Sejenak Bersama RX KING 2001

RX King..



Buat para pemuda yang beranjak dewasa di era 1980 hingga pertengahan era 2000,tentu mengenal baik sosok motor ini.

Kalo di era 80-90an memang motor ini terkenal dengan sebutan motor jambret,karena tarikannya yang spontan dan kencang untuk ukuran jaman itu.

Sebutlah lawannya yang seangkatan, Suzuki TRS 125cc 2T,Honda GL Pro 145cc 4T,dan Binter AR 125cc, sepertinya bukanlah pilihan yang tepat untuk menjambret hahaha...

Di kota Jogja sendiri, RX King sebetulnya nyaris punah sejak era motor 150cc 2tak bermunculan,sebutlah kala itu Suzuki RGR,dilanjutkan kejutan Honda NSR,dan yang terakhir varian Kawasaki Ninja 150 plus Honda Tiger 2000 sebagai satu-satunya pemain 200cc 4tak kala itu,ikut memudarkan pamor kesangaran dan kegagahan RX King di mata cewek-cewek...

Loh kok cewek-cewek sih..??

La iya,soalnya pernah suatu masa saat JokTeng masih sekolah SMA, melihat biker yang pake RX King meski tampang pas-pasan tapi bisa dapat boncengan cewek ayu-ayu..duh ngenes..JokTeng yang lebih ganteng aja kalah saing karena hanya dimodalin Honda SuperCub 700 hahahajuurr...

Yang jelas selain jadi andalan para jambret,RX King juga piawai menjambret hati wanita...huuuaaasyuuuu....


                                    dulu,gampang buat menjambret hati wanita

Oke balik lagi ke RX King, meski sempat pudar ditelan masa,dan populasinya di ibukota semakin menyusut gara-gara isu motor 2tak tak boleh melintas di jalanan ibukota,dan harga pasarannya terjun bebas,namun ternyata di wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan sebagian Jawa Timur selatan agak ke barat (hayah susah banget nyebutnya), RX King justru makin dicari.


Populasinya di kota Jogja sendiri bak jamur di musim hujan, mendadak banyak banget RX King berkeliaran di kota ini.

Tren pun berlangsung,klub-klub RX King bermunculan,dan kondisi ini didukung oleh persediaan spareparts yang masih cukup banyak. Dari parts ori sampe KW melimpah,bahkan head model belimbing punya’e Yamaha YZ lawas yang plug n play diaplikasi di RX King pun masih ada yang jual...gendeng to..??

Otak bisnis JokTeng pun berjalan, cari info di bengkel langganan,berapa kisaran biaya untuk merestorasi RX King? Dijawab kira-kira 1 juta..

Melihat harga pasaran RX King di kota Jogja yang merangkak naik,harga bahan keluaran 1992  aja bisa nembus 5 juta kala itu,kondisi bahan loh,artinya panel-panel ya seadanya,kondisi ya seadanya.

Sedangkan di Jakarta,keluaran 2001 masih bisa didapatkan kisaran 6jutaan.

Nah...saatnya hunting RX King seken nih,buat dijual di Jogja...golekke bathi..hihihi..

Koran Pos Kota Sabtu pun dibeli,jaman itu OLX belum ada,masih bernama Toko Bagus,itu pun belum tenar.

Akhirnya satu iklan baris menarik perhatian, dijual RXKING 2001 komplit siapjalan ..dst..
Meluncurlah JokTeng ke seputar Pancoran,melihat barang dagangan..

Singkat cerita deal harga, 6,4 juta dari harga pembukaan 6,7juta

RX King 2001 warna ijo,kini jadi milik JokTeng.

Pekerjaan restorasi dimulai, bengkel dekat kos didhawuh buat membereskan kelistrikan dan lampu-lampu. Seminggu beres.Ongkosnya hanya 120ribu perak.

Akhirnya turing perdana dengan motor 2 tak pun dimulai, Jakarta-Jogja siap kuarungi dengan RX King sendirian saja.

Sesuatu yang gak pernah terpikirkan sebelumnya,punya RX King dagangan,dan akan kuajak turing melintasi pantura...wooooww kenthiirr...

Dan jam sepuluh malam JokTeng mulai meninggalkan ibukota...wreeenggg...suara knalpot bedahan membelah jalanan.

Tiba di pantura,coba berlari,tapi kok kayak kopling selip,dan gak ada suara ‘ngookk..’

Lepas Cirebon,sebelum masuk Kanci, istirahat dulu di SPBU,isi oli samping dulu..

Lanjut menuju Jawa Tengah, Prupuk-Bumiayu asal gas aja,meski napasnya megap-megap dan sepertinya memang kampas kopling habis,belum lagi panel spidometer bergetar semua hahaha..semoga gak mogok di tengah hutan...

Pokoknya RX King ini harus kutaklukkan sampe Jogja.

Akhirnya siang hari kisaran jam 2 siang, JokTeng finish masuk rumah, langsung masukin garasi.

Sorenya, ibunda melihat motor ini..

“Heh..ngopo koe tuku motor tukang koyok ngene...” komentarnya

Duh...RX King disebut motor tukang...hahahahammpuuunnnn....



Restorasi pun dimulai kembali..pelan-pelan saja..

RX King ijo ini saat JokTeng beli ,sudah menggunakan headlamp trapesium seperti RX KING 2003,meski sebetulnya bawaannya adalah model kotak seperti RX KING di bawah tahun 2001. Dan juga tangki warna ijo sudah pudar,gak enak dilihat.

Jadi headlamp harus dibalikin orisinil,jadi model kotak

Hunting headlamp kotak,di Kebon Jeruk 3 Kota bolak balik kesana ga ada hasil, di Yamaha DDS Cempaka Putih kosong. Sama hasilnya kala mencari tangki warna ijo,susah banget.
Saat pulang ke Jogja,iseng-iseng main ke Poen Motor yang letaknya di seberang kali Winongo alias beda 1 blok aja dari rumah JokTeng, ee la kok ndilalahnya di situ ada tangki RX King warna ijo, seharga 375ribu,dan barangnya ada,alias new old stock !!.. langsung deh aku bayarin bawa pulang.




Sedangkan headlamp kotak didapat di Yamaha Sumber Baru Motor Pingit, itupun katanya tinggal satu unit dan yang jaga konter malah eyel-eyelan sama temanku yang bantu nyariin,katanya model 2001 itu sudah headlamp trapesium,namun begitu ditunjukkan fotonya, langsung terdiam hihihi...

Maaf ,mungkin Anda hidup di beda jaman mas,taunya cuma motor matik aja hahahaha..

Headlamp kotak ini unik, bohlamnya segeda gaban,gak kayak bohlam halogen yang mungil atau bohlam biasa.

Jadi intinya muter-muter Jakarta hunting headlamp kotak sama tangki ijo,dapatnya malah dekat rumah di Jogja...asiikk kan...
                                     headlamp kotak,sudah mulai susah dicari

Oke headlamp kotak dan tangki baru warna ijo sudah dapat. Selanjutnya mencari lampu sein krom,dan klakson,serta tempat tools kit yang berada diatas lampu belakang, dapatlah semuanya di klithikan dan di toko Poen Motor Jogja.

                                toolbox..biasanya malah dibuang pemiliknya

Sementara stiker tangki,didapat di tukang stiker langganan di dekat pasar Palmerah Jakarta
Lanjut lagi,ganti sarangan knalpot dengan yang standar,masih ada di bengkel Yamaha,kini suaranya halus...wrung..wrung...




Sementara sarung jok motif BRIDE juga dicopot,ganti sarung jok yang mirip bawaannya di tukang jok Gondomanan Jogja.

Oke,dirakit dan jreeng.. restorasi pun 80%mendekati aslinya,hanya swing arm yang dikrom oleh pemilik sebelumnya yang tidak aku ganti.

Kemudian,mesin dirapikan,kerak di piston dibersihkan,kampas kopling diganti,totalan gak sampe 500ribu kok.

RX King versi 2001 ini sebetulnya sudah memakai YCLS alias Yamaha Computerized Lubrication System,alias kebutuhan oli samping sudah diatur sedemikian rupa menurut rpm mesin,sistem ini menggunakan listrik,jadi kelistrikan harus beres,sudah dicoba pada Yamaha RXZ kalo gak salah versi 1997 yang pake stang jepit,namun ternyata banyak keluhan oli samping terlalu miskin,jadi efeknya banyak ring seher dan sehernya yang kena,dan di RX King milik JokTeng ini pun YCLS sudah dilepas oleh pemilik sebelumnya,dibuat seperti RX King versi 2000 ke bawah,tanpa YCLS,namun masih ada pompa oli sampingnya.


Sambil merapikan,JokTeng memproses mutasi,dari plat B menjadi plat AB Kota, kira-kira habis 800an ribu.

Nah sudah rapi, lalu diiklankan..

Nah tahap ini yang harus sabar..

Yang minat sama RX King hasil restorasi JokTeng ini buanyaakk... tapi mereka ‘gak punya peluru’

Tau kan maksudnya..

JokTeng buka harga 8,5juta saja.. yang datang Cuma bawa peluru 5ribuan,mentok ya 7ribuan hihihi...adooohh...

Yang datang pun silih berganti...

Dari pemuda berambut cepak..

Pemuda tatoan...

Pemuda pake tindik di kuping...

Pokoknya yang minat sama RX King itu tipe orangnya kok gitu-gitu aja,heran deh..

Padahal kalo JokTeng lagi pake RX King ini,tampilannya rapi, pake jaket,sepatu, celana kain,plus spion kiri kanan ori,gak perlulah jaket kulit,atau tampang wajah di buat seram....wes ora njamannn...hahahaha..



Akhirnya setelah berbulan-bulan nongkrong di Toko Bagus,tepatnya lebih  setahun soalnya sudah 1x perpanjangan STNK, si RX King ini laku.

Yang beli bukan pemuda berambut cepak,bukan pemuda bertato,bukan pemuda bertindik,yang pelurunya kurang banyak,tapi seorang mahasiswa asal Kalimantan, dia sudah hampir lulus,dan katanya di Kalimantan sono nyaris gak ada RX King, harga pun sepakat 8,1 juta

Akhirnya RX King satu-satunya (dan mungkin yang terakhir) milik JokTeng pun berpindah tangan.

Kalo dibilang untung apa rugi ya jelas untunglah...la wong ikut “GaMaWaTi” alias Gabungan Makelar Waton Bathi jeeeh mosok jual rugi..wwkwkw..guyon Dab..

Tapi bukan nominal yang penting,tapi seni merestorasi motor dengan kondisi ‘mendekati kehancuran’ menjadi motor yang kembali maskulin nan gagah dan membuat pemilik yang baru ‘nggumuni’.. itulah kepuasan batin yang tak bisa dinilai.




                                                   sold out...wes payu Dab..



-sekian-

Komentar

Postingan Populer