Mudik Lebaran Naik Motor? Ogah Brooo...





Musim mudik lebaran sudah datang.


Yang mudik naik motor pasti banyak. Dulu banget kira-kira tahun 2005, pernah saya mudik dari Jakarta ke Jogja naik Honda Supra XX (kopling manual), rasanya seneng banget karena waktu itu yang mudik naik motor belum terlalu banyak.Di pantura masih bisa melaju kecepatan sedang (70-80 km/jam)


Tahun berganti,dan roda terus berputar,hingga di tahun 2007 lah saya terakhir mudik lebaran naik motor,jaman itu pakai Suzuki Satria 150. Tahun berikutnya tiap mudik lebaran gak pernah lagi naik motor.


Kenapa?


Miris bro..


Pernah lihat pemudik motor,baru sampe Bekasi sudah mencium tanah air,ndlosor,barang bawaannya berantakan...duh..


Pernah liat juga orang berboncengan masuk parit di pantura..


Pernah liat juga pembonceng jatuh karena ngantuk tepat di depan RM Dodi Jaya Pantura (memang waktu itu malam sebelumnya di Cikampek macet parah)


Kemarin,bakul angkringan sego kucing langganan saya cerita pas tahun kemarin dia mudik ke Bayat Klaten naik motor,di pantura ada pengendara motor di depannya jatuh,trus helmnya nggelinding,nah ternyata itu bukan helm saja,tapi sama kepala orang,alias korban jatuh dan digilas motor di belakangnya.


Memang mudik naik motor gak bisa dilarang (dan buat yang awam kelihatannya asik karena di sepanjang jalan rame) ,namun hanya bisa dihimbau sebaiknya tidak naik sepeda motor,karena sepeda motor adalah objek terkecil di jalan raya,selain itu pengendara motor lebih rawan capek karena tubuh langsung tertiup angin,belum lagi kena macet,kadar emosi langsung naik ,belum dari sisi teknis sepeda motor itu sendiri..Nah..


Tapi memang beragam alasan ada aja.. misal nih, di kampung halaman gak ada transportasi,gimana mau keliling nyamperin sedulurnya,ada lagi alasan kalo motor ditinggal mudik malah rawan pencurian,ada lagi karena mudik naik motor itu murah,ada alasan lagi mudik naik motor sekalian turing..


Nah kalo ini salah,mudik itu bukan turing,kalo mau turing jangan pas arus mudik lebaran..wani ora..??

kondisi begini juga bikin males mudik naik moto
foto by Google



Trus naik motor memang lebih murah dari segi pengeluaran bahan bakar,dan berlaku untuk motor keluaran baru ,berumur 1 bulan – 1 tahun saja,karena motor baru tidak perlu ganti ban,ganti gir/rantai,ganti belt CVT. Nah kalo mau mudik murah naik motor tapi sebelumnya kudu ganti ban 1 set,ganti gir/rantai,ganti bohlam lampu,beli aki,beli jaket tebal..wah ketemunya ya mahal bro...


Pengalaman pribadi, saat mudik naik motor,saya bertemu beragam karakter pengendara,ada yang kalem saja,ada yang pecicilan,ada yang gak kuat tapi dipaksain, trus sering terjadi tabrakan beruntun,karena satu titik jalan pantura pasti ketemu jalan lurus lalu adu kenceng jarak mepet-mepet,begitu yang depan ngerem,yang belakang gak siap...bruuukk... Yang gak salah dan sudah berhati-hati malah jadi korban,urusan makin runyam karena mau berantem ya malah lucu,mau diterusin jalan, motor sudah rusak..


Belum lama,bakul angkringan sego kucing langganan saya cerita pas tahun kemarin dia mudik ke Bayat Klaten naik motor,di pantura ada pengendara motor di depannya jatuh,trus helmnya nggelinding,nah ternyata itu bukan helm saja,tapi sama kepala orang,jadi saat korban jatuh tergilas  motor di belakangnya,kepalanya putus..ngeriii...Dan dia langsung shock,bablas gak berani liat.


Makanya,dulu kalo naik motor di musim mudik lebaran,saya menghindari ikut rombongan/konvoi dengan kecepatan tinggi (di atas 80 km/jam), kalo bisa saya selip duluan di depan rombongan atau malah mengendurkan gas biarkan rombongan/konvoi dadakan itu menjauh dulu.


Yang harus diingat, tidak semua pemudik yang naik motor itu berpengalaman mengendarai jarak jauh di atas 300km.. Boleh sih mereka bangga kalo hariannya dari rumah ke tempat kerja berjarak 40-50 kilometer,tapi jangan terlalu pede saat mengarungi pantura.


Selain itu,jaman mudik lebaran menggunakan motor kecil yang isi tangkinya hanya muat 4 liter bensin,saya selalu mengisi 10ribu perak saja (saat harga bensin masih 5ribuan), kenapa gak full tank? Karena dengan sering berhenti mengisi bensin,berarti saya banyak waktu untuk istirahat. Kalo isinya full tank,dan baru istirahat isi bensin saat tangki sudah menipis wah capek bro,let say motor kecil 1 liter bensin bisa melaju  40 kilometer,kalo isi 4 liter berarti berhentinya 160 kilometer lagi atau setara 2,5 jam lagi  buat isi bensin, tak jamin jebol boyokmu ngoahahaha...


Trus,saat dulu mudik naik motor,saya hindari perjalanan malam, pernah saat mudik,macet total di Klari Karawang Timur hingga Cikampek, cuaca hujan , kaca helm ngembun kena  napas,kalo kaca dibuka ya wajah kena hujan,total 2 jam untuk menempuh jarak 10 kilometer,sengsara beneerrr... dan kondisi normal menjelang Patokbeusi, beruntung saya sendirian,kalo bawa boncenger udah pasti ribet.


Btw,saya waktu itu mudik lebaran naik motor 2005-2007 saja, dan herannya pemudik yang naik motor tujuan akhir Jogjakarta itu jarang banget, kalo di daerah Prupuk masih buanyak banget pemudik motor,sampai Ajibarang agak berkurang kepadatannya karena sudah terpecah arah ke Purwokerto dan Wangon, nah sampai Wangon terpecah lagi ada yang ke Cilacap dan ke arah timur, dan setelah Purworejo arah Jogja sudah celingukan karena pemudik motor arah Jogjakarta tinggal satu dua orang saja yang ber-plat B, sisanya pengendara lokal saja, byuh gak keliatan kalo saya ini pemudik,trus dimana pride-nya mudik lebaran naik motor kalo kayak gini ..manyuuunn...


So, sebetulnya saya masih sering naik motor Jakarta-Jogja PP,misalnya kala liburan akhir tahun,karena situasinya jelas jauh berbeda ketimbang mudik lebaran alias lebih bisa menikmati perjalanan tapi berdasarkan pengalaman pribadi di atas kala mudik,kalo untuk libur lebaran pulang naik  motor lagi,hmm demi orang-orang tercinta ...udah ogah broo...



-sekian-


Salam dari Jogja Istimewa

Komentar

  1. Ga pernah mudik naik motor.
    Denger banyak cerita si pahit, tapi sering liat temen atau orang di TV enjoy aja
    pengen tapi mikir2... Tapi kalo ga dicoba jadi penasaran...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer