First Drive : Honda Brio Satya E M/T 2016 :: Kencan Sejenak Dengan si Tepos nan Seksi



Seseorang meminta pendapat saya,beliau pengen beli mobil baru (bukan motuba:: mobil tua bangka), dengan budget di bawah 170 juta.

Awalnya tertarik Toyota Etios, tapi saya sarankan jangan Etios karena akan discontinued dan memang gak sukses di pasaran,efeknya sparepartsnya tidak akan mudah dicari di pasaran.

Daihtasu Xenia versi terendah juga tidak minat,bosen katanya.

Saya tanya, mobilnya mau buat harian , mau buat rental,atau beli material atau kulakan sayur atau malah pengen jadiin travel buka trayek baru Jogja-Amsterdam gitu...?? hihihii..

Katanya sih Cuma buat jalan di kota saja, belanja,antar jemput anak, hangout,dsb
Hmm..City Car aja deh kalo begitu..

Bagaimana dengan KIA Picanto..?? hmmm..built up sih, pengalaman temen saya punya mobil built up Korea susah suku cadangnya.. tak seindah lagu-lagu K-Pop deh...so,Picanto..coret..

Bagaimana dengan Mitsubishi Mirage atau Nissan March..?? hmm..tetangga sudah ada yang punya..oalah bisa jadi alasan juga yah..gak mau samaan..

Waktu berlalu...

Dana sudah berkurang buat renovasi rumah katanya..
Tapi masih minat punya city car..
Ohh..kalo begitu mobil LCGC aja ya..Secara dana masih cukup.
Pilihannya gak banyak juga sih..

Calya,Sigra yang sudah launching ikut aku buka juga..daaan.... jawabnya,gak suka...wagu...iya sih rada ndongak-ndongak gitu,trus bannya kekecilan,gak proporsional...ya wes coret..

Suzuki Karimun Wagon..?? gak suka

Okelah, sekarang pilihan darinya tinggal Daihatsu Ayla,Toyota Agya,Datsun Go,atau Honda Brio Satya..??

Disodorin empat alternatif begitu, ya jelas saya saranin.. Honda Brio Satya tipe E manual transmission saja..

Kenapa..??

Honda Brio Satya bermesin 1200 cc, 4 silinder dengan i-VTEC

Ayla,Agya cuma 1000cc 3 silinder, sementara Datsun sudah 1200cc tapi 3 silinder, secara power dan torsi , Honda Brio Satya menang jauuuuuhhh....

Loh emang mau buat  belanja apa balapan nih...

Hmmm...Secara model, Satya paling cantik..

Bodi belakang yang ‘tepos’ yang mengingatkan generasi Civic Wonder pun gak terkesan mobil ‘murah’

Justru ke-tepos-annya itu itu bikin seksi dan lama-lama bikin nafsu...huuuss apaan sih...




Okelah,deal...

Menuju dealer, menawar harga sampe salesnya gak bisa ambil untung hihihihi...

La wong yang mau beli maunya bayar cash gak pake nyicil, posisi tawar lebih tinggi,beda kalo beli nyicil ya manut manut ajah...

Dan seminggu kemudian  saya diminta menemani mengambil mobil di dealer Honda Tugu yang memang hanya beberapa meter dari rumah orangtua saya.

Keluar dari dealer, saya suruh nyetir...

Loh sing tuku sopo,kok saya suruh nyetir..

Pokokmen kudu saya yang bawa...

Haiiyaaa....moga-moga gak kesrempet becak jahat...

Oke deh  sekalian test drive kecil-kecilan..

Lumayan kan merawanin si tepos ini hihihi...

Apalagi dari dealer dapat bonus pertalite masih separo tangki..

Cukup buat muterin kota Jogja sampe mumet..

Dari sisi tampilan, Brio Satya ini sudah berbeda dengan versi lawas, kalo kata saya sih lebih maskulin,tapi juga masih cantik..


                          Sarang lebahnya, kudu telaten kalo mau tetap bersih


Menilik sisi interior, area dashboard sudah berganti model, sekarang sudah ala BRV, area ini juga sepandangan dengan Mobilio facelift, yang cukup membedakan adalah spidometer tanpa kanopi melengkung.



Posisi setir bisa disetel,naik atau agak turun, kontrol audio sudah di setir.

Kombinasi warna jok cukup elegan,tapi dengan jok lapis kain begini susah kalo kena minuman,artinya yang punya kudu rajin dan rapi.

Bagasi belakang memang cukup kecil,di bawahnya ada ban serep, namun begitu kalo buat isi belanjaan cukup sih,kecuali beli lemari es dimasukin bagasinya Brio Satya ya jelas gak muat dab...



Untuk audio,karena ini Satya tipe E M/T maka belum touch screen seperti yang ada di Brio tipe RS, untuk kualitas suara cukup jernih untuk menemani perjalanan, bukan untuk kontes audio kan..



Brio Satya,saya arahkan ke ringroad barat, tebak apa yang saya lakukan... ngebut..?? Ah enggak...Santai saja, la yang punya mobil ada di samping saya.Iso diamuk mobil anyar diajak ngebut..

Suara kabin lumayan senyap, tapi perpindahan gigi agak keras.         


                                   Masih pake aki basah, harus rajin cek air aki




                       Mesin seri L12B i-VTEC, paling powerfull di kelas LCGC


Kebetulan besok Minggu mau naik Sumber Alam balik ke Jakarta,sekalian minta ijin mampir pesen tiket di agen Mas Kus,mumpung lewat...

“wwuiiihh...mobilmu anyar le..” kata mas Kus..

“haiyah...dudu duwekku mas..”, jawab saya nyengir..

Kemudian si Brio Satya ini saya arahkan ke Jogja Utara, langit sudah mendung, mau diterusin apa balik aja,sayang kalo mobil baru keluar showroom langsung kehujanan..

Ternyata si owner pilih lanjutin ajah...

Oke gasss...

Dan hujan mulai turun di jalan Kaliurang KM 12..



Test wiper sekalian, berfungsi mengusir air hujan dengan baik, dan mesti tanpa talang air,tapi okelah gak ada air hujan menerobos kabin.

Soal ergonomi, pas..

Hanya saja penumpang di belakang kehalang jok depan yang tinggi kayak stupa.

Dan jelang sore, sebelum balik Jogja mampir dulu beli jadah mBah Carik, hujan-hujan test drive sambil ngemil jadah tempe...duh enak’e...











                  Jadah men-sandwich tempe bacem atau tempe gembus..joosss


Sambil mbatin, besok apa yang punya mobil gak repot nyuci ...mosok mobil baru masuk garasi langsung kotor hihihi...

Karena hari sudah mulai senja, yang punya mobil minta sekalian dinner ajah...Oke deh..

Pengennya makan sate klathak....yoohh..
Dan Brio Satya menembus jalanan kota Jogja yang padat menuju kawasan pedesaan Jejeran, dan akhirnya sampai juga di warung sate Pak Pong di timur kota Bantul.

                                       
                                    Sate klathak::tusuknya dari jari-jari sepeda


Dan si owner tampaknya puas nih dengan kenyamanan LCGC Brio Satya ini...

Kalo menurut saya sih...hmm yaa asik-asik aja nih mobil..Cukup lah buat kota-kota..

Btw...saya masih heran kok saya malah dijadiin sopir...hihihi...



Wes wareg sate....yo mulih..mulih....




Salam Dari Jogja istimewa

Komentar

Postingan Populer