KiPerPon : Nostalgia Bareng Ismo Trans Jaya






KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Edisi : nostalgia ISMO

“Nostalgia Bareng Ismo Trans Jaya”

Sebuah Catatan Perjalanan


Sore itu aku mendapat info kalo PO New Ismo akan ‘ngelen’ lagi Jakarta-Wonogiri-Pacitan

Tak banyak kenangan dengan PO asli Wonogiri ini. Seingatku , jaman masih SMP kelas 2 (kalo sekarang kelas 8) pernah ikut wisata ke Malang,dan saat itu karena tidak wajib ikut,dari 12 kelas yang ada (per kelas rata-rata 40 murid),hanya mampu meraih penumpang murid dan guru sebanyak 1 big bus non AC PO ISMO seat 2-2 dan 1 bus AC medium sasis Mitsubishi,namanya PO Hayumas Travel (nama ini baru keingat tadi sore hahaha...) sama-sama plat AD.

Entah siapa yang order busnya,tapi yang big bus adalah PO ISMO warna coklat,sasis Mercedes Benz,setir tampah,yang bagian tengahnya bisa diputer dan dibuka buat nyimpen kunci kontak. Saat itu aku bersama hopengku,anak seorang kyai NU yang rumahnya dekat sama rumah orangtuaku,langsung pilih seat depan kiri. 

Kalo dipikir ya aneh juga,piknik ga ada tour leader,Cuma absen tok,trus pilih kursi suka-suka ,rebutan kayak rebutan bus di arus mudik di pool Sumber Alam Pondok Ungu hihihihi...

Nah, ada instruksi yang cewek dan ibu guru duduk bagian depan,tapi aku dan temenku ‘megeg’..”wis ben, lungguh kene ae,nek ora diusir rasah pindah..”

Sampe sekarang pun aku masih bingung kenapa kalo naik bus,sering lihat yang duduk depan malah ibu-ibu,lah kalo amit-amit ‘ngedher’ kan kena duluan to..

Trus kenapa gak naik bus medium AC, karena bus tsb diisi oleh panitia,kepala sekolah dan keluarganya wis pasti gak asik lah..

Akhirnya perjalanan itu sangat mengasikkan,guyon sepanjang jalan dengan teman karibku,kebetulan meski dia anak orang kaya yang sering dijemput Mercy Tiger sepulang sekolah (tapi seringnya naik bis kota Aspada/Puskopkar jalur 12 bareng aku) tapi dia gak cerewet dapat bus AKAP yang dikaryakan jadi pariwisata,tidak sambat sumuk,panas,apalagi sambat merek jok bus nya..


Kenangan bersama ISMO yang lain saat pulang dari Jakarta,kisaran awal 2000an..

Saat itu aku ke Jakarta bersama (alm) bapakku, berangkat ke Jakarta sih naik kereta,dan karena aku lama banget gak nyepur,pulangnya pun berharap naik kereta lagi. Namun urusan hari itu selesai jam 10 pagi. Kami langsung check out dari hotel Pasar Baru (sampe sekarang kalo lewat sini aku klaksonin,sekedar mengingat kalo ada kenangan indah bersama bapakku). Ternyata bapakku mengajakku ke terminal Pulogadung,artinya kami akan naik bus malam. Sebetulnya aku gak terlalu setuju..

“ nek nyepur kesuwen ngenteni..” kata bapakku saat itu. Memang saat itu jadwal kereta tidak ada yang berangkat siang jam tanggung,adanya pagi sama malam.

Jadilah kami nyegat Mayasari Bhakti AC warna biru dari depan hotel/tepi kali Ciliwung, aku ingat pintu belakangnya masih hidrolis.Singkat cerita sampailah kami di Pulogadung, seingatku dari dulu hingga kini tak banyak berubah,kecuali ada halte TranJakarta saja.

Berjalanlah kami ke loket bus malam,dan dihadang banyak calo..!! (dan kondisi ini tak beda dengan jaman sekarang)

“kemana pak..??” tanya mereka sambil dorong-dorong.

Jujur saja,saat itu belum kenal nama Sumber Alam, kalo nama Ramayana atau Safari Dharma Raya sudah paham kalo bus itu bertujuan ke Jogja.

Seorang calo membawa kami ke loket PO Ismo

“Jogja, 2..” kata bapakku

Wanita penjual tiket kemudian memberikan tiket kepada kami

“jam setengah satu berangkat,ditunggu dulu ya Pak..” katanya

Kelar membeli tiket,seorang calo menyenggol bahuku dengan keras..

“mas, ke Jogja ki numpak Joko Kendil..!!” katanya agak keras,dan dia ngeloyor pergi

Aku paham maksudnya,dia kecewa, dan Joko Kendil bukan bis yang asing bagiku,dulu sempat melayani trayek Yogya-Semarang, maka kalo dia bilang begitu,seapesnya mesti sampe ke garasi Magelang. 

Sedangkan Ismo ini..
“sak ngertiku, Ismo ora sampe Jogja loh..” kataku pada bapakku.

Ingatan jaman sekolah dulu,masih tersimpan rapi,papan trayek Jakarta-Solo ada di balik papan “PARIWISATA” membuatku tahu kalo Ismo gak masuk Jogja,apalagi kala SD aku pun sering nongkrong di perempatan Tungkak dekat rumah simbahku ,main tebak-tebakan nama bis yang melintas menuju terminal Umbulharjo, dan Ismo tak pernah melintas di situ.

Bapakku diam saja, beliau hanya menikmati kesemrawutan terminal. Memang jaman beliau dulu muda,sempat hidup di Jakarta,saat peristiwa Malari 1974 beliau masih kuliah di Jakarta,saat semua kendaraan merek Jepang dibakar massa,beliau santai aja melintas kerumunan massa dengan Vespa Super nya..Maka soal kota Jakarta,beliau tidak asing.

Satu jam berlalu, bus belum datang.
“lah piye iki, wis sejam durung ketok” , aku mulai kesal, tapi sekali lagi bapakku tetap tenang.

Setengah tiga sore, datang PO ISMO dengan papan trayek ‘Jakarta-Solo-Batu’
“lah rak tenan, iku bis Solo” kataku

Kami kemudian naik sesuai nomer kursi, saat itu dapat deret keempat atau kelima aku lupa,tapi sebelah kiri. Dan dengkul mepet, AC gak dingin..diammppuutt...
“bis opo iki,sempit ngene,AC ora adem..” aku mulai protes sama bapakku
“ngerti ngene mbok mau nyepur wae to..” tambahku sambil memukul jok bus di depanku

Bus belum dijalankan,sementara kegaduhan ada di baris tengah,seorang penumpang menempati bangku yang bukan haknya dan yang punya hak menuntut dia tetep kudu duduk di situ. Yang gak punya hak gak mau pindah, agen pun turun tangan.
“mas,kamu bisa diatur gak sih,gara-gara kamu bis gak bisa berangkat”
Akhirnya penumpang itu pindah ke bangku yang ditakdirkan untuknya.

Jam 3 sore lebih sedikit bus dijalankan. Entah lewat mana aku gak peduli karena masih kesal,akhirnya aku capek sendiri dan tertidur.

Saat aku bangun,bus sudah keluar Jakarta,tolah toleh gak tau ini di mana, cuma sekarang baru mencerna,itulah pantura.

Jam 5 sore,bus berhenti istirahat makan, lokasinya di tepi laut,sehingga angin laut sore-sore cukup terasa.Nama rumah makannya? Lupa...

Menjelang senja,Ismo diberangkatkan..

Sebelum tengah malam,ISMO sudah masuk Tegal,Jawa Tengah. Aku yang baru kali itu naik bis malam,gak paham berapa waktu tempuh Tegal-Jogja. Sempat aku melihat bus Joko Kendil warna putih jauh meninggalkan ISMO,bahasa anak sekarang :NGEBLONG: ..aku manggut-manggut saja..Oooo kae to Joko Kendil.. bus lain gimana? Mbuh ra ngurus...

Kisaran jam dua pagi bus sempat berhenti di sekitar Bawen,penumpang yang turun pada kedinginan lalu naik lagi..Jam tiga-an pagi bus melintas Bawen,dan bablas terus arah Salatiga

“Pak, tenan to, ora lewat Jogja, mengko medhak Kartosuro wae..” kataku. Pancen calo iku nggatheli, itulah yang bikin orang males ke terminal,walau tidak semua terminal calo-nya kasar.

Menjelang Kartasuro kami bersiap turun,tapi ternyata masih jauh,kami tetap berdiri dekat pintu.

Jam setengah lima,kami turun di bunderan Kartosuro. Saat itu meski sudah tau Sumber Kencono,namun ternyata PO Langsung Jaya lah yang membawa kami menuju Jogja.

Bus bumel bermesin depan ini dipacu kencang..

Belum sampe terminal Klaten, bus mogok...hahahapeess..

Semua penumpang dioper bus belakangnya..

Sampai terminal Umbulharjo jam 06.30, kami beralih ke terminal bus kota , menunggu Kopata jalur 1 yang akan membawa kami dan ternyata jalur 1 sudah megap-megap kalah sama bus engkel Jogja-Tempel yang saat itu berjaya karena bus Jogja-Borobudur seperti Cemara Tunggal dan Tirto Mulyo  masuk kategori AKAP dan tidak boleh masuk kota dan harus lewat ring road selatan ,sementara rute Kopata Jalur 1 dari Terminal Umbulharjo hingga Pingit dan sebaliknya dimakan bus engkel Jogja-Tempel yang jarang ngetem dan jamnya rapet sehingga Kopata yang jalannya pelan dan ngetem jadi megap-megap (jaman sekarang giliran bus Jogja-Tempel yang megap-megap karena penumpang udah jarang,udah banyak naik motor) dan 07.30 kami sudah sampai rumah..

Limabelas tahun kisah itu berlalu, kini aku ingin nostalgia dengan PO ISMO, meskipun kali ini berlabel PO New Ismo Trans Jaya.

Dari info yang kudapat,salah satu agennya ada di samping pool taksi Batu Ceper, menujulah aku kesana. Hingga kutemukan papan agen di atas kios tambal ban

                                                 spanduk agen jadi petunjuk

“Ismo sebelah situ mas” kata penjaga kios sambil menunjukkan rumah makan padang

Loh kok di rumah makan Padang, antik ki..

“monggo mas,badhe tindak kapan” tanya mas agen ramah,keramahan ini khas banget masyarakat Wonogiri dan sekitarnya. Semoga dia tidak melihatku memakai jaket BisMania Community,karena aku tidak ingin difasilitasi hanya gara-gara atribut.

“hmm..nganu mas..besok nek jadi aku langsung kesini saja,soale njagani nek isih meeting nang kantor”
“ Oo nggih mboten nopo-nopo mas..” jawabnya
“mbenjang niku len perdana mas , nek dinten niki perdana saking wetan” tambahnya

Wah,ngelen perdana? Jarang-jarang loh kalo ikut bis ngelen perdana.. Aku makin bertekad untuk ikut besok siang..ijin mulih gasik aaghh...hihihi...

ISMO dulu sempat melayani Jakarta-Wonogiri, tapi denger-denger lebih suka fokus ke patas Semarang-Solo dan mengoperasikan armada pariwisata dengan brand “Yellow Wish”.  Tadi mas agen bercerita, ISMO Trans Jaya masih satu kerabat dengan ISMO, dan Trans Jaya sebetulnya adalah mobil travel jurusan hingga Pacitan,mungkin penumpang bus yang akan ke Pacitan akan dioper mobil kecil sesampai Wonogiri? Entahlah..

Jumat 3 September 2015,
Sebelum jam 12 siang,aku sudah bereskan pekerjaanku,aku ngojek dari depan terminal Kalideres menuju Batu Ceper. Ongkos seharga 25 ribu naik Shogun kebo yang roda belakangnya goyang-goyang sudah gak center..

                                                          ojek bukan gojek

Tiba di rumah makan,langsung bayar cash , dan pesen makan siang sekalian menunggu bus yang datang.

Mas agen sempat menemaniku ngobrol sebentar,kata dia tiket dan spanduk baru akan dibagikan nanti, jadi ini masih merintis. Termasuk tiket busnya nanti akan ditukar di atas bus.
                                                             tiket sementara

13.35 Ismo Trans Jaya datang, Evobus Mercedes Benz 1518 XBC,bukan bus baru,tapi itu gak terlalu pentinglah.

Aku naik dan di dalam hanya ada 1 penumpang,dan 4 orang kru.

                                 
                                                   interior

Aku pilih deret ke tiga sebelah kanan,yang kusuka dari bodi Evobus adalah kacanya yang lebar.. Sementara deret kiri adalah 8 baris, tersedia smoking area ,toilet,dan selimut, mantep tenan dengan seharga 130 ribu

                                                              tiket resmi

Bus diberangkatkan, di depan terminal Kalideres ,naiklah 6 orang..woassyem ternyata ada agen di sini,lah tadi malah ngojek sampe Batu Ceper..hihihi...gak papa lah,sekalian menjalin koneksi dengan agen,dan gak rugi karena sedikit banyak dapat cerita tentang ISMO ini.

13.55 ISMO tiba di perempatan Cengkareng, tidak ada penumpang yang ngawe..di bawah fly over Pesing belok kiri menuju Jelambar / Jembatan Dua. Dari situ kemudian masuk tol Angke

                                                              GT Angke 2

Aku berpikir,apakah bus ini masuk Pulogadung atau tidak..ternyata tidak sodara-sodara,bus langsung menuju tol dalam kota,dan masuk terminal Bekasi, ngetem di agen..

                                                      agen terminal Bekasi

“nah..mobil gue sekarang bagus nih...” kata ibu agen terminal Bekasi yang ikut naik ke kabin
“ ayo yang mau bungkus makan,silahkan” tawarnya...beliau juga buka warung makan rupanya

16.10 Ismo Trans Jaya meninggalkan terminal Bekasi,menuju Bekasi Timur, sampe pertigaan Bekasi Timur bablas...loh kok bablas lewat jalan biasa?mau ke Cibitung lewat sini ya? Lalu bus puter balik...wee ladalah..ini mau kemana sih..

Bus masuk ke spbu,nyolar dulu...Oooggh...

Lalu bus menuju Depsos,spot hunting bus dan agen-agen bus malam, tidak ada penumpang naik..

Kemudian masuk tol..wuuss....

Keluar tol Cikampek,tidak lewat Cipali,menuju jalur pantura lama. Penumpang saat itu 19 orang, untuk line perdana sih lumayan.

17.45 bus masuk rumah makan Toni Jaya

Servis makan bayar sendiri..aku makan habis 28 ribu,dengan menu makan yang 'ada rasanya'

Sebuah GMS warna biru ikut parkir di sini..Aku lanjutin makan

“mas,piringnya boleh saya ambil..?” seorang lelaki mendekatiku..

Aku menoleh..daaan... diampuut ini kan Dimho..

“loh sampean naik apa Dim?”
“GMS mas..”

Eaalah..bener ya bismania ada di mana-mana...kemudian Dimho cerita kenapa GMS pindah dari UUN ke sini.. hmmm berarti yang ngerasain ‘kayak gitu’ gak cuma aku tok..hihihihi...Lalu beliau juga cerita kenapa GMS belum boleh lewat Cipali..

Karena Dimho ini ‘penumpang’ GMS SE,makannya ya bareng kru..Loh apa semua penumpang SE makan di ruang kru? Ya tidak lah,iso bangkrut rumah makan’e...hahaha

Selesai makan,sempat berbincang dengan Dimho dan kru GMS di teras rumah makan,bercerita tentang Ismo ini..bla..bla..bla... 

                                               
                                                         di RM Toni Jaya

Dan akhirnya Dimho dan GMS kesayangannya pamit berangkat duluan,tinggallah aku sendiri manyun bersama penjual boneka...uhuukk...




Mengenang ISMO yang dulu dan sekarang ini, dari rumah makannya pun sudah berbeda,dari kenyamanan bisnya juga sudah berbeda. Sekarang tinggal waktu tiba di Solo apakah sama bisa tiba sebelum subuh? Entahlah..

18.34 Ismo Trans Jaya diberangkatkan kembali, pengemudi berganti,seorang pemuda yang tampaknya lebih pendiam,tapi bawa bisnya cekat ceket, ngeblongkah? Embuh pokok’e ya ngunu lah..tapi tetep nyaman,biar kata orang suspensi XBC itu atos tapi wahai wanita single percayalah belaian hati Ponirin XBC itu selembut air suspension...hayah...

20.42 masuk tol Palikanci,kecepatan standar saja

22.00 masuk Brebes.. aku senang,karena kemungkinan besar bisa tiba di Solo masih pagi-pagi..

Tidur...

04.25 berhenti di RM Kotasari Gringsing..yah pupus dah..jam segini baru sampe Gringsing,ada apakah..? melihat status para komuter mingguan di FB,sepertinya tadi terjadi kemacetan panjang ,apalagi kru juga bercerita.

Ya wis,ngopi dulu aja.. udah lama gak mengalami romantisme seperti ini,ngopi pagi di rumah makan..

                                                  di RM Kotasari Gringsing

05.05 Ismo Trans Jaya dijalankan lagi ,balik ke sopir pinggir. Melaju santai.

06.06 masuk tol Krapyak, bareng sama Kramat Djati “Gemilang” saat di tol Bawen beriringan dengan “Gemilang” liat dalemannya...eehh ada dab Doni Pras yang senasib kesiangan masuk Salatiga.. dadah dadah dulu... pancen owk bismania itu ada di mana-mana terutama kalo malem Sabtu atau malem Senen,rame wis hihihihi...

                                       sama-sama kesiangan bersama KD 'Gemilang-Bagaskara'

Aku sempat bertanya sama kru,soalnya ini request dari dab Doni..”pak kalo dari timur ngontak siapa?”
“ngontak nomer di tiket aja mas..” jawabnya
“tadi agen Batu Ceper cerita,ada satu anak bismania yang ikut,la sampean itu  mau kemana mas?”

Eehh..konangan juga gara-gara kemarin waktu nanya tiket pake jaket BisMania,bukan apa-apa la wong itu jaket harianku,kalo belum mambu kecut ya belum tak cuci ...hihihii...

Akhirnya..

08.40 tiba di terminal Tirtonadi Surakarta..setelah berterimakasih,aku bergegas turun dan jepret-jepret dapat bokongnya...

                                           finish di terminal Tirtonadi Surakarta

Ya meski kedatangan tidak sepagi limabelas tahun lalu,tapi senang bisa bernostalgia denganmu..

Aku kemudian berjalan menuju tempat pemberangkatan bus jurusan Jogja, siapa yang datang duluan ,aku naikin,dan dapatlah Sugeng Rahayu ATB menuju Jogja..

                                                                      ATB

-sekian-

Ismo Trans Jaya Jakarta-Wonogiri tarif flat : Rp. 130.000,-



Salam,
Ponirin Hendi

BMC Jkt-062

Komentar

Postingan Populer