KiPerPon : Jalan Pagi Bareng Sumber Alam

KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : Minggu Pagi

“Jalan Pagi Bareng Sumber Alam”



Jogjakarta, 3 April 2016

Senin dinihari esok akan digelar MotoGP seri  Sragentina eh Argentina.

Digelar dinihari karena Argentina berada di benua Amerika.

Masalahnya hari Minggu ini aku berada di Jogjakarta dan Senin pagi masuk kerja di Jakarta.
Liga malam Senen lupakan dulu,karena nonton MotoGP itu wajib
Bersiap kembali menjalani rute pagi,tidak naik kereta api yang sekarang terasa mowahalll ,melainkan naik bus,meski naik bus lebih lama waktu tempuhnya tapi lebih bisa dirasakan suasananya,apalagi sekarang kereta pagi walau sudah ber AC namun kalo siang masih terasa panas karena banyak penumpang keluar masuk buka tutup pintu jadi sebab AC gak maksimal...loh malah curhat...

Oke, back to KiPerpon,setidaknya pernah 3 cara aku coba berangkat pagi naik bus dari Jogja menuju Jakarta :
1.    Jogja-Tasik dengan Budiman,lanjut Primajasa atau Budiman dari Tasik ke Jakarta
2. Jogja-Purwokerto dengan bumel,lanjut Purwokerto-Tasik,lanjutin lagi Tasik-Jakarta,opsi ini kalo berangkatnya menjelang siang saat jam Budiman pagi Jogja-Tasik  sudah habis
3.    Jogja langsung Jakarta dengan PO Sumber Alam AC Pagi

Karena kemarin pulang sudah lewat Tasik,maka balik ke Jakarta gak lewat Tasik. Jadi opsi ketiga yang dipilih.

Nah masalahnya,agen Gamping punya’e mas Kus ogah jualan tiket pagi,alasannya karena jam keberangkatan dari pool Sumber Alam Giwangan dimajukan lebih pagi atau setelah subuh,dan penumpang pagi di hari biasa tidak banyak,kata dia sih mending tidur saja...Yo wis itu hak beliau kok..mungkin sepagi itu masih enak buat serangan fajar ,buktinya sekarang sudah nambah buah hati satu lagi tuh hihihihi...

Oke deh...masalah lagi nih,kalo malem Minggu di Jogja biasa nongkrong bareng konco lawas,bisa sampe jam 2 pagi baru pulang ke rumah (cuman kalo di Jakarta males begadang,di Jakarta kan kerja cari duit jadi harus saving energy..hehehe..), dan susah banget kalo jam 4 pagi sudah harus bangun menuju terminal Giwangan..

Untunglah sebagai bismania, aku gak kurang akal, estafet dulu Jogja-Kutoarjo kalo pengen naik Sumber Alam AC pagi.

Sepertinya sih mudah,tapi kalo sampean tinggal di Jogja,ternyata estafet ke Kutoarjo itu tak semudah cocote Ponirin loh hihihi...

 La piye jal, kalo Minggu pagi itu nyari bis kota susah,apalagi dari seputar pasar Klithikan Kuncen mau ke Pasar Gamping,mau naik apa jal..?? 

Bayangkan saja,bus engkel Tempel-Jogja jam 6 pagi belum tentu kelihatan batang wiper-nya, memang sih kalo sebelum jam 6 pagi kadang ada bumelan Semarang-Jogja yang masuk kota,tapi hanya ada 1 Sumber Waras aja melintas antara jam 05.15-05.45 , dan ada 1 lagi bus Borobudur-Jogja PO Gading Indah yang juga masuk kota, memang itu bisa jadi andalan, nah kalo udah sampe perempatan Wirobrajan menuju Pasar Gamping tambah mumet di hari libur. Bis kota jalur 15 aja ogah-ogahan, bus Jogja-Wates kadang ada,kadang gak ada...eaalaah...ini kota tujuan wisata tapi naik bis di hari libur aja kok susah bener yak..

Bejo,sekarang ada ojek online,tinggal kontak aja,trus dijemput...rampuuunngg...!!

Dan pagi itu jam 06.11 aku sudah tiba di depan Pasar Gamping. Di depan pasar ini adalah tem-teman bus menuju arah Cilacap,Purwokerto,Wates,juga ada agen shuttle tjap Sumber Alam.

Baru beberapa detik menginjak tanah,muncul bus Alladin jurusan Tasik.

“ngulon..ngulon..Bumen..Gombong..” teriak kernetnya

Wah,tumben nih ada Alladin AC Tarif Biasa, padahal tadi udah hopeless ketinggalan Antar Jaya ‘Lorent Lawu 2’ yang melintas Gamping jam 06.00

Tak sampe ngetem 3 menit,Alladin langsung menggelindingkan keenam rodanya. Seat 2-3 Mercedes Benz 6 speed alias mersi cooler yang ramah,plus paduan bodi Laksana Comfort full original,sempat menggoyahkan iman untuk ngetrip bersamanya hingga Tasik, namun kata hati “wingi wes lewat Tasik Dab..” membuatku hanya merogoh dompet 20ribu saja alias tetap numpang sampe Kutoarjo.

                                                  Alladin AC Tarif Biasa

Alladin berlari pagi di Minggu pagi, nafas tuanya pun masih enak didengar, cas ces cas ces gitu suaranya kalo ngerem...Emang sih kalo bis dari Priangan Timur itu kalo dirawat tak kalah dengan pesona para mahluk halus Priangan Timur..muluusss..

Masuk terminal Purworejo jam 07.30 alias sejam lebih sedikit, keluar dari terminal Purworejo malah ngetem di samping parkiran motor menunggu langganan,akibatnya Antar Jaya “TERMUDA” langsung mengovertake,setelah sebelumnya Kencana Jaya juga melakukan hal yang sama.

Tiba di depan pool Sumber Alam Kutoarjo jam 07.48, langsung go show beli tiket AC pagi jurusan Lebak Bulus.

                                                 tiba di Kutoarjo

Sekarang beginilah caranya kalo mau naik Sumber Alam AC Pagi, nglurug ke pool Kutoarjo dulu.

Seratus Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah, harga tiket menuju Jakarta pagi ini, mahal atau murah itu tergantung isi ATM Anda hihihii..

Jam keberangkatan masih lama,masih sempat ngopi dulu sambil menikmati suasana sudut kota kecil Kutoarjo yang satu dekade ini nyaris tak ada perubahan berarti.

                                                     garasi

Penumpang pagi memang tak sebanyak penumpang sore hari, kala pagi ini diberangkatkan 2 bus Legacy SR-1, jurusan Lebak Bulus-Ciputat-Pondok Cabe dan jurusan Poris ,menandakan okupansi yang tidak terlalu buruk. Pernah suatu waktu kelas AC Pagi ditugaskan trio Isuzu Giga bodi Laksana Tourista dengan kapasitas penumpang lebih sedikit namun dengan konsumsi solar yang diharapkan lebih hemat,cukup menolong biaya operasional di kala sepi penumpang.

Jam 08.15 penumpang dipersilahkan naik,diabsen dulu sama kru,setelah komplit maka perjalanan pun dimulai,aku duduk di seat no 27, sebelahku seorang pria namun memilih bergeser ke belakang,ya udah buy 1 get 2 nih..

AA 1539 DL Legacy SR-1 Hino RK 8 berpintu tengah, melaju kalem menyusuri jalur selatan beriringan dengan AA 1538 DL. Lalu lintas pagi ini tak terlalu ramai.

Di Kebumen dan Gombong menaikkan beberapa penumpang,hingga total sekitar 20 penumpang di dalam bus ini.

Di dalam bus ,hembusan AC Thermo King cukup moderat, sepoinya bisa membuatku gampang tertidur seakan melanjutkan tidur malam yang kurang. Jika cahaya matahari menerpa,tinggal tarik gorden,sreeekk... tak ada lagi yang menghalangi niatku buat tidur hehehehe...

                                             K2/K3 mana ada foot rest nya

Mendekati kota kecil Ajibarang,aku minum cukup banyak air putih,karena sebentar lagi akan beristirahat makan.

Dan pukul 11.45, bus masuk RM Sumber Alam Ajibarang,antri ambil menu makan. Dan masakan berbayar di sini cocok dengan lidahku dan tentunya cocok dengan isi dompet.
Segelas kopi susu instant  branded dijual hanya 3ribu perak di sini,sementara nun jauh di sana di RM Kedung Roso 5ribu perak untuk menebus secangkir kopi..

Duapuluh dua ribu untuk menu makan siang kali ini dengan 2 lembar mendoan,sepotong telur dadar,segelas kaca es teh manis,dan tentunya sayur mayur kesukaan Ponirin.

                                                        menu handal

12.27 meninggalkan Rumah Makan, lepas dari sini tak lagi menaikkan penumpang. 

Kuhitung estimasi waktu tempuh,prediksiku kira-kira jam 9 malam masuk Jakarta.

Jalanan masih lancar siang ini, lingkar luar Bumiayu pun cukup sepi,membuat perjalanan ini seakan lebih cepat. Sebelum Ketanggungan,aku sudah tertidur lagi...klengeerr...

Terbangun sudah di ruas tol Cipali ,dan jam 16.37 Sumber Alam 39DL diarahkan masuk rest area KM 102. Kirain isi solar,ternyata kru ngopi-ngopi dulu,sementara bus 38DL juga sudah parkir. Sejak pantura ditinggalkan pasukan Sumber Alam AC Pagi,maka istirahat sore di arahkan di rest area,pernah sebelumnya naik AC Pagi malah langsung joss Jakarta tanpa istirahat kedua,mungkin lebih bijak beristirahat sebentar,karena perjalanan siang itu bikin mata capek karena silau,jadi kalo ngantuk bukan ngantuk karena menguap tapi karena silau.

Namun suasana tol Cipali di senja ini cukup bersahabat,lancar,cuaca selepas hujan membuat tak terasa panas.



17.00 bus dijalankan kembali menuju Jakarta,sementara Sumber Alam jurusan Poris mengisi solar dulu. Tak ada yang istimewa di ruas tol ini,dan belum terlalu malam kala melintas di gerbang tol Cikarang Utama.

Kemudian exit gerbang tol Bekasi Barat sekitar pukul 8 malam,di sini baru ketemu macet,antri masuk kota Bekasi. Dari Bekasi Barat,bus diarahkan menuju Pondok Ungu,di depan pool Sumber Alam,banyak penumpang turun.

Lanjut ke jurusan terakhir Lebak Bulus-Pondok Cabe.

Jam 21.30 aku turun di depan ex terminal Lebak Bulus untuk kemudian melanjutkan naik Trans Jakarta menuju Kebon Jeruk. 

Setiba di kos masih banyak waktu untuk beristirahat sembari menunggu siaran MotoGP.
-sekian-

Tarif :

Ojek Online: Rp 12.000,-
PO Alladin Gamping-Kutoarjo : Rp 20.000,-
PO Sumber Alam AC Pagi seat 2-2 non toilet : Rp 135.000,-
Makan siang : Rp 22.000,-
Total : Rp 189.000,-


-salam dari Jogja Istimewa-

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sumber alam larinya joss wkwkwk lanjutkan

    BalasHapus
  3. Naik dari garasi Jogja kn bisa nanti beli tiketnya di Kutoarjo

    BalasHapus
  4. Saya pernah naik sumber alam pagi dari agen Pedes (sedayu) tpi ga tau masih bisa apa tidak, jauh ya klu hrd ke kutoarjo dulu. Mau tanya, ini lewat karawang (terminal klari) ga ya? Dlu sblm ada cipali sih lewat pantura, jdi pasti lewat klari. Mau mastiin minggu depan mau dr jogja. Thanks buat infonya

    BalasHapus
  5. Saya pernah naik sumber alam pagi dari agen Pedes (sedayu) tpi ga tau masih bisa apa tidak, jauh ya klu hrd ke kutoarjo dulu. Mau tanya, ini lewat karawang (terminal klari) ga ya? Dlu sblm ada cipali sih lewat pantura, jdi pasti lewat klari. Mau mastiin minggu depan mau dr jogja. Thanks buat infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer