Tematis Restorasi Binter AR : Siap-Siap Merestorasi Binter AR 125 tahun 1984
Siap-Siap
Merestorasi Binter AR 125 tahun 1984
Sebuah
Binter AR 125 tahun 1984 dalam kondisi memprihatinkan sudah lebih sebulan ini berada di garasi.
Memang
kondisinya tak bagus,ya sesuai harganya yang murah
kondisinya memang parah dan bocor alus nih.. hahaha
Kini,
broompit tersebut jatuh di tangan yang benar, nah siapalagi kalo bukan tangan
saya ..hahaha..
Gak
kementhus dab, saya pernah membangun sebuah Honda Nova Sonic 125RS dalam
kondisi memprihatinkan menjadi menakjubkan,juga Yamaha RX King 2001 yang dalam
kondisi alay menjadi tampil orisinil.
Kini,motor
2Tak ketiga yang pernah saya miliki ini,yaitu Binter AR 125,siap-siap saya
restorasi.
Motor
2Tak pertama saya,Yamaha RX King 2001, yang ketiga Binter AR ini, nah motor 2Tak
saya yang kedua belum bisa saya ceritain,tapi kini sudah dalam tahap perakitan mesin.
Tentu proyek
restorasi ini menjadi mission possible
di tahun 2017 ini. Ya sebagai pengisi waktu juga sebagai penyemangat cari duit.
Mungkin
belum pada tahu, merestorasi motor lawas itu butuh dana besar, meski begitu
kepuasan batin gak bisa dinilai dengan uang, betool??
Tapi
memang ada yang bilang sih, merestorasi Binter AR 125 ini tak cukup hanya
peluru (baca: duit) yang banyak,tapi lebih butuh kejantanan,eh maksudnya effort
yang lebih.
Sudah
hal yang lumrah,jika banyak yang menyerah di tengah jalan saat merestorasi
Binter AR125 ini, akhirnya motor hanya dijual pretelan saja. Wajar, merestorasi
broompit yang berusia lebih 30 tahun ini kudu sabar,telaten,gak bisa buru-buru
kayak servis motor anyar.
Buat
saya sendiri, merestorasi motor itu hasil akhirnya harus sama dengan
aslinya,minimal persis kayak keluar dari showroom. Dan memang saya suka aliran
standar saja,gak suka thai look,japstyle,britstyle,ratbike,odong-odong atau
apalah...pokok’e showromm style
hehehehe..
Lalu
kenapa harus Binter AR 125 yang direstorasi?
Hmm..kalo
merestorasi Yamaha RX King sudah pernah je...sedangkan merestorasi Honda CB
lawas,gak minat juga soalnya barangnya banyak seliweran,sparepartnya juga
terlalu mudah didapat karena kaizen engine khas Honda bisa tukaran sama seri GL
sampe generasi Tiger,buat saya itu kurang menarik ,gak ada tantangannya.
Sedangkan
Binter AR125 ini,sparepartnya langka,dan gak semua sparepart-nya bisa tukeran sesama
Binter misal sama KE125 atau GTO atau KH,la wong mesinnya beda,saking susahnya
nyari substitusi sparepart ,boleh diguyonin yang bisa tukeran cuma pentil-nya
tok hahahaha..
Binter
AR memang sudah langka yang wira-wiri di jalanan,tak seperti era 90an awal
masih banyak seliweran di Jogja,waktu itu klubnya pun ada,tiap malam Minggu
keliling Malioboro dengan modif favorit saat itu adalah memakai fairing fiberglass dan buntut dengan
lampu astrea star ,bengkelnya pun ada dekat jalan Ireda arah ke kali Code,bahkan
tempat modifikasinya ada di perempatan Tungkak,namanya Kripton Motor. Tapi itu
dulu ya..
Sekarang
ini, yang pernah saya lihat di Jogja cuma 1 unit warna hitam milik om-om yang
tinggal di Kauman,dan katanya temen ada satu lagi warna putih yang dipake guru
SMA 7.
Di kota lain,pernah liat di Surabaya warna merah yang pake sudah
sepuh,lainnya belum pernah liat lagi kecuali liat di youtube,meski kalo ngintip di FB,di Jakarta ada beberapa unit.
Salahsatu Binter AR,dalam kondisi orisinil,melaju di jalanan Surabaya
Kini
di rumah orangtua saya di Jogja,sudah kebanjiran kiriman sparepart, sampe yang
punya rumah ngamuk-ngamuk karena ada aja paket datang jam setengah sembilan
malam...loh malah ngamuk,la wong mereka itu ditarget paket harus sampai sesuai
jadwal,kalo gak sesuai jadwal ya pelanggan emoh pake paket itu lagi to?
Oke,balik
lagi ke Binter AR125, saya memilih waktu setelah lebaran baru bisa start
restorasinya,sekarang ini bertahap masih saya kumpulin sparepartnya,karena
bengkel jaman sekarang pasti mumet nyari sparepartnya. La wong sewaktu Binter AR
masih eksis aja,nyari sparepartnya juga susah bin mahal.
Oya
tentang bengkel mana yang akan saya pasrahin merestorasi sepeda ini, belum saya
putuskan,tapi yang bisa saya kerjakan sendiri ya saya kerjakan sendiri,kalo
yang gak bisa saya kerjakan misalnya ngelas,atau meng-oversize boring ya saya serahkan ke bengkel.
Yup,semoga
semuanya lancar.
-hendi-
Info yang sangat menarik dan bermanfaat min. Bagi kamu mahasiswa yang ingin memulai bisnis, bisa melihat tips dan triknya disini: http://dadardudur.blogspot.com/2018/09/cara-mudah-berbisnis-bagi-mahasiswa.html
BalasHapusKami dari keluarga besar DEWALOTTO
BalasHapusMengucapkan happy chinese new year 2020
Semoga dihari yang istimewa ini akan membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan untuk semua orang ,
GONG XI FA CAI ^-^