Pengalaman kena 'cegatan' di kota CIREBON dan sekitarnya
Beberapa
minggu ini jadi viral di dunia maya membahas sebuah kota.
CIREBON
Tapi
bukan membahas kuliner nasi jamblang-nya,namun membahas seringnya cegatan (jawa:razia) dan
tilang yang dilakukan oleh polisi di kota ini.
Dari
beberapa kisah yang di share, umumnya tilang ini sebetulnya tidak perlu
terjadi,namun mayoritas biker yang ditilang tidak merasa mereka melakukan
pelanggaran lalu lintas.
Oke
lah kalo gak punya STNK, atau melanggar rambu,ya memang kena tilang. La kalo
melihat beberapa cerita,mereka ditilang dengan kesalahan yang mengada-ada dan
terkesan biker jadi goblok..
Misalnya,
lampu utama LED pada Honda new CB150,ditilang karena menyilaukan,padahal ini
bawaan pabrik,dan sudah didaftarkan ke pihak yang terkait.
Ada
lagi cerita Yamaha Byson pasang sokbreker upside down,ditilang karena posisi
sokbreker kebalik,la emang ada pasalnya? La piye besok Yamaha xabre yang sudah dari sononya pake suspensi upside down??
Dan
yang bikin keki,yang dicegat adalah kendaraan non plat E alias kendaraan dari
arah Jawa Tengah yang melintas kota Cirebon,untuk mobil non plat E jarang yang
masuk kota karena bisa lewat jalan tol.
Sebagai
pengguna kendaraan non plat E tentu tahu maksudnya,singkatnya jika kita
ditilang kita kan kalo mau ikut sidang tilang di Cirebon harus keluar
ongkos,maka mesti mengalah,walau begitu jika kena tilang di hari kerja mintalah
surat tilang warna biru,kamu bisa bayar di bank BRI,sudah jelas dan uang masuk
ke negara bukan ke saku petugas !!!
Dan yang perlu kalian tahu, cegatan polisi ini bukan karena sekarang ada tol Cipali,jauh sebelum tol Cipali dibangun ,aku pun pernah merasakan ditilang di Cirebon.
Pengalaman
sendiri nih, Awal Januari 2009..
Asli ini pengalaman sendiri,bukan cuma 'katanya' atau share cerita orang..
Usai
libur panjang tahun baru, solo turing dengan Satria FU 2004, pede aja dari
Jogja pake knalpot racing branded..
Nah
melintas kota Cirebon tidak ketemu cegatan,namun menjelang Palimanan di sebuah
tikungan yang sampingnya ada pasar,mendadak dihentikan petugas. Setelah
memeriksa surat-surat,si petugas mengelilingi motorku.
“ini
knalpotnya gak standar,pake knalpot racing,sana ke pos..”
Masuklah
saya ke pos
Disitu
ada petugas,lalu aku tanya “pak,emang saya salah pake knalpot racing?, kena
pasal berapa pak?”
Si
petugas hanya diam,lalu dia bilang “ke komandan saya aja,tuh di warung”
Aku
berjalan ke warung
“kamu
ini ngebut,ada pasar kok malah kenceng,knalpotmu gak standar”
“pak
saya kan orang luar kota,di sana juga gak ada rambu peringatan di depan ada
pasar, mana tau di sini ada pasar, dan saya enggak ngebut ”, jawabku seadanya
“knalpotmu
itu gak standar,berisik”
“pak,ada
pasal mana knalpot tidak standar melanggar ? Lalu kalo berisik ,berisiknya itu
berapa desibel? Bapak ada alat ukurnya?”
“apa
itu desibel..? kamu gak usah ngeyel” jawabnya keras. Loh gak tau to desibel itu
apa..?
“loh
saya tidak ngeyel, saya pake motor ini sudah lewat 4 Polda,
Banten,DKI,Jabar,Jateng,DIY, dan cuma di pos sini saya ditilang..!!” aku mulai
gerah..
“harusnya
kan aturan itu kan sama pak,ini Indonesia pak,negara Republik,bukan negara federal
yang aturan beda-beda tiap negara bagian”,tambahku
“kamu
ngeyel saja..”
“ya
udah,saya ditilang aja,berapa?SAYA BAYARRR ...”
“tapi
saya minta bukti tilangnya..!!” ujarku tak mau kalah
“gak
bisa..!!”
“ya
udah berapa?? Saya habis waktu di sini debat sama bapak..”
“125
ribu”
Aku
keluar dari warung tsb,tanya ke anak buahnya yang menunggu di luar
“ATM
di mana Pak..?
“Dua
pos dari sini mas,arah Cirebon” katanya
Sementara
sambil menuju motor aku mampir ke pos polisi,di situ satu petugas masih jaga di
situ..
“Pak,sampean
gak bantu saya”
“wah
maaf mas,sudah sampai komandan sih..”
Yo
wis,aku melaju menuju ATM. Istilah 2 pos adalah 2 lampu merah,dan aku ambil
ATM,hampir setengah jam kemudian aku lalu balik ke tempat tadi.
“ini
pak uangnya,mana STNK sama SIM saya..??”
Keluar
dari situ,aku menstarter motor.....Blaaarrr..blaarrr...
Aku
pun melaju sampai Jakarta,tiba di Jakarta beriringan dengan polisi jalan raya dengan
motor besarnya,jalan jejer dan TIDAK DICEGAT..!!
Itu
salah satu kisahku.
okelah itu kisah pahit bermotor melintas di Cirebon..sebetulnya sih udah males mengingat-ingat lagi dan wes tak iklasno kejadian itu..toh duit segitu gak bikin jadi kere kok.. hehehe...
Ada
kisah lain..
15 Agustus
2015..
Kembali
aku solo riding dari Jogja ke Jakarta namun aku menginap semalam dulu di
Purwokerto,barulah esok hari dari Purwokerto menuju Jakarta,berangkat lebih
pagi,lebih segar,karena kalo dari Jogja langsung Jakarta lebih capek 4 jam buat
menempuh Jogja-Buntu..
Sebelum
masuk kota Cirebon,aku beristirahat dulu di Indomaret Pejagan,minum dulu
bentar,menjelang kota Cirebon,harus konsentrasi dan gak boleh kebawa emosi,dan
karena ini sudah masuk jam razia,aku pun siap menghadapi cegatan di tengah
kota.
Kondisi
motorku saat itu,lampu sein depan belakang sudah ganti variasi branded,jadi
walau bentuk lebih mungil tapi tetap kelihatan jelas,sementara spion aku pake
punyae Minerva.
bukti otentik melintas Cirebon naik CBR K45
Melajulah
dari Pejagan menuju Cirebon.
Losari
lancar malah di fly over sempat sekilas melihat Laut Jawa..indah banget..
Kanci
lancar.
Masuk
tengah kota Cirebon,beberapa spot cegatan tampak sepi.
“tumben
nih gak kena cegatan..” kataku.
Aku
udah belasan kali solo riding Jogja-Jakarta PP, soal cegatan ini sudah
bukan hal baru. Spotnya pun sudah hapal di mana saja,salah satunya ya di
tikungan pasar dekat Palimanan tadi.
Namun hingga
Palimanan tak ada cegatan. Tumben beneerr...apa masih pagi ya..
Melaju
terus ke wilayah kabupaten Indramayu.
Melaju
di jalan pantura yang makin sepi karena mobil, truk, bus pada memilih lewat tol
Cipali.
Melewati
jalan yang kiri kanannya berupa persawahan,jauh dari kampung orang,gak ada
warung,pokoknya kiri kanan sawah semua. Seingatku kalo solo riding lewat sini tengah malam pasti gas pol,la wong gelap gulita jeh..
Kulihat
di depan ada kerumunan..
“wah
opo kae..cegatan yo..” batinku
Dan
aku pun akhirnya ditanya surat-surat, kusodorkan..lengkap
LOLOS...dan seharusnya memang tidak ditilang la wong aku tertib owk..
Aku
minum dan melanjutkan perjalanan. Dari arah Jakarta juga ada cegatan. Dan petugas
berjalan kaki menuju arah Cirebon dikawal mobil petugas.
Itu
kisah terkini.
Sebetulnya
ada lagi pengalaman kena cegatan lagi di seputar perjalanan Jakarta-Jogja, misal
cegatan di jalan alternatif Sindang Laut – Ketanggungan di siang hari di tengah
perkebunan, sempat dikasi lampu dim dari pengendara Tiger dari arah
berlawanan,ternyata itu info ada cegatan, saat itu beruntung walau pake knalpot
racing tapi tidak ditilang..
Yang
lebih ‘konyol’ pernah kena cegatan dinihari jam 01.30 di ruas jalan antara
Ketanggungan – Prupuk alias Songgom pas di pinggir kali tengah sawah..!!
Tak
ada tanda cegatan,petugas cuma pake senter..
“malam
mas,surat-suratnya..”
Lalu
petugas menyenter surat-surat saya..
“mau
kemana nih..”
“Jogja
pak”
“masih
jauh,,hati-hati ya..”
Disampingku
pengendara Byson,sepasang cowok cewek, juga ditanya petugas..
“habis
kencan ya..”
“hehehe..”
si rider Byson ketawa
“kencan
di pantura maksudnya..” kata petugas berkelakar..
Lalu
melintas motor penduduk sekitar membawa hasi bumi bawang merah,tanpa helm,cuma
klakson saja tidak di cegat.
Okelah,
dari cerita dia atas aku tidak menyalahkan cegatan, cegatan perlu juga karena gak
sedikit pengendara gak punya SIM,malah ada motor tanpa surat-surat, atau ada maling motor,dan silahkan
yang melanggar ditilang, tapi kalo mencari kesalahan yang gak masuk akal itu
yang bikin masyarakat pengguna jalan kecewa.
Berikut
tips agar tidak ditilang saat cegatan di Cirebon dan sekitarnya :
1. Surat-surat
wajib lengkap (surat cinta dari pacar tidak berlaku)
2. Lengkapi
kendaraan Anda dengan perangkat standar pabrik (spion harus 2 ori/KW, lampu
sein,tutup pentil,ban jangan gundul,lampu nyalakan kalo motor sport 2 headlamp maka nyalakankah semuanya,knalpot
standar,knalpot standar jangan
dibedah/broong,dan gak usah bawa box/magic jar wkwkw...)
3. Pembonceng
juga harus pake helm,jangan pake blangkon
4. Jangan
membawa barang terlalu banyak (kalo banyak mending dipaketin aja)
5. Jaga
kecepatan kendaraan Anda saat melintas di dalam kota Cirebon (40-50km/jam)
6. Jangan
tolah-toleh di lampu merah,ntar kena tilang mengganggu konsentrasi .
7. Kalo
pun ditilang,minta surat tilang biru jangan yang merah,lalu bayar ke bank,tidak
ke petugas,namun kalo kena tilang di hari libur maka bank juga libur ,mintalah
sidang,meski harus keluar ongkos PP Jakarta-Cirebon. (mayoritas pasrah milih
ditilang surat merah nih)
8. Nah
kalo masih takut ditilang di kota Cirebon,maka gak usah naik motor,mending
motor dipaketin aja 300an ribu atine tentrem, dan lakukan perjalanan naik
kendaraan umum,misal kereta api, bis malam. Memang keluar ongkos agak banyak
tapi tentram di hati.
Begitulah
sharingku,mantan ‘korban cegatan’ di kota Cirebon.
Salam dari kota gudeg
Hendi
Komentar
Posting Komentar