,aku tidur aja..

04.00 bus berhenti..tolah toleh ini di mana..ternyata ini wilayah Rawalo..

Tak lama sopir naik bus lagi..

“yuk berangkat lagi..saya sih tidur cukup 10 menit..: katanya

Oo..jadi dia tadi sempat berhenti dan tidur sebentar..ya namanya juga manusia..

04.50 masuk Ajibarang, mendekati rumah makan,jalanan juga macet..ketika mobil-mobil di depan sudah melaju,ada 1 L-300 yang masih aja berhenti,ternyata sopirnya tidur..hooaammzz...

05.30 masuk rumah makan Ajibarang..

Yang harusnya makan malam,jadi sarapan pagi,yang biasanya jam segini sudah masuk Jakarta,ternyata masih di sini..


                                                                selamat pagi...sarapan pagi...


Oke,sarapan saja sekalian. Selesai sarapan,keliling di parkiran bus,ketemu no bodi 277053 alias sasis tahun 1977 bermesin depan,yang pernah aku gunakan di arus balik tahun 2011 (KiPerPon : 277053).


                                              277053, pernah jadi pemeran utama KiPerPon


06.05 meninggalkan rumah makan..

Jalanan mulai lancar

Di SPBU pertama yang ditemui,bus ini isi solar..

“irit ya,dari pool isi 300ribu sampe sini baru isi lagi” kata sopir ke keneknya..

Di rest area banyak mobil parkir tak beraturan..sementara jalan di depan sudah terurai macetnya.

Usai isi solar,melaju lagi,di pasar Linggapura, satu kru Sumber Alam ngawe dan ikut bareng bus ini,ternyata dia mau pulang ke rumahnya.

Melewati Prupuk,lancar jaya,padahal di sini biasanya salah satu titik sumber kemacetan,yup rest area adalah sumber kemacetan.

09.49 Di jalanan beton wilayah Songgom tepi kali Pemali,jalanan malah sepi..

“bajinguk”, pisuhku ..la tadi malam itu macet apaan ya,kok di sini sepi sekali...aku pun makin yakin,rest area lah yang jadi biang kerok kemacetan,semua pada antri masuk rest area.. dan kemungkinan besar para pemudik mobilis itu jarang turing mblusuk-mblusuk,mosok pada lewat jalan biasa semua,padahal kalo dari Purworejo mau ke arah pantura banyak jalan alternatif..,kalo bus malam kan jalan sesuai trayek,jalannya ya ini...

Bus kemudian diarahkan ke rumah makan Padang “New Minang”..

“biar pada makan dulu,nanti di depan macet kasian gak pada makan” kata sopir..

Ya bener juga sih pak,tapi aku sih belum lapar,secara belum lama juga sarapan di Ajibarang..


                                               RM New Minang , tepi kali Pemali Songgom


Aku juga tidak membungkus makan, karena di dalam tasku masih ada logistik 1 bungkus sego gudeg,yang tahan 24 jam,tapi kalo nasinya sih gak tahan 24 jam ya.. hehehe... 

                                                            
                                                                    setirnya...like thiis !!


Rencananya sih nanti aku makan kalo berhenti di RM Taman Selera Cikamurang.

Dan secangkir kopi menemaniku nongkrong sambil liat kendaraan yang lewat.

10.50 bus diberangkatkan lagi.

Setiap ada antrian,beberapa pedagang asongan naik ke dalam bus, sopir minta jatah,kalo yang naik penjual tahu ya dapat 2 bungkus tahu.

11.35 melintas sentra ndhog asin,Ketanggungan, hanya antri sebentar di sini,setelah tadi sebelum pintu lintasan kereta macet sebentar


                                                                          Ketanggungan


11.47 masuk tol Pejagan,melaju kecepatan sedang saja, tol walau rame tapi masih lancar..



13.03 masuk tol Cipali, seorang penumpang menghampiri sopir dan duduk di kursi CD

“ngantuk ya pak” katanya..

“aku wis paham sampean ngantuk, la tadi bawanya ke kanan ke kiri gitu kok..” sambungnya lagi

“ iya mas,ngantuk” aku sopir..

Jiaah..kenapa tadi gak berhenti dulu pak..mbebayani..

“kalo tol Pejagan tadi bikin ngantuk,tapi kalo udah masuk sini gak ngantuk lagi” kata sopir


                                                                                Palimanan


Setelah menemani beberapa saat,akhirnya pria itu yang gantian ngantuk dan pamit mundur lagi.

Kira-kira 1 kilometer sebelum exit tol Cikedung, bus berhenti,kenek disuruh ngecek air radiator.

Oke,jalan lagi..tapi..loh gak exit Cikedung? Loh gak ngaso lagi ya..

15.00 setelah tak berhenti di RM Taman Selera, bus berhenti di bawah jembatan tol, tepat 24 jam dari agen Gamping baru sampe sini hahhahaa..

Mesin bus dimatikan,bukan storing,tapi mendinginkan mesin kata sopir,meski jeda perjalanan ini bisa dimanfaatkan untuk rileks sebentar. Dan penumpang pun banyak yang turun.

   
                                                                            bukan MBK


“mas,mau kok ora mlebu Taman Selera?” tanyaku ke kenek yang masih muda

“ora mas, nek seko wetan ora mlebu” katanya

Oohh..gitu ya..

Aku pun bergegas naik ke dalam bus, dan membuka logistik..yup makan siang sego gudeg yang aku bawa dari rumah,belum basi kok,gudeg kan tahan lama heuheuheu...

Selesai makan gudeg,bus diberangkatkan kembali.

Masuk KM 102, jalanan mulai macet lagi..mobil pribadi seakan rame-rame parkir di tol.

 Pedagang asongan masuk lagi,dan sopir minta jatah lagi.

“gak bagiin sopir gak laku daganganmu..” kata sopir sambil tertawa

Dari penjual tahu lontong,minuman dingin, aneka jajanan,silih berganti naik turun ke dalam bus, sudah tak ada bedanya dengan pantura jalur lama, bahkan seorang pedagang mengaku kalo pantura ‘sepi’ makanya para penjual tahu pada eksodus ke tol Cipali apalagi saat musim lebaran kayak gini.

17.15 mulai antri di gerbang tol Cikopo, masih aja padat merayap

                                                                     
                                                                        padaaatt..


Di KM 71 mau masuk minum solar ternyata ditutup karena padat banget

Akhirnya masuk rest area KM 62,nyolar.. Dan rest area adalah sumber kemacetan, di mana antrian kendaraan memenuhi jalan tol sehingga lalu lintas di belakang jadi terhambat. Dulu di pantura juga begitu,tiap melewat SPBU pasti macet, padahal kalo mau ngaso tak harus di SPBU.

Masih merayap,saat hari sudah gelap.

20.45 tiba di gerbang tol Cikarang Utama, sudah dekat Jakarta ya..

                                                    
                                                                    GT Cikarang Utama

Setelah Cikarang,baru jalanan mulai lancar

Bus diarahkan ke JORR,karena tujuan akhir bus ini adalah Cibinong.

Beberapa penumpang yang akan turun di Pal dan sekitar Pasar Rebo mencoba melobi sopir agar lewat Pasar Rebo,tapi sopir keukeuh akan lewat Jagorawi saja mengejar stoot..
Duuh..ngalah sithik ngopo to Pak..

Bus berjalan ke kanan dan ke kiri,jalan depan kosong masih aja di rem,pertanda sopir mulai ngantuk lagi..weleh..weleh..klenger to sampean...

Dan benar, bus tidak lewat Pasar Rebo,sebelahku yang akan turun di Ciracas langsung mengomel..

22.00 Sumber Alam AA1503FC tiba di pintu to Cituereup, setelah membayar tol,banyak penumpang turun di sini, yang mau ke Ciracas,ke Pal dll,ya mau gak mau turun sini. Aku pun juga turun sini,soalnya tujuan akhirku bukan ke sini.

Ee..la wong njagain lewat Pasar Rebo malah dibonusin sampe Citeureup..

                                                         
                                                                exit GT Citeuereup


Dan aku balik kucing naik taksi ke Kebon Jeruk karena jam segini mana ada bus umum ke Kampung Rambutan..

Tigapuluh Satu Jam Gamping-Cituereup dan 32 Jam Gamping-Kebon Jeruk di arus balik 2015 ini dan ternyata masih mendingan ketimbang tahun lalu yang tembus 39,5 jam ..

Masih ada sisa 7 jam lagi saat kurebahkan badan untuk istirahat tidur sebelum esok pagi mulai bekerja..

Dan kali ini kuakui bahwa duet prajurit tua di arus mudik dan balik tahun 2015 ini sangat handal...



-sekian-

salam,
Ponirin Hendi

Komentar

Postingan Populer