KiPerPon : Double Decker 2+

Edisi : Long Weekend

Double Decker 2+

Sebuah Catatan Perjalanan

Sebetulnya hari Kamis 8 Desember 2016 ini, saya mau langsung balik ke Jogja dari Surabaya,dengan bus AC Tarif Biasa, dan hari Jumat saya akan cuti mengurus keperluan di kecamatan. Tapi mendadak hopeng saya peserta liga SHD yang sedang dalam posisi runner up (dari 2 peserta) mengabarkan berita ‘aneh’ , di mana PO Efisiensi akan menjalankan armada Double Decker nya sebagai bus PATAS.

Aneh, karena menurut saya enggak umum, sebuah bus double decker ,atau bahasa Jawanya : bis tingkat, dipakai ngelen Antar Kota Antar Propinsi.

Hari Kamis menjelang sore, saya telpon ke call center PO Efisiensi ,untuk memastikan apakah benar Double Decker jalan besok jam 9 pagi dari Kebumen.

“iya betul mas, jam 9 berangkat ke Jogja” jawab bapak di seberang sana.

Seketika rencana mau naik AC Tarif Biasa buyar sebuyar-buyarnya. Karena saya harus menuju ke rest area bus Efisiensi di Kebumen sebelum jam 9 pagi keesokan hari, sedangkan jika naik bus AC Tarif Biasa hanya mentok ke Jogjakarta saja, sementara jam 4 pagi jika harus melanjutkan perjalanan ke Kebumen dari terminal Giwangan masih ‘gelap’ apakah sudah armada bumel atau tidak.

Oke, budget bis-bisan kali ini mendadak melonjak..karena akhirnya saya memilih naik bus EKA jurusan Cilacap/Purwokerto, dengan perhitungan saya jika berangkat dari terminal Purabaya jam 19.40 maka akan tiba di Kebumen sekitar jam 5-an pagi.

Dan Kamis malam itu,saya benar-benar sudah di dalam bus EKA jurusan Surabaya-Purwokerto (karena yang jurusan Cilacap sudah berangkat) tapi saya akan turun di Kebumen, ongkosnya 142 ribu sudah termasuk makan gratis di RM Duta Ngawi.

Karena sudah mendekati jam keberangkatan,tadi  tak sempat mampir makan malam ke warung Ojo Lali di pojok terminal,alhasil hanya beli tahu dan gorengan di samping tem-teman bus Eka tujuan Purwokerto.

Jam 19.50, bus EKA Hino RN285 melaju CEPAT meninggalkan terminal Purabaya..  bodi anteng khas buatan Morodadi,dengan jok Aldilla dan suspensi nyaman HINO RN membuat saya cepat terlelap..

Jumat dinihari jam 01.00 bus berhenti untuk servis makan di RM Duta Ngawi,dan kemudian melanjutkan perjalanan jam 01.35. Saya pun berhitung, kira-kira 3 jam lagi bus akan tiba di Jogjakarta.

Dan ternyata salah...

Jam 04.00 bus sudah tiba di Janti, kemudian di Giwangan jam 04.10, hanya sekedar lewat saja gak pake ngetem,lanjut lagi menuju Purwokerto

Jalanan yang masih sepi turut mempercepat perjalanan.

Melewati Kutoarjo, menunjukkan jam 05.00, syukurlah sudah agak terang,meski diluar hujan cukup deras.

Dan jam 05.15 ,saya turun di dekat rest area PO Efisiensi, nyaris saja terlewat karena kru yang dari Kutoarjo sudah saya pesen kalo saya turun di rest area ternyata lupa....

Berlari kecil menuju rest area di bawah rintik hujan di pagi hari dengan segembol tas ransel plus satu tas lagi isi botol minum,charger dan konco-konconya membuat pagi yang dingin itu saya terlihat sebagai orang jauh ketimbang seorang mania yang menantikan Double Decker ..

.. selanjutnya saya duduk termangu di rest area,memandang rintik hujan dan teringat semua kenangan tentangmu....halaahh...

Di area parkir yang masih sepi,saya juga gak mau kepo di mana si double decker berada,biar saja ntar juga nongol sendiri.

Hingga akhirnya, perut terasa mules,beruntung di situ memang rest area tersedia toilet bersih. Akhirnya saya ‘unloading’ dulu sekalian mandi, sialnya lagi mandi ,di luar ada tukang bubur ayam...dduuhh mana perut lapar dan warung belum buka,kok ya lagi mandi ada tukang bubur lewat...

Akhirnya setelah mandi,saya pun kembali duduk termenung di bangku kosong,sambil kembali melihat rintik hujan yang membawa kenangan masa lalu yang masih segar dalam ingatan...hihihihi...

Jam 7 pagi,mulai terlihat ada ‘kehidupan’ di rest area ini. Suplier makanan untuk toko kecil di rest area mulai berdatangan, dan toko kecil di samping rest area mulai buka.

Tak lama kemudian, bus Efisensi dari Purwokerto tujuan Jogjakarta,angkatan jam 5 pagi masuk rest area..

Saya pun ikutan ‘hunting’ makanan kecil,tapi arem-arem yang saya cari ternyata belum ada,ya udah beli roti saja sama kopi,cukup kok mengganjal perut sampai siang nanti tiba di Jogjakarta.

Bus Efisiensi dari Cilacap jam 5 pagi,masuk rest area jam 07.40

Jam 08.30, muncullah sosok yang aku tunggu, si doubel decker alias bus tingkat..

Saya yang gumunan (asli ndeso),sempat takjub melihat bus ini.. memang sih di Jakarta juga banyak bus tingkat,tapi yang bodinya bikinan Adi Putro ya baru lihat kali ini...

Mercedes Benz OC500RF 2542 Double Decker 2+ , inilah sang bintang rest area pagi ini.

kiye..

Penumpang bus patas reguler yang sedang istirahat di rest area  pun menyempatkan foto-fotoan dengan bus ini. Beberapa calon penumpang yang akan berangkat ke Jogjakarta dari rest area ,bahkan sempat menanyakan harga tiketnya..

“110 ribu yang duduk atas,kalo yang duduk bawah 120 ribu” jawab bapak yang melayani tiket

Sontak beberapa penumpang lebih memilih patas reguler

Sedari awal ,saya sudah tahu harga tiketnya segitu, dan memang sudah diniatin buat naik dari Kebumen ke Jogjakarta bayar 110 ribu...kapan lagi naik PATAS Double Decker ya to..?

dhuwur tenan...

Seat nomor 1 di lantai atas,saya pilih.. Dalam kondisi wajar,biasanya saya tidak memilih kursi paling depan jika di bus tersedia fasilitas Audio Video On Demand (AVOD), tapi karena ini bis tingkat,duduk di atas paling depan kayaknya asik , lupakan film-film itu dulu hihihi...

running text-nya..

Sementara di area parkir,mendadak banyak yang foto-foto..ikutan ah.. Dan saya minta tolong salah satu dari mereka untuk fotoin saya...

Jam 09.05, penumpang Double Decker dipersilahkan naik..

Saya masuk dari pintu kedua,pertama menginjakkan kaki di bus ini serasa bus bandara, low deck, dan lantai bawah berplafon rendah, dan tangga ada disamping pintu. Lantai bawah ini hanya tersedia 5 seat extra lebar dan dibandrol 120 ribu..woooww... bayaran pira ya yen pengen jagong kono..

trus inyong  munggah ndhuwur ora olih copot sandal......hahaha

Untuk lantai atas ini, meski plafon juga rendah tapi tidak sampe sundul kepala, berbeda dengan Double Decker Trans Jakarta  yang pernah saya jajal,plafon lantai atas sundul kepala (info saja  tinggi badan saya sih 173 cm dengan rincian 168 cm sampe mepet gundul + kalo rambut di jambul bisa nambah 5 cm hihihi...)

gak sundul tuh..

hotseat pancen aseek..

Sebelum berangkat ada kata sambutan singkat dari PO Efisiensi, intinya mereka mengucapkan terimakasih sudah bergabung dalam perjalanan perdana Double Decker ini, dan tak disangka bagi penumpang yang datang paling pagi dapat suvenir kaos..

Kebetulan saya yang dapat kaos tjap tolelot...lumayan...

Terus ditanya,” tadi masnya datang jam setengah enam ya?”
“Enggak pak,jam 5 seperempat malah ..hahaha..”
“OOoo..ngomong-ngomong masnya darimana nih,dan tau dari mana Double Decker ini mulai jalan hari ini”
“Saya semalam dari Surabaya pak mau ke Jogja, kebetulan dikasitau teman kalo bis tingkat Efisiensi hari ini jalan dari Kebumen,jadi saya bablasin ke Kebumen,balik lagi ke Jogja naik bis tingkat hehehe...”

Demikian cuplikan wawancara singkat yang disiarkan langsung dari dalam kabin Double Decker.

dapat kaos Tolelot

Penumpang umum Double Decker perdana kali ini, ‘hanya’ 4 orang saja di lantai atas, yaitu saya, lalu sepasang kekasih yang mau ke Semanu Gunung Kidul, dan seorang bapak-bapak. Sementara di lantai bawah, selain pengemudi dan asistennya juga ada 1 penumpang sepertinya sih ini VVIP internal PO Efisiensi.

Double Decker mulai mengarungi jalur selatan Jawa Tengah, sinyal hape yang tadi kuat mendadak melemah,maksud hati mau upload foto malah gagal huuhh...

Tapi asik juga sih naik bis tingkat menyusuri kota-kota kecil di Jawa Tengah ini..

Pertama sih kayak hoyag hayig.. tapi makin lama makin asik,ditemani pemandangan sawah yang menghampar, kalo double decker Jakartanan sih liatnya cuma macet sama hutan beton,gak seru...

Kebumen – Kutowinangun – Prembun si Double Decker pamer tolelot..

tolelot..tolelot..

Anak-anak sekolah yang barusan pulang ,banyak pula yang acung-acung jempol minta tolelot..

Kalo gak dikasih tolelot tersirat raut kecewa di wajah mereka..Sebaliknya kalo dikasih tolelot bakal kegirangan.

Jalanan siang ini lancar..

segeerr..

Hingga memasuki Kutoarjo masih lancar. Dan di Purworejo baru berhasil upload foto..

Saya iseng pindah bangku agak belakang,mau liat AVOD, ternyata filmnya beda dengan yang pernah ada di Rosalia Indah 101 dan Gunung Harta tronton GH 090.

lagi gak mood liat pilem..

di bus Efisiensi ini beberapa merupakan film kartun. Ah tidak menarik,sebentar saja saya  mengecek AVOD ini kemudian balik lagi ke hotseat..

tersedia pilem buat adik-adik..

Yupp..penumpang di atas hanya 4 orang, beli 1 seat dapat 2 seat..

Dan seat Aldilla ini memang berbeda dengan Aldilla patasan, juga bukan Aldilla pariwisata,tapi memang belum dilengkapi dengan colokan charger. Buat jalan PATAS sudah bagus banget kok.

Double Decker melaju santai, feeling saya sih hanya sekitar 60 – 70 km/jam.

Jam 10.23 melewati Pendowo

Pendowo

Jam 10.36 sudah masuk wilayah propinsi DIY.

Jam 10.53 masuk kota Wates.

Wates

Om Tolelet Om..

Dan sekejap saja sudah tiba di agen PO Efisiensi Ambarketawang.. loh kok cepet ya...
Akhirnya aku batal turun di sini, bablasin terminal Giwangan saja, eman-eman sudah bayar mahal,dari menjadi penumpang datang pertama dan juga turun pertamakali kan gak lucu hehehehe...

Lanjuuuttt...

Info dari kru,Double Decker akan melaju melalui ring road utara, nah cocok tambah lama nih,secara ring road utara pasti macet hihihiihi..

Dari Gamping menuju Demak Ijo, lanjut perempatan Jombor lewat UnderPass, gak nyundul..

underpass Jombor

Lanjut ke timur sampe bangjo Monjali, di sini antri .. Trus ke timur lagi,bangjo Kentungan juga antri panjang, sama halnya bangjo Gejayan, setelahnya baru lapang...

khas ringroad utara ketika peak time = macet

Dan menurut kru, Double Decker ini gak masuk bandara, katanya susah manuver di sana..hmm iya ya...

Jika penumpang mau naik Double Decker dari bandara akan dinaikkan mobil shuttle (Elf / Hiace),dan Double Decker menunggu di Ambarketawang.. ooo gitu...

Melewati Janti lalulintas lancar, Blok O lancar, dan di simpang empat Tandan sepasang kekasih tadi turun lanjut naik bumel...mantap wes..

Janti (familiar banget ya..)

Setelah menurunkan sepasang kekasih,jadilah saya penumpang terakhir yang menuju Giwangan, serasa nyarter Double Decker yang harga sewanya konon tembus 10 juta per hari, lha saya...Cuma bayar 110 ribu wes koyok nyarter bis tingkat hihihihi...

kayak nyarter bis tingkat...hihihi

jam 12.20 ,di bangjo Giwangan, saya turun, sementara Double Decker bablas lanjut ke agen Ambarketawang untuk nanti sore jam 16.30 berangkat lagi ke Cilacap...

Dan usai sudah pengalaman pertama turing meteran Kebumen – Jogja naik bis tingkat. Mantep tenan...

Semoga Anda kepengen..

----

VERDICT                                               9.5/10

Tak ada gading yang tak retak. Saya harus bilang, naik Double Decker ini memang mahal untuk ukuran PATAS, dan minusnya hanya 1 yaitu gak ada snack !! Udah itu aja minusnya.
Yang lainnya plus plus deh..

Jika selama ini naik PATAS JetBus SHD sudah terasa biasa saja, maka Double Decker PATAS ini awesome.. Selain unitnya memang the only one di kelas PATAS, ngelennya pun kali ini cuma di libur panjang dari 9 Desember 2016 hingga 12 Desember 2016 saja. Setelah tanggal itu, entah kapan lagi Double Decker ini akan ngelen lagi,karena tugas utamanya sebagai bus pariwisata premium dengan tarif yang cukup fantastis.

Selain disematkan sasis mahal, Mercedes Benz OC500RF 2542, bus ini juga dilengkapi private entertainment berupa Audio Video On Demand (AVOD) di setiap seat-nya kecuali di hotseat dan seat paling belakang, tapi karena bis tingkat dipake Antar Kota Antar Propinsi itu masih unik,maka penumpang pasti akan fokus tolah toleh dari lantai atas mengabaikan fitur handal ini.

Jadi soal rasa, pasti beda (pake banget) dari JetBus SHD ..!!

So,kalo Doubel Decker kapan-kapan ngelen lagi ,mau deh naik lagi, mau jajal seat bawah...
hmm..njagong kono bayaran pira ya ...?? hahaha..

-Salam Tolelot-

PO Efisiensi
Mercedes Benz OC500RF 2542
Double Decker 2+ by Adiputro

Jogja – Kebumen – Cilacap/Purwokerto PP ( hanya untuk perjalanan tanggal 9 – 12 Desember 2016 saja)

Tarif Lantai Atas : Rp 110.000,- (seat 2-2 , total 45 seat)
Tarif Lantai Bawah : 120.000,- (5 seat)