KisSMe::Motor misterius di jalan tembus Jambu-Banyubiru




KisSMe : Kisah Sing Medeni

“Motor misterius di jalan tembus Jambu-Banyubiru”

                                     



Dear kanjeng pembaca..

Mumpung masih bulan Syawal nih, maaf lahir batin buat semuanya..

Oke,kali ini saya menulis pengalaman pribadi , ya semoga ‘medeni’ hihihi..

Seperti yang sudah-sudah,yang gak punya nyali baca cerita horor mendingan close aja..baca cerita horor aja gak berani apalagi ngadepin mahluk halus ber-high heels..huuu..

Yuppzz..hari itu Rabu 6 Juli 2016 adalah hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H.
Dan di rumah cuma bertiga saja dengan ibu dan adik saya yang bungsu. Kebetulan mobil Toyota KE-70 klangenan almarhum bapak saya nganggur soale kakak yang biasa pake, nitipin mobil itu di Jogja,sedangkan dia sekeluarga mudik ke rumah mertuanya naik bis Patas Ramayana jurusan Semarang, 3 hari sebelum hari raya.

Hari itu,aku ajak ibu dan adik saya ‘mbolang’, mereka seneng sih karena kurang piknik eh bukan ,maksudnya kalo yang ngajak jalan-jalan itu saya,pasti diajak ‘blusukan’ ke tempat yang jarang atau malah belum pernah mereka kunjungi.

Dan hari itu,aku mengajak ke Eling Bening Ambarawa, kalo di media sosial,tempat ini lagi nge-hits. Dan berangkatlah kami menuju Ambarawa melewati jalan Magelang,kemudian masuk Magelang kota,dan kemudian Secang,lalu mendaki perbukitan menuju Ambarawa.

Mungkin sedikit salah perhitungan,karena aku kira di hari pertama lebaran ini jalanan sepi,tapi kendaraan plat H dari arah Ambarawa menuju arah Magelang cukup ramai..hmm mikirnya sama nih,pada dolan di hari pertama,kan jalanan sepi..mak byuk malah jalanan jadi padat hahahaha...

Untunglah KE-70 ini sehat,meski rada was-was karena kampas kopling sudah hampir habis,jadi kalo ketemu tanjakan panjang harus ancang-ancang..ya itulah seninya membawa sedan tua ‘mbah buyutnya altis’ ini..

Kami istirahat sejenak kisaran 2 kilometer sebelum tikungan ‘kopi eva’, ya sekedar ngademin mesin dan beli minuman di gerai minimarket.

Kemudian lanjut lagi, Ambarawa tak jauh lagi..

Di daerah Jambu (info dari googlemaps), aku belokkan melalui jalur alternatif, nah dulu banget pernah lewat jalur ini naik motor, nyebrangi rel sepurtua Ambarawa-Bedono,dan pesona alamnya masih segar dinikmati.

menjelang pertigaan jalur alternatif Jambu-Banyubiru


                             garis marka putus,boleh nyebrang,hati-hati dari arah depan




                                               masuk ke jalur alternatif,tetap kalem



Jalan alternatif ini langsung tembus ke Banyubiru,dari situ bisa dilanjutkan ke Ambarawa atau ke Salatiga dengan pemandangan Rawa Pening-nya.

Meski hanya cukup 2 mobil papasan,jalan ini cukup mulus,dan sepi,tak banyak mobil pribadi yang memilih jalur ini.

Aku dibelakang kemudi santai saja,sementara adikku sedari tadi duduk sebelahku sambil ngemil,sedangkan ibuku duduk di belakang.

Awal jalan ini adalah lurus,lalu sedikit belok ke kiri..



Kemudian belok ke kanan



Kemudian lurus lagi tak jauh,kemudian disambut tikungan ‘irung petruk’, dan jalan di bawahnya kelihatan sekilas..

Saat menuju tikungan ‘irung petruk’ itu, di jalur bawah ada sepeda motor matik berboncengan menuju ke arahku,aku berpikir cepat,nanti di tikungan ‘irung petruk’ pasti papasan dengan motor itu.


                                melihat motor berboncengan dari arah bawah di sini

::note: saat saya lewat jalan tsb,semak-semak di kiri jalan tsb sudah cukup tinggi

Saat memasuki tikungan ‘irung petruk’, aku klakson..tolol let ..tolol let..eh gak pake tololet ding...bunyinya klakson masih tin..tin...dengan maksud agar motor tadi gak kaget mak bedunduk ketemu KE-70 yang suaranya ‘nyaris tak terdengar’ ini

                                                  klakson dibunyikan..tin..tin..

Perlahan aku memasuki tikungan ‘irung petruk’, gigi pindah ke 2,kopling sedikit prei biar engine brake bekerja,rem diinjak perlahan,atur kecepatan hingga hanya 10-15 km/jam...dan....

Cilub...ba...

Dari arah depan tak ada kendaraan satu pun...


   di tikungan 'irung petruk' tidak papasan sama motor


Di sebelah kiri sudah tebing berumput, di sebelah kanan jurang yang ada rel sepurtua..

Dalam hati aku bertanya..”motor tadi kemana ya..kok gak ada..” sambil mataku lirak lirik ke kiri ke kanan..

   motor tadi kemana...???


Mobil tetap aku jalankan perlahan..

Kemudian di depan ada tikungan puter balik,dengan jembatan kecil,di mana di bawahnya ada rel sepurtua tadi...

                                           jembatan kecil di atas rel sepurtua


Aku masih heran,kemana motor tadi..??

Sesaat setelah melewati jembatan,adikku bertanya..

“mas, motor’e mau nang endi yo..”

“laiyo..aku yo lagi mikir..”

“bener kan mas,tadi kan ada motor..boncengan kan..??”

“iyo..kudune pethukan nang tikungan mau..”

“la terus mau opo yo mas..”

“lha embuh...”

Dan Toyota KE-70 pun klenyer-klenyer melaju tenang menuju Banyubiru


                                                   mengarah ke Banyubiru


Dan saat sorenya kembali ke Jogjakarta,aku melewati jalur yang sama,masih sepi nyenyet seperti siang tadi dan terus terang jalur rel sepurtua yang melintas di bawah memang menjadikan lokasi ini agak ‘gimana gitu’..

Di ujung pertemuan dengan jalan raya Ambarawa-Secang,aku ingin bertanya kepada orang yang sering menyeberangkan kendaraan,tentang kejadian siang tadi tapi urung kulakukan.

Sementara,biarlah kujadikan misteri


-sekian-

::terimakasih kepada Google StreetView ,sehingga foto ilustrasi di lokasi bisa di upload disini
::semua foto ilustrasi diambil dari Google StreetView


Salam dari Jogja Istimewa


Komentar

Postingan Populer