LiFeStyLe :: AADC2 : Dari Jogja Dengan Cinta






Film Ada Apa Dengan Cinta 2 , bisa dikatakan sukses,sudah ditonton lebih 3 juta orang.

Sebagai anak muda yang sok kekinian, saya baru sempat lihat film ini kemarin, karena nonton AADC2 sendirian itu akan terasa aneh,kebetulan temen-temen cewek di kantor sudah pada nonton sama cowoknya masing-masing,dan baru kemarin dapat temen cewek yang mau diajak nonton hehehe..

Oke,saya gak akan ceritain siapa temen cewek yang saya ajak nonton,toh kalo saya bilang saya nonton berdua sama Chelsea Islan sampean juga gak akan percaya. (la wong nyatanya nontonnya juga ga sama dia kok..hahaha)

Sengaja saya gak liat sinopsis AADC2,dan beruntungnya temen-temen yang udah nonton duluan gak ‘ngendhas-endhasi’ ending dari AADC2 ini..

As u know (kalo udah nonton), settingan film ini 75% di sekitar kota Jogjakarta.

Yup, Jogjakarta..

Tanya sama orang Jakarta,tanya sama orang Medan,tanya sama orang Atambua, tahu Jogjakarta? Pasti tahu..

Coba tanya lagi, spot apa saja yang menarik dari Jogjakarta? Pasti dijawab kurang lebih begini : Malioboro,Tugu,Pasar Beringharjo,titik Nol Kilometer

Sip..tapi...AADC2 tidak mengambil spot di atas..

Malioboro ,Pasar Beringharjo,Titik Nol Kilometer dan Tugu terlalu mainstream..

AADC2 mengangkat sisi adem ayem-nya kota Jogja yang jarang dijadikan destinasi utama oleh rombongan wisatawan dan bukan lokasi mainstream.

Coba saya review lokasi yang tidak mainstream ini :

1.    Kawasan Prawirotaman


                                                Foto by @Miles Production

Lokasi yang juga menjadi tempat bermain saya di masa lalu,tidak banyak berubah suasananya,tapi memang ada perubahan bangunan dan nama hotel yang bertebaran di sepanjang jalan. Lokasi Prawirotaman bisa dibilang kampung turis,di sini banyak turis bule ‘backparker’ yang stay beberapa hari,malah sedikit saja wisatawan lokal yang mau menginap di sekitar sini. Terletak 300 meter selatan Pojok Beteng Wetan


2.    Pasar Prawirotaman


                                             foto by : rappler.com

Tempat Cinta dkk jajan es teh. Saya gak habis pikir kenapa AADC2 mengambil lokasi ini,bukan Pasar Beringharjo yang legendaris itu,tapi it’s okelah, Pasar Prawirotaman juga masih khas suasana tradisionalnya kok padahal cuma sebelahan saja dengan kawasan kampung turis


3.    Sellie Coffee ,Jalan Gerilya

                                             Foto by @Miles Production

“Rangga,Apa yang kamu lakukan itu... jahat”
“Sik to,sabar..ngopi sik Ta..”
Sellie Coffee, saya belum pernah kesini tapi melihat lokasinya sih gak asing,karena terletak di jalan Gerilya.Mungkin ini kedai kopi baru ya soalnya dulu jaman ‘urip’ di Prawirotaman gak pernah liat. Jalan ini sebelahan  dengan Pasar Prawirotaman,dan juga banyak guest house disini,sejatinya di lokasi sepanjang jalan inilah sekitar 3-4 tahun saya membangun kenangan bersama putri seorang seniman yang cukup terkenal di kawasan itu..hayah malah curcol..  
So,kalo pasangan Anda lagi bete,ajaklah kesini,diajak ngopi dulu..hahaha


4.    Gudeg Mantrijeron

                                           Foto by @Miles Production

Kali ini saya nyerah,sebagai wong Jogja yang doyan banget masakan gudeg,tempat ini belum sempat saya datangi. Dari info yang didapat ternyata warung gudeg ini masih di jalan Gerilya juga,loh anyar ki, mesti kudu ndang dijajal..
Nah AADC2 mengambil tempat ini,bukan di sentra gudeg Wijilan dan bukan warung-warung  gudeg ‘selebritis’ sekitar mBarek yang pembelinya kebanyakan orang luarkota.


5.    Greenhost Hotel


                                            foto by: bobobobo.com

Spot yang dijadikan pameran seni mas Eko Nugroho,disini Cinta bertemu dengan cinta masalalunya.Lokasi ini juga masih di jalan Gerilya di kawasan Prawirotaman,dan sepertinya bangunan baru nih


6.    Kawasan Kotagede

                                           Foto by @Miles Production

Tempat adegan Cinta dkk bersepeda di tengah gang kampung. Memang kawasan Kotagede ini eksotis,masih banyak rumah tua ,kalo boleh sih besok mau prewed di sekitar sini (prewed karo sopo ya embuuh..) dan memang jarang banget wisatawan yang blusukan masuk kampung area ini. (soalnya taunya cuma Malioboro...hihihi)


7.    Pasar Legi Kotagede


                                             foto: info-jogja.com

Sekali lagi ini adalah spot pasar tradisional dalam AADC2,Cinta dkk yang orang Jakarta aja mau blusukan ke dalam pasar, kamu gimana?


8.    Villa Sunset


                                                 foto by: airbnb.no

Tempat Cinta dkk menginap selama liburan di Jogja,menawarkan view perbukitan. Tapi melihat lokasinya di kawasan Bangunjiwo Kasihan Bantul,jangan dibayangkan lokasi ini berhawa sejuk  ala Kaliurang atau Puncak,plusnya dari sini bisa melihat sunset (katanya sih..)


9.    Pantai Parangkusumo

                                             Foto by @Miles Production

Di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta,banyak pantai indah. Pantai Parangkusumo adalah salah satunya. Pantai ini satu lokasi dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Pantai ini cukup luas,tidak sempit,tidak curam. Dan pengambilan gambar di film ini,saya rasa cukup bagus dengan menampilkan barisan bendi di kala senja


10. Restoran Bu Ageng

                                           Foto by @Miles Production

Terletak di jalan Tirtodipuran,masih satu kawasan dengan Prawirotaman. Lokasi ini menjadi tempat temen-temen Cinta makan malam sembari menunggu Cinta yang sedang hang out sama mas Rangga. Kawasan Tirtodipuran ini dulu kawasan elit tempat tinggal juragan batik,namun sekarang sudah banyak yang berubah menjadi kafe dan restoran dengan setingan ‘70s karena di sepanjang jalan ini banyak ditemukan bangunan dengan arsitektur jaman kolonial tapi masih terawat. Tentang Restoran Bu Ageng ini,menyediakan masakan Indonesia,dan dimiliki oleh keluarga pakde Butet Kartaredjasa.


11. Padepokan Bagong Kussudiardja

                                           Foto by @Miles Production

Padepokan ini menjadi lokasi Rangga ditampar Cinta.Pasti beda deh rasanya ditampar preman sama ditampar cewek  cantik yang lagi baper.Padepokan ini tempat para ‘calon seniman’ belajar menari dsb. Banyak sih orangtua yang mengeleskan anak-anaknya untuk belajar tari di padepokan ini. Fyi, Bagong Kusudoardjo (alm)  ini adalah ayah dari om Butet


12. Klinik Kopi

   
                                            Foto by Kompas.com

Tempat Rangga dan Cinta ngopi sebelum ke Punthuk Setumbu,jujur saya belum pernah kesini,next month kalo pulang Jogja mau mampir,semoga ketemu mas Pepeng yang ceriwis hihihi..


13. Sate Klathak Pak Bari Pasar Jejeran

                                           Foto by @Miles Production

Tempat Rangga dan Cinta ‘nglathak’ alias makan sate klathak. Saya pernah makan malam kesini.Kuliner ini pasti susah dicari bagi yang belum pernah kesini,la wong sepanjang jalan menuju ke lokasi itu  banyak yang jual sate kambing.Nah yang dipake syuting ini berada di dalam pasar Jejeran,dan hanya buka di malam hari,ingat ya buka di malam hari,sampean datang jam sebelas malam juga masih buka kok(kalo belum habis). Cara menuju ke lokasi ini,kalo dari arah kota Jogja temukanlah dulu Terminal Giwangan,lalu menuju arah selatan (jalan Imogiri Timur) lurus terus sampe ketemu perempatan yang ada lampu merahnya nah maju dikit  10 meter kiri jalan ada Pasar Jejeran,nah lokasi Sate Klathak Pak Bari  ini ada di dalam pasar. Sate klathak ini khas banget karena tusuk satenya dari ruji (jari-jari) sepeda bukan dari bambu,sehingga panas bara dari ruji bisa membuat daging kambingnya  lebih matang.Satu porsi ‘hanya’ 2 tusuk saja.
Nah buat orang Jogja dan sekitarnya,makan sate klathak di dalam pasar malam hari udah biasa kali ya, kalo sampean orang luar Jogja mungkin akan terasa sisi romantisnya kayak di film hehehe... ::note kalo mau romantis bawa pasangan ya..


14. Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam (Rumah Doa Bukit Rhema)

                                             Foto by @Miles Production

Punthuk Setumbu bukan di kota Jogja, lokasi ini dekat Candi Borobudur,kalo dari kota Jogja kisaran 1-1,5 jam,biasanya rame buat lihat sunrise alias matahari terbit. Sedangkan Gereja Ayam/Rumah Doa Bukit Rhema,ini dalam film AADC2 terlihat seperti bangunan tua padahal kalo saya cari info di google,ternyata bangunan ini belum selesai karena keterbatasan dana.


15. Candi Ratu Boko

                                           Foto by @Miles Production

Area ini sebetulnya sedikit mistis. Biasanya tempat spot melihat sunset alias matahari tenggelam. Lokasi ini di selatan Candi Prambanan,sekitar 2 kilometer. Rangga dan Cinta membangun suasana di sini. Bisa ya ngobrol akrab gitu sama mantan... yo iso lah..saya juga udah pernah kok kayak gitu...hehehehe...


16. ViaVia Artisan Bakery

                                                 foto by: heytheresia.com

Terletak di jalan Menukan,terletak sebelah timur kawasan Prawirotaman.Belum pernah nyoba,next time tak jajal’e


17. Kawasan Njero Beteng

Tempat ibunya mas Rangga dan Sukma tinggal. Ngadisuryan masih kawasan ‘Njero Beteng’ ,sebelahan dengan Alun-Alun Kidul.

Tapi eits,jangan salah,rumah ini ternyata di seberangnya Taman Sari,sering buat syuting FTV juga kok.

Bangunan klasik masih banyak terdapat di kawasan njero beteng.Jaman saya SMP,punya teman tinggal di Ngadisuryan dan yang jelas ini bukan rumahnya dia.


18. Papermoon Puppet Theater 

                                           foto: inclovermag.com

Awalnya saya kira ini lokasi fiktif yang hanya dalam film,ternyata memang benar ada. Tapi karena saya bukan penikmat teater boneka,jadi ya belum pernah nonton sih.


19. Lokal Resto

Foto by @Miles Production
                                             
Jujur aja,saya jarang maen ke daerah Jogja Utara/Sleman ,namun kalo diliat dari interiornya dan letaknya di dekat kawasan kampus,jelas yang disasar adalah segmen anak kuliahan,dan imho harganya masih terjangkau (seharusnya loh..)

20.    Pojok Beteng

                                           foto by jogjastudent.com

Lokasi yang juga dijadikan nama blog ini, buat orang awam mungkin biasa saja,cuma kalo pemerhati arsitektur pasti akan terkagum-kagum.Dan lokasi ini jadi salah satu spot di film AADC 2 . Di dalam beteng inilah yang dinamakan kawasan nJero Beteng


21. Awas Asu.. Ngebut Benjut

  Foto by @Miles Production


Kalo kalian gak tidur saat nonton AADC2,pasti liat tulisan itu..yang tau artinya pasti ketawa.. Biasanya tulisan tsb dipasang di jalan-jalan perkampungan di Jogja. Dan memang situasi perkampungan Jogja memang begitu,tapi jangan cari suasana tsb di cluster-cluster perumahan yang kini bertebaran di kota Jogja dan sekitarnya,ora bakal ono...


So, jelas kan,spot-spot tersebut bukan mainstream,yang pernah liburan ke Jogja tapi hanya 2-3 hari saya yakin gak semua tempat diatas pernah disambang,tapi yang ngebet dan penasaran dengan lokasi-lokasi di atas (biasanya sih orang luarkota), kini beberapa biro perjalanan sudah ada yang menawarkan tur napak tilas AADC2, paketnya seharga 1 jutaan.

Dan pesan dari saya selaku mimin pojokbeteng.blogspot.com, jangan berekspetasi lebih loh ya..kalo berkunjung ke kota Jogja tapi muter-muter di pusat kota ya pasti  ketemunya macet ,sumpek,apalagi pas longweekend,percaya deh sama saya Jogja gak cuma Malioboro,Tugu,titik nol Kilometer doang,asal berani blusukan ya nuansa ala AADC2 bisa ditemukan.

Tentang filmnya sendiri sih, satu yang bikin gelo alias kecewa karena tokoh Alya (dalam AADC? Diperankan oleh Ladya Cheryl) gak jadi tampil dan diceritakan sudah meninggal dunia karena kecelakaan mobil. Untuk yang lainnya ya gitu deh,ringan-ringan aja tapi romannya dapet. (Emang sih kalo Mira Lesmana dan Riri Riza itu duet bikin film,hasilnya paten,contohnya proyek film Laskar Pelangi.)

Dan yang terakhir,gak usah baper sama AADC2..tapi pesan yang saya tangkap sih intinya selesaikan dulu masa lalumu sebelum melangkah dengan pilihan hidupmu dan yakinlah dengan pilihan yang kamu ambil sesuai kata hati.

Wis ngunu ae..saya tak ngopi dhisik..

Salam dari Jogja Istimewa

#jogja_ora_didol

Komentar

Postingan Populer