KiPerPon : Efisiensi SHD, I'll catch you..

KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : SHD

“Efisiensi SHD, I’ll catch you..”

Sebuah catatan perjalanan





Sabtu 9 April 2016,

Kereta api Kutojaya Utara tidak tepat waktu kali ini. Tigapuluh menit lebih lambat dari jadwal saat tiba di stasiun Haurgeulis.

“telat nih koh..bisa ngejar gak ya..?”
“wah..embuh ki..”

Kami berdua sengaja naik kereta api pagi-pagi dengan harapan nanti siang bisa kencan dengan bus Efisiensi SHD di sepanjang Purwokerto-Purworejo. 

Efisiensi ‘SHD’, I’ll catch you..
Aku akan menangkapmu..

Dan karenanya pagi-pagi ini aku terkantuk-kantuk di dalam kereta,entah semalam kurang tidur atau malah efek kekenyangan sarapan di warung ramesan samping pintu masuk stasiun Pasar Senen langgananku kala naik kereta pagi yang masakannya fresh from the kuali dan rasanya itu loh..mak nyusss ...

Sesuai info dari media sosial , bus patas Efisiensi yang mengusung model JetBUS 2 SHD (super high deck) ,berangkat dari terminal Purwokerto jam 12.30. Sebetulnya jika Kutojaya Utara tidak telat,kami masih ada waktu  kulineran soto di seputar alun-alun Purwokerto baru kemudian menuju terminal.

Masalahnya, Kutojaya Utara kali ini terlambat,membuat rencana buyar.

“wis langsung Kutoarjo ae,gak nguber”

Kalimat yang terlontar karena hitungan waktu,Kutojaya Utara akan tiba di stasiun Purwokerto jam 12 siang,dan itu artinya say goodbye terhadap Efisensi SHD

Ndilalah’e..

Waktu menunjukkan pukul  11.15 saat KA Kutojaya Utara akan memasuki stasiun Purwokerto

“gimana Ko, turun pa gak nih..” tantangku
“gambling yok..” jawabnya

Akhirnya kami berjudi dengan pilihan kami, turun di stasiun Purwokerto meskipun tiket kami sah sampai tujuan akhir stasiun Kutoarjo,dan kami berjalan tergesa menuju pintu keluar mencari taksi.

Aku yang dulu sering wira-wiri ngapelin mahluk halus di kota ini,sudah paham,taksi di sini tidak terlalu banyak,angkot pun kalo ada pasti muter-muter dulu keliling kota,murah tapi ngabisin waktu.

Hingga seorang bapak menawarkan jasa taksi plat hitam,namun beliau berseragam resmi alias taksi plat hitam yang resmi mangkal di stasiun Purwokerto.

“mau kemana mas..?”

Hampir saja kujawab “mau ke rumah mantan saya Pak..”

Hihihii...

“ke terminal pinten Pak?”

“50 ribu saja mas”

Aku menoleh kepada Ko Hari

“ayo pak,budhal” sambar Ko Hari

Aku agak heran, partner turingku ini memang terbiasa perhitungan,bahkan kalo lagi bokek  beli tempe mendoan pun pasti  ditawar,lha ini naik taksi kok gak ditawar.

Yo wislah,aku juga paham jarak dari stasiun KA ke terminal Bulupitu itu jauh...kalo yang bilang deket berarti sampean belum pernah punya pacar di Purwokerto..ngaku ajah hihihi...

Dan meluncurlah Kijang LGX diesel ini menuju terminal Bulupitu,kami lupakan dulu kulineran soto,next time aja deh..

                                                menuju terminal Bulupitu Purwokerto



Memasuki terminal Bulupitu,la kok rada pangling, di depan ada area buat pacaran eh maksudnya ada taman yang indah, ada tempat bermain anak-anak,dan juga hiasan payung-payung yang dicantelin hingga menjadi ajang selfie bagi anak muda kekinian. Baru kali ini melihat konsep terminal yang dipadukan dengan taman bermain, sehingga terminal tidak terlihat mengerikan.

Kami bergegas ke agen bus Efisiensi

“ke jogja mas..mari..”

“Bu yang SHD jam pinten?”

“jam 1 berangkat mas..”

“ 2 orang ya Bu”

Lalu si ibu melihat tablet,di situ terdapat daftar manifest, kami mendapatkan seat no 7-8, seratus dua puluh ribu pun berpindah tangan berganti dengan selembar tiket print.

“yess..” raut Ko Hari riang kali ini,tidak mecucu dan merengut seperti kala dia lapar.

Sambil menunggu,kami makan siang di warung Sederhana depan tem-teman bis jurusan Cilacap via Rawalo.

Jam 12.25 kami menuju ruang tunggu,di situ bus Efisiensi ‘SHD’ sudah parkir. Tapi kami tidak terburu-buru naik,karena masih setengah jam lebih baru akan berangkat.

Di ujung sana ,kembarannya lagi parkir di bawah pohon rindang.



Sebagai info, Efisiensi  ‘SHD’ pagi berangkat dari Jogja jam 05.30 dan 06.30

Menjelang pukul satu siang,mandoran sudah woro-woro agar penumpang naik.

“Efisiensi berangkat...berangkat...”

Aku sudah di atas bus..

“foto sik yoh..” ajak Ko Hari

Kami turun dan meminta bantuan mas-mas berseragam Efisiensi yang berambut pirang untuk memotret kami, para mania pemburu SHD hihihi...



Efisiensi ‘SHD’ diberangkatkan,sementara kembarannya mulai beranjak dari rindangnya pepohonan menuju area pemberangkatan.

                                                       kembarannya

So,kira-kira jam 2 siang ada ‘SHD’ lagi jurusan Jogja. Cathet ndak lali...hehehe..

Tak jauh dari terminal, operan penumpang dari shuttle,cukup banyak.

Sepanjang perjalanan dari terminal menuju Banyumas,bus ini masih menarik perhatian pemakai jalan,tak jarang sopir-sopir mobil,truk menengadahkan kepalanya ,memang secara fisik bus ini berbeda karena kaca depannya ‘bertopi’.

Namun kudengar suara kriyet-kriyet,suatu hal yang jarang aku temukan di bus yang belum lama keluar dari Adi Putro,entahlah apakah ini masalah di sasis atau memang kualitas bodi,gak ngerti deh..

Bus bersasis Hino RK8 ini,melaju pelan menuju Banyumas,klakson tololet ciri khasnya masih dipertahankan.

Untuk area pengemudi,terasa lebih sempit dibanding Agra MAS ‘SHD’ yang bersasis Mercedes Benz OH-1836, bedanya jelas, di Agra MAS ruang pengemudi bisa diisi 5 orang,kalo yang Hino RK8 ini hanya muat 3 orang plus 1 pengemudi, mungkin ini efek overhang OH-1836 yang lebih panjang.

Okelah itu gak penting banget dibahas hehhe..

Efisiensi ‘SHD’ ini, 8 deret di kiri,kemudian ada pintu belakang,dan ada 1 baris lagi sebelum paling belakang adalah 5deret seat dalam 1 baris, jok semi kulit tjap Aldilla tebal dengan model terkini yang ditepinya ada tempat pegangan tangan, cukup nyaman,namun Ko Hari tidak menyukai jok model begini,baginya jok yang dipakai Sugeng Rahayu ATB adalah yang ternyaman karena semi rebahan hehehe...

Beruntungnya kami duduk di barisan kedua, kami bisa melihat VDO (Video On Demand) yang terpasang dibalik jok Aldilla, jika memilih hotseat,maka tak akan dapat fasilitas ini. Jadi ini sebuah pilihan,kamu mau pilih hotseat atau entertainment?

Sama halnya yang duduk di deret belakang juga tak dapat fasilitas entertainment ini.

                                                  VDO dibalik seat Aldilla

Namun saat melihat kiri-kanan,ternyata fasilitas entertainment ini malah banyak dicuekin penumpang,aneh ya..dan kayaknya sih penumpang sebelah saya aja yang sedari tadi uthek pencat pencet layar kecil ini,entahlah mungkin nyari filem JAV gak dapat-dapat hihihi...

                                                          pencat pencet ae..

Tak lama mas-mas yang berambut pirang membagikan AMDK,teringat jaman bus patas Purwokerto-Jogja dikuasai PO Raharja,servisnya adalah minuman cola berbotol...enak jamanku to? hahaha..

Sebelum alas Krumput Banyumas  ternyata Ko Hari malah tertidur...we la malah turu,katanya pengen liat keeksotisan ‘SHD’ saat melintas alas Krumput

“koh..bangun koh..ini loh hutannya..”

Melek sebentar,memicingkan mata,lalu tidur lagi...buseet dah...

Tololet..klakson itu sesekali dibunyikan,namun gemanya malah di dalam kabin..wah piye iki..malah mbrebek’i.. Mungkin itu juga dirasakan pengemudi,karenanya klakson bawaan Hino malah sering digunakan untuk ‘mengusir’ kendaraan di depannya.

Di jalan lingkar Kebumen,kres dengan kembaran ‘SHD’ ini,entah jurusan mana.

Jam 15.20 bus Efisensi ‘SHD’ tiba di rest area milik sendiri di Wonosari Kebumen. Sepuluh menit saja waktunya cukup buat pipis. Beberapa penumpang jajan di minimarket.

                                                     di rest area 

Kembali melanjutkan perjalanan. Estimasi waktu tiba di Kutoarjo sekitar jam 4 sore. Aku akan menyelesaikan etape kedua ini di Kutoarjo saja,dan etape ketiga adalah kembali ke Jakarta,sementara Ko Hari lanjut ngetan mau pulang ke Mojoagung, sebetulnya  plan A kami adalah menuju Purworejo dan kembali ke Jakarta naik DAMRI Ultima,maklum Ko Hari ngidam naik Damri Ultima setelah gagal mendapatkannya di Cilacap beberapa waktu lalu.

Namun suatu urusan penting mengharuskan beliau pulang ke Mojoagung,mungkin kebelet mau cuci busi atau ngetap oli ..motornya hihihihi...

Sepuluh menit lepas dari jam 4 sore, akhirnya Efisiensi ‘SHD’ tiba di Kutoarjo,aku turun kesini karena akan kembali ke Jakarta dengan bus Sumber Alam,sementara Ko Hari extend sampe Jogja.

Jabat Erat dan ucapkan Selamat Jalan...

                                                           selamat jalan

Tolelet..Tolelet...

-sekian-
Salam dari Jogja Istimewa


:: tarif bus Patas Efisiensi ‘SHD’ Purwokerto –Jogja Rp 60.000,- bonus AMDK

Komentar

Postingan Populer