KULINER :: Soto Ayam Kampung Bu Pujo,Soragan Bantul Jogjakarta






Kamu asli wong Jogja?

Kalo pagi,menu sarapan apa yang sering dicari?

Jawabannya : gudeg dan soto ..!!

Setuju..???

Oke,saya gak akan bahas gudeg

Tapi akan bahas soto ayam

Jogja memang kota gudeg tapi bukan kota Soto, tapi fakta membuktikan, soto juga banyak diburu warga Jogja untuk sarapan pagi pagi sekali.

Pagi-pagi sekali di sini artinya mulai jam 05.30 , nah di Jogja jam segitu banyak warung soto sudah mulai buka, gak seperti ketika saya berkunjung di Purwokerto ,pagi-pagi mau jajan soto malah diketawain,mana ada yang buka jam segini... padahal dulu calon mertua saya di Purwokerto juga jualan soto.. Hmm okelah karena beliau tidak jadi mertua saya, maka saya gak akan bahas rasa sotonya..wekekeke..

Oke,banyak warung soto ‘selebritis’ di kota Jogja,sebut saja Soto Tamansari,Soto Pak Sholeh,Soto Sawah,Soto Kadipiro ,semuanya sudah buka mulai pagi-pagi sekali.

Saya gak akan bahas mereka,tapi akan saya bahas citarasa Soto Ayam Bu Pujo.


warung soto ayam Bu Pujo,Soragan


Siapakah Bu Pujo itu??

Jawabannya, Bu Pujo adalah suami Pak Pujo..loh laiyo trus itu siapa..? Masih kepo? Oke saya jawab,Bu Pujo adalah juragan warung soto,jelas..?? 

Warung soto Bu Pujo terletak di desa Soragan,masuk wilayah Kabupaten Bantul,tapi masih mepet dengan wilayah Kotamadya Yogyakarta. Letak persisnya kalo dari Kadipiro (jalan Wates) ada SPBU nah itu masuk terus ke utara,atau kalo dari jalan Godean,ketemu Mirota Kampus,itu ke arah selatan nyebrang rel,nah warung ini di sebelah kanan jalan. (kalo gak tau utara selatan tanya saja daripada kesasar)

Nah Soto Ayam Bu Pujo ini sudah jadi langganan saya sejak saya masih kecil.

Sampai sekarang kalo lagi pulang ke Jogjakarta saya sempatkan sarapan soto di warung ini,sampe Bu Pujo-nya hapal,hingga suatu saat saya gak bawa uang kecil dan beliau belum ada kembalian malah disuruh bayar besoknya,padahal waktu itu sore harinya saya harus kembali ke Jakarta, jadilah bayar sotonya sebulan kemudian saat balik ke Jogja lagi hihihihi...

Di Desa Soragan ini sebetulnya ada pedagang besar di dunia per-soto-an ayam Jogjakarta,yaitu Soto Sawah,meski letaknya hanya 300 meteran dari warung Soto Bu Pujo, namun antara Soto Sawah dan Soto Bu Pujo punya pangsa pasar tersendiri. Di warung soto Bu Pujo sendiri,pelanggannya dari berbagai kalangan,dari ibu rumah tangga,kalangan pekerja,hingga nonik-nonik dengan logat medok.




Soto Bu Pujo buka mulai pukul 8 pagi, ciri-ciri kalo warung sudah buka, ya pintunya sudah terbuka,jendela sudah terbuka,jadi kalo pintu masih tertutup di pagi hari,berarti sotonya belum mateng,gak usah nafsu sampe menggedor pintu,apalagi manjat genteng,sabar dikit hehehe...

Begitupun kalo soto sudah habis,di kisaran jam 12 siang, pintu akan ditutup,dan kalo sudah tau pintu ditutup gak usah ngeyel masih mau beli sotonya,soalnya juragannya pasti udah leyeh-leyeh ‘ngitung bathi’ hihihi...

Istimewanya dari Soto Bu Pujo ini, daging ayamnya asli ayam kampung, trus kuahnya gak pake santan,gak pake susu,kalo seporsi mungkin kurang,nambah seporsi lagi kenyang banget.Soal rasa..hmmm ngangeni tenan..



 Selain soto, pembeli juga bisa pilih lauk daging ayam ayam kampung goreng ,paha atau dada,atau jeroan seperti ati ,rempelo (ampela),juga ada perkedel,dan juga gorengan,tempe dan tahu bacem,kadang tersedia juga lenthok yang disajikan dalam nampan. Untuk minumannya yang istimewa adalah es dawet, dawetnya dari tepung beras.


                              salah satu pelanggan yang malu-malu nambah porsi

Kuah soto dan menu lainnya masih dimasak menggunakan kayu bakar bukan kompor gas
Soal harga,gak usah khawatir,seporsi soto masih dibandrol di bawah 15 ribu kok. Dan meskipun ditambah menu-menu pendamping,dompet sampean gak akan jebol.. pokok’e murah,resik,dan enak.



Tampilan warung ini,dari sejak dulu tak berubah,suasana warung khas arsitektur bangunan ndeso jaman dulu,kekunoan,sayangnya lingkungan di sekitarnya sudah banyak berubah menjadi rumah dan ruko,kalo dulu sih seluas mata memandang adalah area persawahan,asik banget.




 Nah,kalo yang lagi pengen menjelajahi dunia kuliner per-soto-an ayam kampung, Warung Soto Bu Pujo ini rekomendasi deh.

Semoga kepengen


-sekian-


Salam Dari Jogja Istimewa

Komentar

Postingan Populer