Tematis Restorasi Binter AR : Siap-Siap Merestorasi Binter AR 125 tahun 1984



Siap-Siap Merestorasi Binter AR 125 tahun 1984



Sebuah Binter AR 125 tahun 1984 dalam kondisi memprihatinkan sudah lebih sebulan ini  berada di garasi.

Memang kondisinya tak bagus,ya sesuai harganya yang murah


                              kondisinya memang parah dan bocor alus nih.. hahaha


Kini, broompit tersebut jatuh di tangan yang benar, nah siapalagi kalo bukan tangan saya ..hahaha..

Gak kementhus dab, saya pernah membangun sebuah Honda Nova Sonic 125RS dalam kondisi memprihatinkan menjadi menakjubkan,juga Yamaha RX King 2001 yang dalam kondisi alay menjadi tampil orisinil.

Kini,motor 2Tak ketiga yang pernah saya miliki ini,yaitu Binter AR 125,siap-siap saya restorasi.

Motor 2Tak pertama saya,Yamaha RX King 2001, yang ketiga Binter AR ini, nah motor 2Tak saya yang kedua belum bisa saya ceritain,tapi  kini sudah dalam tahap perakitan mesin.

Tentu proyek restorasi ini menjadi mission possible di tahun 2017 ini. Ya sebagai pengisi waktu juga sebagai penyemangat cari duit.

Mungkin belum pada tahu, merestorasi motor lawas itu butuh dana besar, meski begitu kepuasan batin gak bisa dinilai dengan uang, betool??

Tapi memang ada yang bilang sih, merestorasi Binter AR 125 ini tak cukup hanya peluru (baca: duit) yang banyak,tapi lebih butuh kejantanan,eh maksudnya effort yang lebih.

Sudah hal yang lumrah,jika banyak yang menyerah di tengah jalan saat merestorasi Binter AR125 ini, akhirnya motor hanya dijual pretelan saja. Wajar, merestorasi broompit yang berusia lebih 30 tahun ini kudu sabar,telaten,gak bisa buru-buru kayak servis motor anyar.

Buat saya sendiri, merestorasi motor itu hasil akhirnya harus sama dengan aslinya,minimal persis kayak keluar dari showroom. Dan memang saya suka aliran standar saja,gak suka thai look,japstyle,britstyle,ratbike,odong-odong atau apalah...pokok’e showromm style hehehehe..

Lalu kenapa harus Binter AR 125 yang direstorasi?

Hmm..kalo merestorasi Yamaha RX King sudah pernah je...sedangkan merestorasi Honda CB lawas,gak minat juga soalnya barangnya banyak seliweran,sparepartnya juga terlalu mudah didapat karena kaizen engine khas Honda bisa tukaran sama seri GL sampe generasi Tiger,buat saya itu kurang menarik ,gak ada tantangannya.

Sedangkan Binter AR125 ini,sparepartnya langka,dan gak semua sparepart-nya bisa tukeran sesama Binter misal sama KE125 atau GTO atau KH,la wong mesinnya beda,saking susahnya nyari substitusi sparepart ,boleh diguyonin yang bisa tukeran cuma pentil-nya tok hahahaha..

Binter AR memang sudah langka yang wira-wiri di jalanan,tak seperti era 90an awal masih banyak seliweran di Jogja,waktu itu klubnya pun ada,tiap malam Minggu keliling Malioboro dengan modif favorit saat itu adalah memakai fairing fiberglass dan buntut dengan lampu astrea star ,bengkelnya pun ada dekat jalan Ireda arah ke kali Code,bahkan tempat modifikasinya ada di perempatan Tungkak,namanya Kripton Motor. Tapi itu dulu ya..

Sekarang ini, yang pernah saya lihat di Jogja cuma 1 unit warna hitam milik om-om yang tinggal di Kauman,dan katanya temen ada satu lagi warna putih yang dipake guru SMA 7. 

Di kota lain,pernah liat di Surabaya warna merah yang pake sudah sepuh,lainnya belum pernah liat lagi kecuali liat di youtube,meski kalo ngintip di FB,di Jakarta ada beberapa unit.

              Salahsatu Binter AR,dalam kondisi orisinil,melaju di jalanan Surabaya


Kini di rumah orangtua saya di Jogja,sudah kebanjiran kiriman sparepart, sampe yang punya rumah ngamuk-ngamuk karena ada aja paket datang jam setengah sembilan malam...loh malah ngamuk,la wong mereka itu ditarget paket harus sampai sesuai jadwal,kalo gak sesuai jadwal ya pelanggan emoh pake paket itu lagi to?

Oke,balik lagi ke Binter AR125, saya memilih waktu setelah lebaran baru bisa start restorasinya,sekarang ini bertahap masih saya kumpulin sparepartnya,karena bengkel jaman sekarang pasti mumet nyari sparepartnya. La wong sewaktu Binter AR masih eksis aja,nyari sparepartnya juga susah bin mahal.

Oya tentang bengkel mana yang akan saya pasrahin merestorasi sepeda ini, belum saya putuskan,tapi yang bisa saya kerjakan sendiri ya saya kerjakan sendiri,kalo yang gak bisa saya kerjakan misalnya ngelas,atau meng-oversize boring ya saya serahkan ke bengkel.

Yup,semoga semuanya lancar.


-hendi-

Komentar

  1. Info yang sangat menarik dan bermanfaat min. Bagi kamu mahasiswa yang ingin memulai bisnis, bisa melihat tips dan triknya disini: http://dadardudur.blogspot.com/2018/09/cara-mudah-berbisnis-bagi-mahasiswa.html

    BalasHapus
  2. Kami dari keluarga besar DEWALOTTO
    Mengucapkan happy chinese new year 2020
    Semoga dihari yang istimewa ini akan membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan untuk semua orang ,
    GONG XI FA CAI ^-^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer