First Drive : Honda Brio Satya E M/T 2016 :: Kencan Sejenak Dengan si Tepos nan Seksi
Seseorang meminta pendapat
saya,beliau pengen beli mobil baru (bukan motuba:: mobil tua bangka), dengan
budget di bawah 170 juta.
Awalnya tertarik Toyota
Etios, tapi saya sarankan jangan Etios karena akan discontinued dan memang gak sukses di pasaran,efeknya sparepartsnya tidak akan mudah dicari di
pasaran.
Daihtasu Xenia versi
terendah juga tidak minat,bosen katanya.
Saya tanya, mobilnya mau
buat harian , mau buat rental,atau beli material atau kulakan sayur atau malah
pengen jadiin travel buka trayek baru Jogja-Amsterdam gitu...?? hihihii..
Katanya sih Cuma buat jalan
di kota saja, belanja,antar jemput anak, hangout,dsb
Hmm..City Car aja deh kalo
begitu..
Bagaimana dengan KIA
Picanto..?? hmmm..built up sih,
pengalaman temen saya punya mobil built
up Korea susah suku cadangnya.. tak seindah lagu-lagu K-Pop deh...so,Picanto..coret..
Bagaimana dengan Mitsubishi
Mirage atau Nissan March..?? hmm..tetangga sudah ada yang punya..oalah bisa
jadi alasan juga yah..gak mau samaan..
Waktu berlalu...
Dana sudah berkurang buat
renovasi rumah katanya..
Tapi masih minat punya city car..
Ohh..kalo begitu mobil LCGC
aja ya..Secara dana masih cukup.
Pilihannya gak banyak juga
sih..
Calya,Sigra yang sudah launching
ikut aku buka juga..daaan.... jawabnya,gak suka...wagu...iya sih rada ndongak-ndongak
gitu,trus bannya kekecilan,gak proporsional...ya wes coret..
Suzuki Karimun Wagon..?? gak
suka
Okelah, sekarang pilihan
darinya tinggal Daihatsu Ayla,Toyota Agya,Datsun Go,atau Honda Brio Satya..??
Disodorin empat alternatif
begitu, ya jelas saya saranin.. Honda Brio Satya tipe E manual transmission
saja..
Kenapa..??
Honda Brio Satya bermesin
1200 cc, 4 silinder dengan i-VTEC
Ayla,Agya cuma 1000cc 3
silinder, sementara Datsun sudah 1200cc tapi 3 silinder, secara power dan torsi
, Honda Brio Satya menang jauuuuuhhh....
Loh emang mau buat belanja apa balapan nih...
Hmmm...Secara model, Satya
paling cantik..
Bodi belakang yang ‘tepos’ yang
mengingatkan generasi Civic Wonder pun gak terkesan mobil ‘murah’
Justru ke-tepos-annya itu
itu bikin seksi dan lama-lama bikin nafsu...huuuss apaan sih...
Okelah,deal...
Menuju dealer, menawar harga
sampe salesnya gak bisa ambil untung hihihihi...
La wong yang mau beli maunya
bayar cash gak pake nyicil, posisi
tawar lebih tinggi,beda kalo beli nyicil ya manut manut ajah...
Dan seminggu kemudian saya diminta menemani mengambil mobil di
dealer Honda Tugu yang memang hanya beberapa meter dari rumah orangtua saya.
Keluar dari dealer, saya
suruh nyetir...
Loh sing tuku sopo,kok saya
suruh nyetir..
Pokokmen kudu saya yang
bawa...
Haiiyaaa....moga-moga gak
kesrempet becak jahat...
Oke deh sekalian test
drive kecil-kecilan..
Lumayan kan merawanin si tepos ini hihihi...
Apalagi dari dealer dapat
bonus pertalite masih separo tangki..
Cukup buat muterin kota
Jogja sampe mumet..
Dari sisi tampilan, Brio
Satya ini sudah berbeda dengan versi lawas, kalo kata saya sih lebih
maskulin,tapi juga masih cantik..
Sarang lebahnya, kudu telaten kalo mau tetap bersih
Menilik sisi interior, area
dashboard sudah berganti model, sekarang sudah ala BRV, area ini juga
sepandangan dengan Mobilio facelift, yang cukup membedakan adalah spidometer
tanpa kanopi melengkung.
Posisi setir bisa
disetel,naik atau agak turun, kontrol audio sudah di setir.
Kombinasi warna jok cukup elegan,tapi dengan jok lapis kain begini susah kalo kena minuman,artinya yang punya kudu rajin dan rapi.
Bagasi belakang memang cukup
kecil,di bawahnya ada ban serep, namun begitu kalo buat isi belanjaan cukup
sih,kecuali beli lemari es dimasukin bagasinya Brio Satya ya jelas gak muat
dab...
Untuk audio,karena ini Satya
tipe E M/T maka belum touch screen
seperti yang ada di Brio tipe RS, untuk kualitas suara cukup jernih untuk menemani
perjalanan, bukan untuk kontes audio kan..
Brio Satya,saya arahkan ke
ringroad barat, tebak apa yang saya lakukan... ngebut..?? Ah enggak...Santai
saja, la yang punya mobil ada di samping saya.Iso diamuk mobil anyar diajak
ngebut..
Suara kabin lumayan senyap,
tapi perpindahan gigi agak keras.
Masih pake aki basah, harus rajin cek air aki
Mesin seri L12B i-VTEC, paling powerfull di kelas LCGC
Kebetulan besok Minggu mau
naik Sumber Alam balik ke Jakarta,sekalian minta ijin mampir pesen tiket di
agen Mas Kus,mumpung lewat...
“wwuiiihh...mobilmu anyar le..”
kata mas Kus..
“haiyah...dudu duwekku
mas..”, jawab saya nyengir..
Kemudian si Brio Satya ini
saya arahkan ke Jogja Utara, langit sudah mendung, mau diterusin apa balik
aja,sayang kalo mobil baru keluar showroom
langsung kehujanan..
Ternyata si owner pilih lanjutin ajah...
Oke gasss...
Dan hujan mulai turun di
jalan Kaliurang KM 12..
Test wiper sekalian, berfungsi mengusir air hujan dengan baik, dan mesti
tanpa talang air,tapi okelah gak ada air hujan menerobos kabin.
Soal ergonomi, pas..
Hanya saja penumpang di
belakang kehalang jok depan yang tinggi kayak stupa.
Dan jelang sore, sebelum
balik Jogja mampir dulu beli jadah mBah Carik, hujan-hujan test drive sambil ngemil jadah tempe...duh enak’e...
Jadah men-sandwich tempe bacem atau tempe gembus..joosss
Sambil mbatin, besok apa
yang punya mobil gak repot nyuci ...mosok mobil baru masuk garasi langsung
kotor hihihi...
Karena hari sudah mulai senja,
yang punya mobil minta sekalian dinner
ajah...Oke deh..
Pengennya makan sate
klathak....yoohh..
Dan Brio Satya menembus
jalanan kota Jogja yang padat menuju kawasan pedesaan Jejeran, dan akhirnya
sampai juga di warung sate Pak Pong di timur kota Bantul.
Sate klathak::tusuknya dari jari-jari sepeda
Dan si owner tampaknya puas nih dengan kenyamanan LCGC Brio Satya ini...
Kalo menurut saya sih...hmm
yaa asik-asik aja nih mobil..Cukup lah buat kota-kota..
Btw...saya masih heran kok
saya malah dijadiin sopir...hihihi...
Wes wareg sate....yo mulih..mulih....
Salam Dari Jogja istimewa
Komentar
Posting Komentar