MOTOGP : Lima Lap Awal Adalah Kunci Rossi Jadi Juara Dunia di Valencia !!!

Ini pasti yang ditunggu MotoGP Mania..

Seri Valencia yang akan bergulir esok Minggu 8 November 2015 adalah penentuan juara dunia 2015 antara Jorge Lorenzo (JL) vs Valentino Rossi (VR)

VR pemegang gelar juara dunia 9 kali yang coba meraih untuk 10 kalinya, JL juara dunia motoGP 2x, masalahnya VR kena penalti gara-gara #SepangClash hingga di Valencia harus start dari posisi paling belakang,apapun hasil kualifikasi yang diperolehnya,sedangkan JL start dari posisi hasil kualifikasi hari Sabtu 7 November 2015

Lupakan permintaan banding dari kubu VR pada Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), kita bicara kondisi apa adanya saja..(ya syukur kalo banding kubu VR dikabulkan akan lebih seru!!)

Saya akan coba beropini (bukan menggiring opini loh wkwkw..), dengan kondisi saat ini VR masih mampu bersaing berebut gelar juara dunia meskipun banyak yang pesimis. 

                                                               sumber foto : google.com

Valencia memang sirkuit yang mempunyai kenangan buruk pada VR saat 2006 dengan keunggulan 8 poin dari Nicky Hayden (Repsol Honda) tapi justru gelar juara dunia yang didepan mata melayang karena VR terjatuh di lap 5. 

Tapi tahun 2006 dan sekarang kondisinya beda !!

Di mana bedanya ? Saat 2006 balapan sudah berlangsung 5 lap,saat VR jatuh,dan saat itu jarak antar pembalap sudah mengembang,jadi VR yang mendirikan motornya dan membalap kembali dari belakang harus susah payah mengejar pembalap di depannya dan gagal jadi juara dunia !!

                               VR46 saat gagal di Valencia 2006 (sumber foto: google.com)

Namun tahun ini , meski VR start dari urutan belakang,namun itu kan saat kondisi start, dimana semua motor MotoGP dalam posisi diam !!!

Trus piye Dab..?

Nah ini dia... VR start dari belakang,tapi regulasi open class bisa menguntungkan VR,karena laju motor open class tak secepat Yamaha M1 , saat lampu start hijau hingga tikungan pertama pun, VR harus sudah masuk 10 besar karena laju percepatan motor open class tak secepat Yamaha M1

Jika VR mau,dan mampu (harus mampu), maka 5 lap awal di seri Valencia nanti adalah kuncinya, artinya apa? Lima lap awal,tentunya jarak JL belum terlalu jauh ke depan, pasti Marquez,Pedrosa juga lagi saling susul di depan.

Lalu 4 lap berikutnya kudu melahap para pembalap satelit,dimana kemampuan motornya 1 step dibawah factory team, yang termasuk pembalap team satelit ini adalah : Cal Cructhlow, Pol Espargaro, Bradley Smith, Petrucci (Petrux), Scott Redding,Yonny Hernandez, dan 2 pembalap team factory Suzuki Ecstar Aleix Espargaro dan Maverick Vinalles, dalam 5 laps harus menyalip mereka !!!

Kalo VR berhasil melibas mereka dalam 5 laps, maka pekerjaannya akan lebih ringan, duo Andrea yaitu Dovi dan Ianone rasanya juga gak susah ditekuk di trek yang banyak tikungan ini, rasanya 3 laps cukup buat melibas duo Andrea diatas Ducati Desmo,OK?

Berarti sisa lapsnya, tinggal menguber trio alien, Pedrosa,Marquez,Lorenzo.. kira-kira dimanakah posisi Lorenzo? Entahlah...la wong balapan belum berlangsung kok nanya hahaha...

Dengan masuknya VR di posisi 4 saat balapan masih panjang,maka akan membuat kubu JL panik,apalagi pitboard pasti menginfokan kepada JL : Rossi P4 !! Nah..JL pasti tambah panik,apalagi teriakan suporter di sisi lintasan, bisa mbayangin to,deg-degan kayak apa, mirip kalo sampean dikejar polisi,la rak buyar to ,antara mau kenceng tapi jalanan padat hihihi...

Maka,kalo Anda VR mania,berharaplah duo Repsol Honda  melaju kencang di posisi 1-2, sehingga JL ada di posisi 3, dan VR cukup aman di posisi 4 andai tak bisa mengejar ketiganya, dan jika semua fairplay maka VR bisa juara dunia..!!! (juara 1 = 25 poin, juara 2 = 20 poin , juara 3 = 16 poin, juara 4 = 13 poin, selisih VR dan JL saat ini 7 poin,kalo JL finis ketiga dan VR keempat maka VR unggul 4poin dan juara dunia –red)

Namun keadaan akan sulit bagi VR,andai justru JL ngacir semakin di depan,sementara duo Repsol Honda dibelakangnya, karena akan susah menekuk duo Repsol Honda di sini,sementara JL makin jauh ,dan napas The Doctor akan habis..kalo begini ya sudah... JL juara dunia dengan unggul 5 poin dari VR !!!

Balik lagi ke awal opini saya, kuncinya 5 lap awal VR kudu masuk 6 besar dulu,baru mengejar sisanya satu-satu,kalo kelamaan di belakang...hmm.. you know The Doctor tak semuda dulu dan motornya pun sama cepatnya dengan motor duo Repsol Honda maupun motor JL...

Gimana,menurut Anda??


Komentar

Postingan Populer