KiPerPon : Prajurit Tua di Arus Balik
KiPerPon : Kisah Perjalanan Ponirin
Edisi : Arus Balik 2015
“Prajurit Tua di Arus
Balik”
Sebuah Catatan Perjalanan
Libur lebaran tak
terasa sudah hampir habis..
Saatnya kembali untuk kembali ke ibukota
Masih terpengaruh euforia “prajurit tua” ,beberapa hari
sebelum keberangkatan aku sudah pesan tiket ke agen Sumber Alam di wilayah
Gamping.
Namun kalo dari Jogja tak bisa seperti di Pondok Ungu, wait n
see.. dari sini bejo-bejoan deh kalo dapat yang montor lawas.
Seperti rumus matematika yang sudah hafal di luar kepala,
kalo berburu ‘prajurit tua’-nya Sumber Alam, pilihan utamanya tentu kelas Patas
non AC,kemudian Ekonomi,karena dua kelas tersebut masih bertebaran angkatan
dibawah 1990, meski begitu aku akan merasa gagal kalo besok yang datang adalah
patas bersasis Hino RK8 bodi Discovery ..
Sampai di agen, mas Kus menunjukkan untuk jurusan Poris,dia
dapat jatah bangku tengah,kalo mau duduk depan adanya jurusan Cibinong/Bogor,
atau kalo mau tetap jurusan Poris duduk depan kudu pesan di agen
Dongkelan..wah..wah..
Akhirnya gambling aja,pilih jurusan Cibinong sembari berharap
nanti jalurnya akan lewat Pasar Rebo sehingga aku bisa nyambung naik bus
jurusan Merak.
Seat nomer 3 sudah kupesan atas namaku,moga-moga saja di kaca
depan nanti tidak ada sunscreen
Aku DP 100ribu perak dari tiket Patas hari Raya seharga 195ribu rupiah
“nek ora kenal apik,ora entuk DP loh,kudu bayar lunas..” kata
mas Kus
Senin, 20 Juli 2015
Jam 13.10 Aku sudah tiba di agen,karena dijadwalkan kumpul di
agen jam 1 siang
agen Gamping by Mas Kus
Aku menukarkan tiket sembari membayar kekurangannya..
“sak durunge aku njaluk ngapura,aku salah tulis,sampean tak
tulis tanggal 22, jebul tanggal 21,dadi pindah nomer 7 ya..” kata mas Kus
“gak popo mas,ketimbang ora budhal “ jawabku
Setelah menerima tiket nomer 7, baru mikir, kok bisa ya dia
lupa,hmm dimodusin nih sama mas Kus..hahahasyeemmm..
Sebagai bismania,aku sudah paham,mungkin ada penumpang lain
yang menggeserku,biasanya kalo geser menggeser gini ya ada 2 penumpang yang mau
duduk jejer,jadi liat aja deh nanti kalo seat 3-4 itu ‘keluarga’ berarti aku
digeser..
Dan aku sedikit nyesel,harusnya waktu pesen tiket langsung
aku bayar lunas..
Lama menunggu,akhirnya jam 15.25 datanglah bus AA 1530 FC
,ternyata sebuah Mercedes Benz OH tahun 1984 alias OH1113 dengan bodi Panorama
3 yang juga dikenal sebagai Laksana Clurit di kalangan bismania, namun menurut
Ko Hari Jumbo dari data Samsat ini adalah sasis OF1113. Oh,jadi ini bus mesin
depan dimodifikasi jadi mesin belakang? Jadi ingat kata mbak Nina,kalo cuma
mindah mesin depan jadi mesin belakang , itu hal yang mudah bagi Sumber
Alam..weew..
Sembilan penumpang naik dari agen,belum terdeteksi penumpang
nomer 3-4 apakah 1 keluarga atau bukan..time will answer...
Seat nomer 1 adalah mahluk halus usia 25an,nomer 2 lelaki
yang bukan cowoknya,nomer 3-4 adalah 2 pemuda umur kisaran 20an,sedangkan aku
di seat nomer 7, umur 23..dilarang ngeyel ya..
Bus mulai melaju di kepadatan jalan raya Jogja-Wates
Baru sampai agen Pedes
Sedayu, bus dihentikan agen,katanya ada 4 penumpang ketinggalan di
agen,jadi nunggu bus belakangnya dulu..
Limabelas menit kemudian,penumpang yang tertinggal naik ke
dalam bus..dan bus kembali berjalan
Pengemudi kali ini rajin bener membunyikan klakson, kalo hari
biasa ,seringnya klakson dibunyikan itu sebagai tanda ada penumpang bertangan
jahil ikut masuk di bus, tapi apa ya kali ini begitu ,entahlah..
Jogja-Wates lancar, kemacetan dimulai sejak lepas jembatan
Bogowonto,antrian panjang lampu merah Pendowo mengular lebih 1 kilometer. Dua
bus Laju Prima yang gak sabar langsung blong kanan,kendaraan kecil mulai
sruntulan tak jelas,seolah kota Jakarta tinggal 200 meter di depan..huuh..
Tabiat pengemudi mulai keliatan,dia gak sabaran,kalo ada
motor yang mendadak motong jalan langsung dipisuhi..”curuut..!!”
Tapi pisuhannya kok tidak khas Jawa,semisal hewan berkaki
empat atau sebutan penarik gerobak..
Dari logatnya juga bukan logat jawa,tapi bisa ngomong jawa,
pengemudi ini berpotongan ala tentara,dan beberapakali menyebut bus ini adalah
‘montor perang’.
Dari sini aku mulai mendeteksi,kalo beliau bukan sopir
reguler Sumber Alam,dan bus ini adalah bus tambahan.
“sing nyerempet montorku bakalan tetanus..” guyonnya..
Dan mulailah beliau bercerita kepada rekannya,ternyata dia
lama di bus Sumateraan,terakhir dia pegang Sinar Jaya 3xRC Wonosobo-an,status
beliau saat ini lagi diistirahatkan 3 bulan karena terlibat laka dengan geng
motor di tepi kali Serayu,katanya geng motor itu gak mau minggir,nah daripada
kena,banting setir ..lanjutannya gak tau deh.
.
Trus beliau juga cerita waktu arus mudik kemarin 1x PP bisa
bawa pulang duit 1,3juta ..dapat sangu 2,5 juta,beli solar dan ongkos lain-lain
900ribu,buat kernet 300ribu, sisa 1,3juta..mungkin karena arus mudik kemarin
tidak terlalu macet.
BTT..Back To Tanktop eh Topic..
Di perempatan (atau proliman ya?) Pendowo,2 LaJu Prima yang
tadi ngeblong berhenti ambil penumpang, di simpang ini memang spot agen bus
malam,dan calon penumpang sore ini melimpah di semua agen bus malam..panen
nih..
Masuk wilayah Purworejo,keluar ringroad sudah antre,mau masuk
terminal saja terhambat antrian mobil kecil..
17.50 Di terminal Purworejo, ada sekitar 30 bus pariwisata
yang perpal di sini, bus-bus ini biasanya disewa agen untuk tambahan pemasukan.
Kira-kira 3—4 tahun lalu sempat berpikir untuk ikut ‘bermain’ di arus
balik,tapi tarif sewa bis pariwisata dari Jogja ngedrop penumpang ke Jakarta
tembus 10juta,dihitung-hitung ternyata berat juga nyari 40an penumpang,salah
prediksi puncak arus balik ya rugi hehehe...
Kembali ke aspal, keluar terminal Purworejo jalanan macet
total. Purworejo-Kutoarjo yang hanya 10 kilometer ditempuh dalam waktu 1 jam.
18.50 masuk pool Sumber Alam, situasi masih agak ramai,karena
beberapa penumpang masih menunggu bus dari timur.
Panorama 3 nan menggoda
Dalam waktu tunggu,aku dapat sms dari pujangga Rembang,yang
ternyata malam ini bermalam di Jogja, wah sepurane mas gak bisa nemenin, saya
sudah otewe Jakarta hehehe...
19.30 keluar pool
19.45 masuk rumah makan ‘Sumber Alam’ desa Ngandong, pilihan
yang tepat karena di depan macet total,dan bisa jadi masuk rumah makan di
Ajibarang esok pagi.
Di sini,bertemu dengan calon manten anyar,mas Iwan, nemenin
makan,tak tawari makan gak mau,katanya udah kenyang heuheuheu...
20.15 berangkat dari rumah makan, jalanan padat
banget,sesekali blong kanan mendahului mobil kecil yang bergerak lamban,
mungkin reaksi para pengemudinya sudah berkurang,karena kondisi stop and go
kayak gini sangat menguras energi.
23.00 masuk lingkar Kebumen,masih aja deretan mobil pribadi
bikin antrean panjang,entah ada apa di sana.
23.15 bus goyang kanan,meg-overtake puluhan mobil
pribadi,hingga di depan ada perempatan kecil,sialnya mau kembali ke jalan yang
benar malah ketutup mobil,sialnya lagi petugas di depan menyuruh bus ini untuk
berhenti..
Dan berhentilah ‘prajurit tua’ ini di bahu jalan sebelah
kanan, sopir diminta turun dan ..
“sopir karo kenek goblok kabeh..gara-gara kamu jadi ngunci
nih jalanan..!!” teriak petugas..
Ealah pak, dari tadi sudah macet keleeuss...
Sopir dibawa ke posko lebaran, cukup lama kok gak
keluar-keluar,akhirnya kasak kusuk para penumpang,sepakat melobi petugas.
ga ditilang sih..
Dua penumpang menghampiri posko,dan bla..bla..gak pake
nyogok,akhirnya sopir disuruh balik ke busnya..
Bruum...
“ayo naik..naik..” ajak kenek..
Sumber Alam 284104 segera melaju kembali,sementara di depan
masih aja macet dan kadang ‘ngunci’ kalo kata bapak petugas tadi sih ini
gara-gara Sumber Alam ngeblong kanan..
As embuh..
Menuju arah Karanganyar,setelah jembatan kecil,mobil di depan
bus berhenti, ternyata ada motor dari arah berlawanan mau nyebrang masuk
kampung,sementara dari sebelah kiri ada motor pemudik plat AD,melaju tidak
terlalu kencang,mungkin dia kurang pengalaman riding di luar kota,ada mobil di
depan berhenti tapi tetap aja nyalip dari kiri..ciluba..jedheer..motor yang
nyebrang langsung disikat motor pemudik..ndlosor kabeh dan semua terjungkal
sodara-sodara...warga yang lagi nongkrong langsung berhamburan menolong..
duh..duh..mesakno..karepe ngirit malah tombok ndandani motor,babak belur
pisan...
Jalan di depan masih aja macet,aku tidur aja..
04.00 bus berhenti..tolah toleh ini di mana..ternyata ini
wilayah Rawalo..
Tak lama sopir naik bus lagi..
“yuk berangkat lagi..saya sih tidur cukup 10 menit..: katanya
Oo..jadi dia tadi sempat berhenti dan tidur sebentar..ya
namanya juga manusia..
04.50 masuk Ajibarang, mendekati rumah makan,jalanan juga
macet..ketika mobil-mobil di depan sudah melaju,ada 1 L-300 yang masih aja
berhenti,ternyata sopirnya tidur..hooaammzz...
05.30 masuk rumah makan Ajibarang..
Yang harusnya makan malam,jadi sarapan pagi,yang biasanya jam
segini sudah masuk Jakarta,ternyata masih di sini..
selamat pagi...sarapan pagi...
Oke,sarapan saja sekalian. Selesai sarapan,keliling di
parkiran bus,ketemu no bodi 277053 alias sasis tahun 1977 bermesin depan,yang
pernah aku gunakan di arus balik tahun 2011 (KiPerPon : 277053).
277053, pernah jadi pemeran utama KiPerPon
06.05 meninggalkan rumah makan..
Jalanan mulai lancar
Di SPBU pertama yang ditemui,bus ini isi solar..
“irit ya,dari pool isi 300ribu sampe sini baru isi lagi” kata
sopir ke keneknya..
Di rest area banyak mobil parkir tak beraturan..sementara
jalan di depan sudah terurai macetnya.
Usai isi solar,melaju lagi,di pasar Linggapura, satu kru
Sumber Alam ngawe dan ikut bareng bus ini,ternyata dia mau pulang ke rumahnya.
Melewati Prupuk,lancar jaya,padahal di sini biasanya salah
satu titik sumber kemacetan,yup rest area adalah sumber kemacetan.
09.49 Di jalanan beton wilayah Songgom tepi kali
Pemali,jalanan malah sepi..
“bajinguk”, pisuhku ..la tadi malam itu macet apaan ya,kok di
sini sepi sekali...aku pun makin yakin,rest area lah yang jadi biang kerok
kemacetan,semua pada antri masuk rest area.. dan kemungkinan besar para pemudik
mobilis itu jarang turing mblusuk-mblusuk,mosok pada lewat jalan biasa
semua,padahal kalo dari Purworejo mau ke arah pantura banyak jalan alternatif..,kalo
bus malam kan jalan sesuai trayek,jalannya ya ini...
Bus kemudian diarahkan ke rumah makan Padang “New Minang”..
“biar pada makan dulu,nanti di depan macet kasian gak pada
makan” kata sopir..
Ya bener juga sih pak,tapi aku sih belum lapar,secara belum
lama juga sarapan di Ajibarang..
RM New Minang , tepi kali Pemali Songgom
Aku juga tidak membungkus makan, karena di dalam tasku masih
ada logistik 1 bungkus sego gudeg,yang tahan 24 jam,tapi kalo nasinya sih gak
tahan 24 jam ya.. hehehe...
setirnya...like thiis !!
Rencananya sih nanti aku makan kalo berhenti di RM
Taman Selera Cikamurang.
Dan secangkir kopi menemaniku nongkrong sambil liat kendaraan
yang lewat.
10.50 bus diberangkatkan lagi.
Setiap ada antrian,beberapa pedagang asongan naik ke dalam bus,
sopir minta jatah,kalo yang naik penjual tahu ya dapat 2 bungkus tahu.
11.35 melintas sentra ndhog asin,Ketanggungan, hanya antri
sebentar di sini,setelah tadi sebelum pintu lintasan kereta macet sebentar
Ketanggungan
11.47 masuk tol Pejagan,melaju kecepatan sedang saja, tol
walau rame tapi masih lancar..
13.03 masuk tol Cipali, seorang penumpang menghampiri sopir
dan duduk di kursi CD
“ngantuk ya pak” katanya..
“aku wis paham sampean ngantuk, la tadi bawanya ke kanan ke
kiri gitu kok..” sambungnya lagi
“ iya mas,ngantuk” aku sopir..
Jiaah..kenapa tadi gak berhenti dulu pak..mbebayani..
“kalo tol Pejagan tadi bikin ngantuk,tapi kalo udah masuk
sini gak ngantuk lagi” kata sopir
Palimanan
Setelah menemani beberapa saat,akhirnya pria itu yang gantian
ngantuk dan pamit mundur lagi.
Kira-kira 1 kilometer sebelum exit tol Cikedung, bus
berhenti,kenek disuruh ngecek air radiator.
Oke,jalan lagi..tapi..loh gak exit Cikedung? Loh gak ngaso
lagi ya..
15.00 setelah tak berhenti di RM Taman Selera, bus berhenti
di bawah jembatan tol, tepat 24 jam dari agen Gamping baru sampe sini
hahhahaa..
Mesin bus dimatikan,bukan storing,tapi mendinginkan mesin
kata sopir,meski jeda perjalanan ini bisa dimanfaatkan untuk rileks sebentar.
Dan penumpang pun banyak yang turun.
bukan MBK
“mas,mau kok ora mlebu Taman Selera?” tanyaku ke kenek yang
masih muda
“ora mas, nek seko wetan ora mlebu” katanya
Oohh..gitu ya..
Aku pun bergegas naik ke dalam bus, dan membuka logistik..yup
makan siang sego gudeg yang aku bawa dari rumah,belum basi kok,gudeg kan tahan
lama heuheuheu...
Selesai makan gudeg,bus diberangkatkan kembali.
Masuk KM 102, jalanan mulai macet lagi..mobil pribadi seakan
rame-rame parkir di tol.
Pedagang asongan masuk lagi,dan sopir minta jatah
lagi.
“gak bagiin sopir gak laku daganganmu..” kata sopir sambil
tertawa
Dari penjual tahu lontong,minuman dingin, aneka jajanan,silih
berganti naik turun ke dalam bus, sudah tak ada bedanya dengan pantura jalur
lama, bahkan seorang pedagang mengaku kalo pantura ‘sepi’ makanya para penjual
tahu pada eksodus ke tol Cipali apalagi saat musim lebaran kayak gini.
17.15 mulai antri di gerbang tol Cikopo, masih aja padat
merayap
padaaatt..
Di KM 71 mau masuk minum solar ternyata ditutup karena padat
banget
Akhirnya masuk rest area KM 62,nyolar.. Dan rest area adalah
sumber kemacetan, di mana antrian kendaraan memenuhi jalan tol sehingga lalu
lintas di belakang jadi terhambat. Dulu di pantura juga begitu,tiap melewat
SPBU pasti macet, padahal kalo mau ngaso tak harus di SPBU.
Masih merayap,saat hari sudah gelap.
20.45 tiba di gerbang tol Cikarang Utama, sudah dekat Jakarta
ya..
GT Cikarang Utama
Setelah Cikarang,baru jalanan mulai lancar
Bus diarahkan ke JORR,karena tujuan akhir bus ini adalah
Cibinong.
Beberapa penumpang yang akan turun di Pal dan sekitar Pasar
Rebo mencoba melobi sopir agar lewat Pasar Rebo,tapi sopir keukeuh akan lewat
Jagorawi saja mengejar stoot..
Duuh..ngalah sithik ngopo to Pak..
Bus berjalan ke kanan dan ke kiri,jalan depan kosong masih
aja di rem,pertanda sopir mulai ngantuk lagi..weleh..weleh..klenger to
sampean...
Dan benar, bus tidak lewat Pasar Rebo,sebelahku yang akan
turun di Ciracas langsung mengomel..
22.00 Sumber Alam AA1503FC tiba di pintu to Cituereup,
setelah membayar tol,banyak penumpang turun di sini, yang mau ke Ciracas,ke Pal
dll,ya mau gak mau turun sini. Aku pun juga turun sini,soalnya tujuan akhirku
bukan ke sini.
Ee..la wong njagain lewat Pasar Rebo malah dibonusin sampe
Citeureup..
exit GT Citeuereup
Dan aku balik kucing naik taksi ke Kebon Jeruk karena jam
segini mana ada bus umum ke Kampung Rambutan..
Tigapuluh Satu Jam Gamping-Cituereup dan 32 Jam Gamping-Kebon
Jeruk di arus balik 2015 ini dan ternyata masih mendingan ketimbang tahun lalu
yang tembus 39,5 jam ..
Masih ada sisa 7 jam lagi saat kurebahkan badan untuk
istirahat tidur sebelum esok pagi mulai bekerja..
Dan kali ini kuakui bahwa duet prajurit tua di arus mudik dan
balik tahun 2015 ini sangat handal...
-sekian-
salam,
Ponirin Hendi
Komentar
Posting Komentar